Manfaat Air Putih

Manfaat Air Putih

Manfaat Air Putih; Konsumsi air putih secara rutin dengan jumlah yang tepat merupakan salah satu kunci penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Sejumlah manfaat bisa kita petik dari konsumsi minuman ini. Hanya saja sayangnya banyak orang yang melupakan manfaat minum air putih. Banyak orang yang kurang minum namun sebagian juga menghindari air putih dan memilih jenis minuman lain yang manis dan bergula. Pentingnya konsumsi air putih ini tidak boleh dikesampingkan terutama karena 60 persen tubuh manusia terdiri dari air. Jumlah air yang tepat ini juga berguna untuk mengairi persendian, membawa oksigen ke seluruh tubuh, menjaga temperatur tubuh, melancarkan pencernaan, meluruhkan racun keluar dari tubuh, serta berbagai hal lain.

Setiap orang memiliki jumlah konsumsi ideal air yang berbeda tergantung dari berat badan, namun secara umum disebut bahwa jumlah ideal konsumsi air adalah dua liter setiap hari. Jumlah asupan air yang tepat ini merupakan salah satu kunci penting dalam menjaga kesehatan dan kebugaran. Walau konsumsi air ini memang menawarkan sejumlah manfaat kesehatan, namun terdapat enam waktu penting yang membuat konsumsinya lebih memberikan manfaat kesehatan. Berikut enam waktu penting mengonsumsi air putih agar tubuh tetap sehat dan bugar yang telah dirangkum oleh Tim Support Priority Indonesia (Perusahaan Sepatu Kulit Militer POLRI Safety) dibawah ini;

Saat Bangun Tidur

Mengawali hari dengan konsumsi air putih merupakan cara yang tepat dan sehat. Hal ini bisa membantu menghilangkan racun dari tubuh serta membuatmu jadi berenergi sepanjang hari. Sebaiknya konsumsi air dalam suhu normal atau hangat serta hindari air dingin pada pagi hari.

Sebelum Makan

Mengonsumsi air putih sebelum makan bisa membuat kamu merasa lebih kenyang dan terhindar dari terlalu banyak makan. Minum 30 menit sebelum makan untuk membangkitkan indera perasa dan melembapkan perut. Hal ini juga bisa menghilangkan rasa dari makanan atau minuman yang sebelumnya kamu konsumsi.

Saat Lapar

Rasa lapar bisa muncul ketika kita sebenarnya merasa haus. Oleh karena itu, ketika kamu merasa lapar, minum air putih bisa jadi cara tepat untuk mengetahui apakah kamu benar-benar lapar atau hanya merasa haus.

Sebelum dan Setelah Berolahraga

Agar tidak dehidrasi, minum dua hingga tiga gelas air putih baik sebelum maupun setelah berolahraga. Cara ini cukup ideal untuk menjaga keseimbangan cairan di tubuh. Namun jangan langsung minum dalam jumlah banyak dalam waktu yang singkat, hal ini justru bisa membuat perut menjadi kram.

Ketika Sedang Sakit

Ketika sedang sakit, penting untuk meningkatkan asupan air di dalam tubuh. Cara ini tak hanya menghilangkan racun dari dalam tubuh namun juga membuatmu sembuh lebih cepat.

Saat Lelah

Ketika kamu merasa lelah namun tak memiliki cukup waktu istirahat, minum air putih bisa jadi jalan keluar yang tepat. Kelelahan bisa jadi pertanda dehidrasi yang kamu alami. Minum air putih bisa memberi sedikit dorongan pada otak walau kamu belum beristirahat. Sejumlah waktu tersebut bisa jadi merupakan saat yang tepat untuk mengonsumsi air putih. Mengingat pentingnya air putih, jangan lupa untuk mengonsumsinya secara rutin dan dalam jumlah yang tepat.

Amankah Konsumsi Air Putih Sebelum Tidur di Malam Hari?

Banyak orang sangat memperhatikan jam makan mereka setiap harinya. Walau begitu, ketika terkait minuman, banyak orang yang langsung minum ketika haus. Kurangnya konsumsi air putih ini bisa berdampak buruk pada kesehatan tubuhmu secara keseluruhan. Kurang air juga dapat menyebabkan kerja tubuh jadi terganggu dan tak sempurna. Walau begitu, sesungguhnya ada waktu-waktu khusus ketika kamu sebaiknya tidak minum air putih. Hal ini termasuk sebelum kamu hendak tidur di malam hari. Minum air putih sebelum tidur bisa menjadi sebuah hal yang sebaiknya dihindari. Pasalnya hal ini dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan.

Efek Negatif Minum Sebelum Tidur

Minum air putih tepat sebelum tidur dapat menyebabkan gangguan siklus tidur. Hal ini bisa membuatmu sering ke kamar mandi pada malam hari untuk buang air. Secara umum, jumlah urin kita perlu menurun di malam hari agar dapat tidur selama lima hingga tujuh jam tanpa gangguan. Ketika kamu minum di malam hari sebelum tidur, kamu mungkin jadi ingin buang air kecil beberapa kali pada malam hari. Gangguan tidur yang terjadi akibat buang air kecil ini bisa menyebabkan mood berubah-ubah, tekanan darah tinggi, kurang konsentrasi, dan emotional eating pada keesokan harinya. Sebuah penelitian bahwa mengungkap bahwa seseorang yang tidur kurang dari enam jam di malam hari lebih rentan mengalami stroke.

