Menjaga Kebersihan Kerja saat Pandemi Corona

Menjaga Kebersihan Kerja saat Pandemi Corona

Menjaga Kebersihan di Tempat Kerja saat Pandemi Corona; Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan status infeksi virus corona (Covid-19) sebagai pandemi waktu Jenewa. Pandemi berarti sebuah penyakit menjangkit ke lebih banyak orang di hampir seluruh dunia dalam waktu bersamaan. Saat pandemi berlangsung, salah satu yang penting diperhatikan adalah kebersihan di tempat kerja. Sebab sebagian aktivitas keseharian dilakukan di lokasi kerja. Kantor, menjadi salah satu tempat bersembunyinya virus dan bakteri. Mulai dari celah di keyboard, tombol lift, hingga gagang pintu. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) bersama Administrasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (OSHA) mengeluarkan sejumlah rekomendasi untuk menjaga kebersihan diri dan tempat kerja selama pandemi corona. Berikut cara menjaga kebersihan di tempat kerja saat pandemi corona atau covid-19;

1. Bersihkan tempat kerja

Sebelum memulai kerja selalu bersihkan tempat kerja dengan menggunakan desinfektan atau pembersih yang sudah disetujui. Bersihkan meja, mouse komputer, telepon kantor, dan benda atau permukaan lain. Berikan perhatian ekstra pada benda yang paling sering disentuh. Cara mendisinfeksi yang benar adalah alat permukaan harus tetap basah dalam jangka waktu 3-5 menit untuk memastikan kuman sudah mati.

2. Cuci tangan secara berkala

Mencuci tangan adalah cara paling efektif untuk mencegah penyebaran virus corona. Rajinlah mencuci tangan sebelum dan setelah makan, setelah memegang gagang pintu, setelah memegang banyak tumpukan kertas, dan setelah dari toilet. Pastikan mencuci tangan selama 20 detik dengan sabun yang mengandung antiseptik dan air mengalir.

3. Hand sanitizer ketika sabun dan air tidak ada

Gunakan hand sanitizer sebagai alternatif hanya jika sabun tidak ada. Misalnya, saat di tengah rapat, dalam perjalanan atau, keadaan kerja yang tak bisa ditinggalkan.

4. Ganti rutinitas jabat tangan

Sebaiknya ganti rutinitas jabat tangan dengan kolega di tempat kerja. Virus corona bisa berpindah dengan berjabat tangan. Jangan ragu menolak jabat tangan karena dianggap tidak sopan. Ada banyak cara untuk menyapa dan menyampaikan hormat seperti menyatukan kedua telapak tangan sendiri dan membungkuk.

5. Membersihkan telepon genggam

Jangan lupa untuk membersihkan telepon genggam. Telepon genggam merupakan benda yang paling sering disentuh bahkan saat di tempat kerja. Mengelap telepon pintar dengan tisu basah atau sabun dapat menghilangkan bakteri dan virus. Gosoklah bagian telepon genggam untuk membunuh kuman.

Cara Menjaga Kesehatan Dalam Mencegah Pandemi Virus Covid-19

Menjaga kesehatan tidak melulu harus pergi ke pusat kebugaran untuk berolahraga. Apalagi di tengah situasi pandemi virus corona COVID-19 seperti saat ini. Anda harus menerapkan social distancing, termasuk tidak pergi ke pusat kebugaran. Selain itu, Anda disarankan menjaga kesehatan untuk meningkatkan imunitas, demi mencegah virus corona COVID-19. Berikut 5 cara menjaga kesehatan agar terhindari dari virus corona.

  • Jalan kaki 10.000 langkah sehari

Berjalan 10.000 langkah sehari diklaim dapat menjaga kesehatan tubuh. Maka berjalan selama 30 menit sehari, sekaligus mengindari naik transportasi umum terlalu lama. Karenanya, berjalan kaki itu memiliki banyak manfaat kesehatan dan dapat membantu mencegah penyakit kronis.

Perhatikan makanan yang dikonsumsi

Jika Anda ingin kehilangan lemak dan membangun otot, maka Anda perlu meningkatkan asupan makanan sehat. Makan diet seimbang yang mengandung protein dapat membantu membangun otot, buah-buahan dan sayuran untuk mineral dan serat, karbohidrat sehat untuk menjaga tingkat energi tinggi, dan lemak sehat untuk meningkatkan kehilangan lemak. Jangan lupa untuk banyak minum air agar tetap terhidrasi. Mengonsumsi makanan sehat juga menjadi salah satu cara menjaga imunitas agar terhindar dari virus corona.

-Hindari hal-hal yang membuat stres

Jika pikiran stres, kondisi fisik akan terganggu. Artinya sistem imunitas tubuh Anda menjadi sangat lemah. Maka dari itu, hindari hal-hal kecil yang membuat Anda stres. Dengan begitu, Anda akan merasa bahagia sepanjang hari.

-Melakukan kegiatan bersih-bersih

Percaya atau tidak, Anda dapat membakar banyak kalori dengan melakukan kegiatan bersih-bersih. Seperti mendorong sofa dan membersihkan bagian bawahnya, membersihkan barang tak berguna di garasi atau gudang, membersihkan lantai, dan masih banyak lagi.

