Senam Sparko

Senam Sparko

Senam Sparko; Batalyon Infanteri 743/PSY untuk pertama kali mengenalkan olahraga Sparko di Wilayah NTT. Memanfaatkan momen Car Free Day, Batalyon infanteri 743/PSY membuat stand Sparko agar masyarakat NTT mengenal olah raga Sparko. Hal tersebut dismpaikan Komandan Batalyon Infanteri 743/PSY Mayor Inf I Putu Tangkas Wiratawan S.I.P dalam rilis tertulisnya di Kupang, NTT pada bulan maret tahun lalu. Dijelaskan Mayor Inf I Putu tangkas, olah raga Sparko sendiri merupakan olah raga yang pertama kali dikenalkan tahun 2015 oleh seorang anggota Kopasus bernama Mayor Inf Eka Wira Darmawan. Sparko sendiri sudah menjadi rujukan satuan TNI AD guna membentuk postur prajurit.

Olah raga Sparko merupakan olah raga yang menggabungkan variasi gerakan push up, sit up dan lari. Sehingga olahraga ini dapat dilakukan kapanpun dan di manapun, Sparko merupakan olahraga yang fleksibel. Danyonif 743/PSY Mayor Inf I Putu Tangkas Wiratawan S.I.P, mengatakan bahwa Olah raga Sparko saat ini telah menjadi trend positif di lingkungan TNI AD maupun di masyarakat. Oleh karena itu Yonif 743/PSY rutin melaksanakan latihan Sparko dan berniat mengenalkan olahraga ini kepada masyarakat dan generasi muda di NTT.  “Tujuan Yonif 743/PSY mengenalkan olah raga Sparko adalah Yonif 743/PSY ingin memberikan kontribusi aktif terhadap perkembangan generasi muda di wilayah NTT. Dengan adanya olah raga Sparko maka postur generasi muda NTT akan lebih terbentuk dan menyalurkan hobi generasi muda kea rah yang bermanfaat,“ tandasnya.

Masyarakat sangat antusias dengan kegiatan Sparko yang dilakukan oleh prajurit Yonif 743/PSY, hal ini terlihat dari banyaknya warga yang turut melaksanakan latihan dan mencoba menggunakan sarana yang disediakan. “Kegiatan Sparko ini akan rutin kami lakukan di event Car Free Day serta bagi warga yang berminat boleh mendaftarkan diri untuk melaksanakan latihan rutin di batalyon. Hal ini sebagai bentuk nyata kepedulian Batalyon Infanteri 743/PSY terhadap perkembangan generasi muda di NTT,” pungkasnya.

Lahirnya Komunitas Sparko

Terinspirasi dari film 300 karya sutradara Zack Snyder (2007), Sparko dinilai lebih efektif menurunkan berat badan, karena gerakan yang dijadikan latihan, hampir mirip seperti olahraga Kopassus. Bicara mengenai film, ternyata film 300 mengisahkan para prajurit Sparta bertubuh bugar dan juga kekar (six pack). Hal ini yang membuat salah satu prajurit Komando Pasukan Khusus (Kopassus) Batalyon 812 Satuan yaitu Mayor Inf Eka Wira Darmawan terinspirasi untuk menciptakan suatu komunitas olahraga (body building) modern yang kini dikenal dengan nama Sparko (Spartan Komando). Spartan sendiri berarti petarung. Dapat disimpulkan Sparko adalah olahraga satu komando satu gerakan. Bukan saja dapat menurunkan berat badan, Sparko juga dapat menyeimbangkan tubuh. Meskipun olahraga ini terbilang berat, akan tetapi Sparko banyak digandrungi anak muda karena selain berolahraga, mereka bisa berkumpul dengan anggota komunitas.

Dan di masing-masing kota, komunitas Sparko pun di bentuk dengan menggunakan nama kota masing-masing sebagai identitasnya. Misalnya saja Sparko Jakarta, Sparko Surabaya, Sparko Bandung, Sparko Pekanbaru, Sparko Bogor dan lain sebagainya. Komunitas Spartan Komando yang dibentuk oleh Eka Wira pada pertengahan 2015 lalu, awalnya merupakan sebuah program Multiple Endurance Training (MET) yang diciptakan oleh beberapa prajurit pasukan khusus Indonesia (Kopassus), dimana latihan tersebut berkonsep Street Workout, Military Crossfit, Balance Training serta High Intensity Interval Running (HIIR) yang memang hanya diperuntukkan untuk para prajurit Kopassus. Namun dengan seiring maraknya peminat terhadap Komunitas olahraga Sparko, Eka Wira pun pada akhirnya membuka kesempatan kepada masyarakat umum, mulai dari remaja hingga orang dewasa untuk ikut bergabung dan berlatih bersama untuk merasakan manfaat dari program MET tersebut.

Hal ini membuat Eka Wira pun terinspirasi menciptakan komunitas yang menjadikan olahraga sebagai gaya hidup sehat. Apalagi dengan badai teknologi media sosial yang sangat membuat penggunanya ketagihan. Setiap harinya, melalui akun instagram miliknya @eka_wira_kingofsparko, Eka Wira yang lebih akrab disapa The King. Ia senantiasa memotivasi para pengikutnya untuk menyempatkan diri berolahraga minimal 30 menit setiap hari baik pada pagi hari atau malam hari. Dan cara Eka Wira menarik pengikutnya untuk terus berolahraga pun terbilang cukup unik. Banyak sekali video yang diupload pada akun instagramnya. Kadang Eka Wira melakukan olahraga tidak hanya di tanah lapang saja, tapi juga ketika berada di ruang kerja, di bandara dan bahkan di mall sekalipun.