Walau sebaiknya tidak diminum sebelum tidur, namun minum air putih di malam hari tetap memiliki dampak positif. Hal ini terutama ketika dilakukan di malam hari setelah makan. Konsumsi air putih hangat di malam hari setelah makan besar bisa sangat bermanfaat. Hal ini bisa membersihkan tubuh secara alami serta menyingkirkan racun dari dalam tubuh. Selain itu, hal ini juga mempercepat proses pencernaan dan mencegah konstipasi.

7 Dampak Buruk Minum Air Putih Berlebihan, Batasi Asupan Cairan Anda

Anda mungkin pernah mendengar kasus seseorang yang mengalami kekurangan cairan. Tubuh yang sebagian besar terdiri dari air ini memang selalu membutuhkan cairan yang cukup. Namun jangan salah, kelebihan air putih juga akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Kita mungkin merasa lebih sehat dan segar ketika minum air putih. Namun, kita tetap harus membatasi asupan air putih yang masuk ke dalam tubuh. Kebutuhan air putih harian pada orang normal pada umumnya hanya sekitar 3,7 liter air untuk laki-laki, dan 2,7 air untuk perempuan, dan ini sudah termasuk kandungan air dari makanan dan minuman lainnya. Bila dikonsumsi secara berlebihan, cairan akan menumpuk dan menyebabkan terjadinya keracunan cairan. Selain itu, beberapa masalah kesehatan pun akan muncul ketika kita terlalu banyak mengonsumsi air putih. Berikut ini, beberapa dampak buruk minum air putih berlebihan bagi kesehatan tubuh:

Sakit Kepala

Dampak buruk minum air putih berlebihan yang pertama yaitu sakit kepala. Minum air putih yang berlebihan dapat menyebabkan seseorang sering mengalami sakit kepala secara tiba-tiba. Hal ini karena kadar sodium yang rendah di dalam darah, sehingga sel membengkak. Kondisi ini merupakan dampak pembengkakan sel tubuh yang dapat membuat ukuran otak membesar dan menimbulkan sensasi berdenyut dan terasa nyeri.

Iritasi Perut

Dampak buruk minum air putih berlebihan yang kedua yaitu iritasi pada perut. Ketika tubuh menerima asupan air yang terlalu banyak, akan menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit di dalam tubuh. Kadar elektrolit yang tak seimbang ini akan menyebabkan iritasi di bagian perut. Kondisi ini juga menjadi gejala awal dari keracunan cairan.

Kram Otot

Dampak buruk minum air putih berlebihan yang ketiga adalah kram otot. Kram otot akan terjadi ketika kadar kalium dalam tubuh berkurang. Kalium sendiri merupakan mineral penting bagi tubuh yang berguna untuk meningkatkan sistem saraf dan mendukung metabolisme. Kandungan kalium ini bisa larut ketika tubuh mendapatkan asupan cairan yang terlalu banyak. Dampak lain selain kram otot adalah terjadinya iritasi dan nyeri pada bagian dada.

Pembengkakan Sel Tubuh

Dampak buruk minum air putih berlebihan yang keempat yaitu terjadinya pembengkakan sel tubuh. Asupan air yang terlalu banyak akan membuat darah menjadi lebih encer sehingga kadar elektrolit di dalam darah lebih rendah dibanding yang ada di dalam sel. Untuk mengembalikan keseimbangannya, air akan mengisi sel-sel tubuh sehingga menyebabkan adanya pembengkakan. Hal ini akan berujung pada masalah serius seperti kejang, mual, hingga meningkatnya risiko terkena hidrosefalus.

Risiko Gangguan Jantung

Dampak buruk minum air putih berlebihan yang kelima adalah meningkatkan risiko gangguan jantung. Seperti yang kita ketahui, jantung merupakan salah satu organ vital yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Jika seseorang mengonsumsi air secara berlebihan, volume darah akan meningkat dan jantung akan bekerja lebih keras untuk memompa darah. Kondisi ini akan meningkatkan tekanan pada pembuluh darah dan jantung sehingga dapat menyebabkan gangguan jantung yang serius.

Masalah Pada Ginjal

Dampak buruk minum air putih berlebihan yang ke enam adalah masalah pada ginjal. Ginjal juga akan menjadi korban ketika seseorang mengonsumsi air terlalu banyak. Sehingga kondisi ini akan menyebabkan gangguan pada ginjal. Darah yang berubah encer menjadi penyebab gangguan ini, karena ketika darah menjadi encer, ginjal tidak akan mampu menyaring zat yang tidak terpakai di dalam tubuh sehingga akan sulit untuk menjaga keseimbangan natrium. Kondisi ini dapat menyebabkan kelelahan, mual, hingga meningkatkan intensitas buang air kecil.

Buang Air Kecil Berlebihan

Dampak buruk minum air putih berlebihan yang ketujuh yaitu buang air kecil yang berlebihan. Ketika seseorang minum air putih berlebihan, saluran kencing juga akan terkena imbasnya. Saluran kencing akan bekerja lebih keras sehingga akan berdampak pada meningkatnya frekuensi air seni. Selain itu, minum air putih secara berlebihan juga akan menyebabkan dehidrasi, karena cairan tubuh akan terlalu banyak terbuang bersama urin. Maka dari itu lakukan sewajarnya tanpa perlu terlalu berlebihan

(Source: Merdeka.com)

Leave a Reply