Jumlah kalori yang dihabiskan selama pekerjaan rumah tangga dan bersih-bersih bervariasi dari orang ke orang dan tergantung pada berat individu masing-masing. Jangan lupa untuk menyemprotkan disinfektan untuk menjaga kebersihan rumah dari virus corona.

Olahraga bersama

Mumpung ada banyak waktu di rumah sembari bekerja, tak ada salahnya Anda memanfaatkan kesempatan itu untuk berolahraga. Namun sekali lagi, hindari pusat kebugaran yang pasti membuat Anda kontak dengan orang lain. Nah, Anda bisa menggantinya dengan bersepeda, jogging atau senam aerobik di rumah.

menjaga kebersihan kerja saat pandemi corona

Salah satu cara paling efektif dan sederhana untuk mencegah penularan virus corona adalah dengan menjaga kebersihan. Karena itu, imbauan cuci tangan dan etika bersin serta batuk, jangan dianggap angin lalu. Cara menjaga kebersihan diri tersebut harus dijalankan agar penyebaran penyakit ini bisa melambat. Saat ini, sudah ratusan masyarakat Indonesia yang positif terinfeksi COVID-19. Angka ini diprediksi akan terus naik. Namun, jumlah tenaga medis serta fasilitas kesehatan yang ada masih terbatas. Jika jumlah pasien sampai melebihi kapasitas, maka banyak orang tidak akan bisa mendapatkan perawatan dan akhirnya, nyawa jadi taruhannya. Itulah alasannya penting bagi kita semua untuk mengendalikan laju penyebaran penyakit ini. Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati, terutama di masa pandemi seperti sekarang. Cara menjaga kebersihan diri yang harus diikuti Melakukan cara menjaga kebersihan diri sebenarnya tidak sulit. Bahkan, cara ini juga harus dikenalkan dan mulai diajarkan kepada anak-anak. Berikut ini langkah-langkah yang bisa kita ikuti:

1. Sering mencuci tangan Virus corona bisa menular melalui droplet atau percikan air liur. Percikan itu berpotensi keluar dari mulut penderita saat bersin atau batuk. Jika percikan tersebut menempel ke tangan atau permukaan benda-benda yang sering kita sentuh, maka virus akan dengan mudah masuk ke tubuh. Kabar baiknya, virus ini bisa mati jika kita mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, atau menggunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol dengan kadar setidaknya 70%. Jadi, apabila ada droplet yang mengandung virus corona menempel di tangan, virus ini bisa hilang dengan cuci tangan sehingga kita tidak tertular.

2. Menjaga jarak (social distancing) Droplet atau percikan air liur yang berisi virus corona, bisa terbang sejauh kurang lebih 2 meter. Jika Anda berdiri berdesakan atau tidak menjaga jarak dengan orang yang positif COVID-19, maka droplet akan dengan mudah menempel di tubuh dan virus pun ikut berpindah. Itulah alasannya, social distancing sangat disarankan sebagai pencegahan infeksi virus corona. Lagipula, kita sudah memiliki banyak bukti nyata. Ketika social distancing tidak dipraktikan, maka penularan virus corona secara massal sangat mudah terjadi, seperti di kota Daegu Korea Selatan, dan Malaysia, yang saat ini harus melalui lockdown untuk menahan laju persebaran penyakit.

3. Tidak sering menyentuh wajah, cara menjaga kebersihan yang satu ini, mungkin terdengar sederhana, tapi sebenarnya sedikit lebih sulit dilakukan dibandingkan langkah lainnya. Sering sekali, secara tidak sadar kita menyentuh wajah dengan mengusap hidung, mengucek mata, atau menyentuh mulut. Namun demi terhindar dari infeksi corona, mulai sekarang kita perlu benar-benar menghentikan kebiasaan ini, kecuali Anda yakin betul bahwa tangan dalam keadaan bersih. Wajah kita, tepatnya mata, hidung, dan mulut, adalah pintu masuk virus corona, dan apabila kita terus menyentuhnya dengan tangan yang kotor, sama saja kita membuka pintu itu lebar-lebar.

4. Mempraktikkan etika bersin dan batuk Sebenarnya, saat sedang tidak pandemi corona pun kita harus menerapkan etika batuk dan bersin ini. Biasakan, saat Anda batuk dan bersin, tutup mulut menggunakan tisu. Jika tidak ada tisu, tutuplah mulut dengan siku bagian dalam. Dengan begitu, droplet yang keluar dari mulut kita (yang bisa saja mengandung virus penyebab COVID-19) tidak menyebar dengan mudah ke tempat lain. Etika batuk dan bersin ini juga berguna untuk mencegah terjadinya berbagai penyakit infeksi lain, termasuk TBC.

5. Segera ke dokter jika sudah mengalami gejala Gejala umum dari infeksi virus corona adalah demam, batuk kering, dan sesak napas. Jika Anda sudah mulai mengalami salah satu atau bahkan ketiganya, dan punya riwayat berkontak langsung dengan penderita COVID-19, maka segeralah periksakan diri ke dokter. Ini juga termasuk cara menjaga kebersihan diri. Sebab dengan begitu, Anda sudah berusaha untuk mencegah penularan virus corona.