Cara tersebut dia lakukan, karena ingin mengajak kepada 180 ribu pengikutnya untuk selalu menyempatkan berolahraga meskipun memiliki segudang kesibukan. Karena menurutnya, kesehatan merupakan hal yang mahal yang sering kali terlambat untuk disadari.Komunitas yang terbentuk pada pertengahan 2015 ini, tidak hanya ada di Jakarta saja. Dibantu oleh para rekan dan anggotanya, kini Komunitas Sparko telah tersebar di berbagai kota di Indonesia. Misalnya saja di Bandung, Jogjakarta, Madiun, Pontianak dan beberapa kota lainnya. Beberapa gerakan olahraga yang dilatihkan di komunitas ini merupakan gerakan-gerakan kombinasi ala Sparko yakni Lunges, Squats, Push Up, Diamond Push Up, Classic Crunch, High Knees, Lying Leg Raises, Spiderman Push Up, Butterfly Crunches dan juga Burpees.

Untuk ikut serta bergabung menjadi anggota komunitas ini, sama sekali tidak dipungut biaya. Anda hanya perlu untuk mendaftar menjadi anggota komunitas sesuai regional terdekat. Selanjutnya tinggal hadir saja pada kesempatan latihan. Jadi sudah kebayang dong berapa banyak lemak yang bakal hilang kalau ikut komunitas ini.

Senam Sparko Pecahkan rekor MURI di Bekasi

Senam spartan komando (sparko), kini semakin populer di Kota Bekasi. Setiap minggu, forum Muspida setempat bersama para aparat sipil negara (ASN), anggota Polri dan TNI, menyelenggarakan senam secara bersama-sama. Bahkan,  Wali Kota Bekasi Rahmat Effensin  resmi menjadikan senam sparko  sebagai kegiatan rutin bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah ( Forkopimda)  Kota Bekasi, Pemerintah Kota Bekasi, Polres,  Kodim serta seluruh unsur masyarakat.  Kegiatan sparko dilaksanakan biasanya rutin pada setiap pagi hari Selasa dan Jumat di Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi, pukul 06.00 WIB.

Terkait hal  tersebut, Pemkot Bekasi akan melaksanakan kegiatan senam sparko untuk meraik  Rekor Manajemen Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) 2019 sebagai salah satu rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke- 74 tahun 2019 kemarin. Kegiatan ini bertujuan agar aparatur Kota Bekasi mampu menjaga kondisi kebugaran tubuh yang prima di tengah aktifitas kerja yang dijalani, sehingga dapat meningkatkan pelayanan prima bagi masyarakat Kota Bekasi yang cerdas, kreatif, maju, sejahtera dan ihsan. Kegiatan ini juga  ajang silaturahmi antar unsur forkopimda. Senam sparko rekor MURI Tahun 2019 lalu sudah mendapat rekomendasi dari Federasi Olahraga Rekreasi-Masyarakat Indonesia Nasional (FORMINAS) Nomor : 112/B/FORMINAS/VIII/2019 tanggal 5 agustus 2019.

FORMINAS menyampaikan agar penyelenggara senam sparko MURI memperhatikan standar kualitas pelaksanaan kegiatan olahraga rekreasi sesuai dengan Peraturan Menpora No.0616 Tahun 2014 tanggal 26 september 2014 tentang Standar Pengelolaan Olahraga Rekreasi meliputi, identifikasi kesehatan fisik peserta, menciptakan lingkungan sosial, menyelenggarakan komunikasi efektif, menjamin keselamatan peserta, menyiapkan peserta untuk mengakhiri kegiatan dan mengevaluasi kegiatan olahraga. Adapun instruktur sparko terdiri dari anggota Kopasuss lima orang, anggota Kodim 10 orang, anggota Polres 10 orang dengan total keseluruhan instruktur 25 orang. Sementara itu untuk peserta kegiatan sebayak  50.802 orang terdiri dari, ASN dan Non ASN sebanyak 18.829 orang ,TNI sekitar 600 orang, Polisi sekitar 1.000 orang, BUMD 550 orang, Siswa/i SMPN  18.563 orang, Istri / suami ASN dan Non ASN  11.000 orang, dan anggota Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) sebanyak  260 orang.

Nah alasan kenapa Tim Support Priority Indonesia (Perusahaan Sepatu Kulit Militer POLRI Safety Medis Big Size Ready Stock) mempublikasikan postingan diatas adalah untuk mengatasi masalah kebugaran dari sobat relasi semuanya pada saat Physical Distancing serta PSBB yang tengah berlangsung saat ini. Jadi, rantai penyebaran Covid-19 bisa terputus, ditambah imun anda tetap aman. Bingung pastinya si virus mau hinggap kemana lagi hehe.

(Source: gpriority.co.id, independensi.com, tniad.mil.id)

Leave a Reply