6. Memakai masker jika sedang sakit. Bagi yang sedang mengalami gejala COVID-19, disarankan untuk menggunakan masker di dalam, maupun di luar rumah saat akan berangkat ke dokter. Mengapa di dalam rumah juga perlu menggunakan masker? Sebab, Anda bisa saja menularkan ke anggota keluarga. Selain itu, langkah ini juga dilakukan untuk mencegah droplet Anda jatuh di berbagai permukaan di rumah, termasuk meja makan atau remote televisi.

7. Membersihkan permukaan barang yang sering disentuh Virus ini diperkirakan bisa bertahan di permukaan benda selama beberapa jam hingga hari. Jadi, kita sebaiknya sering-sering untuk memberishkan benda yang sering disentuh, seperti telepon genggam, gagang pintu, keyboard komputer, serta meja kerja. Kita dapat membersihkannya menggunakan cairan disinfektan. Cairan disinfektan berbeda dengan hand sanitizer. Kita bisa membuat cairan disinfektan sendiri mencampurkan 5 sendok makan pemutih pakaian yang dicampur dengan sekitar 3,7 liter air atau menggunakan alkohol dengan kadar 70%. Cara menjaga kebersihan diri di atas sebaiknya dijalankan sebaik-baiknya. Jangan cuek terhadap pandemi virus corona. Sebab, satu orang saja terinfeksi, ia bisa menularkannya ke ribuan orang lainnya. Jangan sampai, Anda menjadi sang penyebar atau ikut tertular akibat ada orang yang tidak menjaga kebersihan dirinya.

menjaga kebersihan kerja saat pandemi corona

Nah ternyata kesehatan mental juga berpengaruh ke imun kita juga. Oleh karena itu Tim Support Priority Indonesia juga merangkum beberapa tips untuk menjaga kesehatan mental diri kita dari Covid-19 sebagai berikut:

1. Bekali Diri dengan Informasi yang benar

Tak jarang rasa takut muncul akibat seseorang hanya menerima sejumlah berita yang tidak jelas kebenarannya. Sehingga, masyarakat harus membekali diri dengan informasi yang valid dan bisa dipertanggungjawabkan. Contohnya, informasi dari laman pemerintah dan surat kabar resmi yang sudah pasti akurat dan dijamin kebenarannya.

2. Bergabung dengan Grup Bermain

Saat social distancing, tentu aktivitas di dalam rumah terbatas sehingga dapat menimbulkan stres. Namun mengatasi kondisi tersebut disarankan mencoba bergabung dengan grup bermain. Aplikasi Tik Tok bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan stres dan rasa panik. Dalam aplikasi tersebut anak muda dapat membuat video unik mengenai kesehatan tangan. Tetapi, pastikan Anda membatasi waktu di depan layar karena bisa mengganggu kesehatan mata,

3. Membuat Distraksi

Bagi seseorang yang malas menyempatkan diri untuk membaca informasi yang benar, alangkah baiknya langsung membuat distraksi saja. Disarankan untuk melakukan beragam hal atau kegiatan yang membuat hati senang, seperti menyalurkan hobi, dan sebagainya.  Otak seseorang dibagi menjadi dua kategori, yaitu apa yang bisa dikerjakan dan tidak. Coba perbaiki suasana hati dengan melakukan apa yang bisa, contohnya berkebun atau bermain musik untuk mengalihkan pikiran dari yang tidak bisa dikerjakan itu.

4. Fokuslah pada Diri Sendiri

Melihat kondisi sekarang ini setiap orang bisa melakukan hal yang baru seperti memasak, menjahit, dan sebagainya untuk menghindari rasa panik dan khawatir. Fokus pada diri sendiri dan mulai mengerjakan hal-hal produktif bisa menjaga kesehatan mental.

Jadi tidak perlu khawatir lagi karena anda semua sudah dibekali beberapa tips diatas. Selalu jaga diri anda selalu tetap bersih dan keep positive setiap harinya. Terutama bagi yang berada di rumah. Kita doakan semoga wabah pandemi Virus Covid-19 cepat segera berlalu. Amiiinnnn.

(Source: lifestyle.okezone.com, lifestyle.kompas.com)

This Post Has 4 Comments

  1. Nita

    Artikel yang sangat membantu, memang kita butuh untuk saling mengingatkan disituasi yang pandemik seperti sekarang. Mari bersatu melawan covid dengan tetap dirumah saja agar rantai penyebaran nya terputus
    Semangat indonesia

    1. SP Collection

      Semoga wabah ini cepat berlalu ya kak. Pray for Indonesia. Terima kasih atas kunjungannya kembali kak ^_^

  2. Jhonny

    Kita semua harus jaga kebersihan ya min biar tetap sehat semuanya

    1. SP Collection

      So Pasti kak. Semoga wabah ini cepat berlalu. Pray for Indonesia. Terima kasih atas kunjungannya kak ^_^

Leave a Reply