Pandemic Staycation

Pandemic Staycation

Pandemic Staycation; Memanfaatkan libur panjang untuk berekreasi jadi salah satu cara efektif menyegarkan pikiran. Staycation (stay vacation) atau berlibur di rumah atau tempat penginapan privat seperti villa bisa jadi pilihan terbaik.Staycation dinilai menjadi cara paling aman berlibur bersama keluarga di masa penyebaran Covid-19 yang masih belum usai. Staycation bisa dijadikan kesempatan menjalankan protokol kesehatan keluarga yang telah disusun Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA). Berikut yang telah dirangkum oleh Tim Support Priority Indonesia (Perusahaan Sepatu Kulit Militer POLRI Safety Tunggang) dibawah ini;

“Rumah dibersihkan dan di-disinfeksi secara rutin. Pastikan peredaran udara segar dan lancar dengan membuka ventilasi atau jendela, biarkan sinar matahari masuk,” ungkap Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 dr Reisa Brotoasmoro pada keterangan pers di Kantor Presiden sebagaimana disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (23/10/2020). Staycation sendiri tidak kalah seru dibandingkan berlibur di luar rumah. Banyak hal yang dapat dilakukan mulai tur virtual ke tempat-tempat wisata seperti museum dan sejenisnya. Bisa juga memanfaatkan internet untuk menonton konser musik, film atau membuat permainan seru bersama anggota keluarga bahkan berolahraga bersama.

Meski demikian, bagi masyarakat yang tetap memutuskan dengan sangat matang untuk bepergian keluar kota, Pemerintah mengingatkan agar memilih moda transportasi yang menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Seperti maskapai penerbangan atau kereta api. “Bagi yang memakai transportasi umum, pastikan jadwalnya sudah dipilih dari jauh hari. Agar dapat menjauhi kerumunan atau bahkan antrean panjang. Dalam perjalanan wajib memakai masker, hindari makan atau minum, hindari mengobrol panjang di bus atau kereta” ujarnya.

Untuk masyarakat yang bepergian dan harus menginap, maka pilihlah hotel atau akomodasi yang patuh dan disiplin menerapkan sanitasi dan protokol kesehatan. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sudah meminta destinasi wisata untuk menerapkan prinsip CHSE. “Yaitu Cleanliness, Health, Safety and Environment sustainability. Atau bersih, sehat dan aman terutama dari ancaman COVID-19 dan jangan lupa tetap ramah lingkungan,” jelas Reisa. “Ingat, berlibur itu baik untuk kesehatan psikologis kita. Tetapi, tidak mengurangi tanggung jawab kita melindungi diri dan orang lain dari resiko COVID-19. Sikap bertanggung jawab juga baik untuk kesehatan mental, melindungi diri artinya melindungi orang lain juga dan pada akhirnya melindungi Indonesia,” tutup Reisa.

Cara Merawat Diri di Rumah Saat Gejala Covid-19 Makin Membaik

Sebagian besar para ahli kesehatan di seluruh dunia menganjurkan bagi pasien yang terinfeksi Covid-19 dengan gejala ringan agar melakukan perawatan sendiri di rumah. Sebab, fasilitas kesehatan akan menjadi lebih efektif saat diprioritaskan bagi pasien yang memiliki gejala lebih parah. Sama halnya dengan perawatan di rumah sakit, para pasien yang memiliki gejala ringan tersebut juga tetap harus mematuhi protokol kesehatan agar tak menularkan Covid-19 di lingkungan tempat tinggalnya. Bukan hanya bagi para penderita yang memiliki gejala ringan Covid-19 saja, penyintas yang telah dinyatakan semakin membaik pun juga harus tetap menerapkan beberapa langkah kesehatan secara aman. Berikut penjelasan selengkapnya seperti yang dilansir dari covid19.go.id.

Perawatan Diri di Rumah

Meskipun di rumah, penderita tetap dapat memperhatikan berbagai langkah berikut ini agar terhindar dari berbagai risiko terburuk akibat infeksi Covid-19. Berikut beberapa langkah yang wajib diperhatikan selama melakukan perawatan secara mandiri di rumah:

Hindari Interaksi

Saat berada di rumah, hindari untuk berinteraksi dan melakukan komunikasi dengan anggota keluarga yang lain. Hal ini meningkatkan risiko anggota keluarga yang lain saat salah satunya telah dinyatakan terinfeksi Covid-19. Gunakan ruang pribadi secara terpisah dengan anggota keluarga yang cukup berisiko. Bila terjadi interaksi, segera cuci kedua tangan menggunakan sabun dan air bersih.

Gunakan Alat Pribadi Secara Terpisah

Selain itu, tetap gunakan berbagai alat pribadi secara terpisah dengan anggota keluarga yang lain. Hindari untuk menggunakan peralatan makan, perlengkapan mandi, dan seprai secara bersamaan dengan penderita yang terinfeksi Covid-19. Selain itu, jaga kebersihan lingkungan rumah dengan melakukan penyemprotan cairan disinfektan secara rutin.

Konsumsi Makanan Sehat

Cara berikutnya yakni dengan tetap mengonsumsi makanan sehat. Makanan yang sehat dan bergizi akan semakin meningkatkan sistem kekebalan tubuh guna melawan berbagai penyakit, tak terkecuali Covid-19.

Olahraga Secara Rutin

Selain menjaga pola makan yang sehat, lakukan pula aktivitas fisik secara rutin. Anda dapat melakukan berbagai olahraga ringan selama menjalani isolasi mandiri di rumah.

Lakukan Telemedik

Selama berada di rumah, pasien tetap dapat memperoleh konsultasi online yang diselenggarakan secara virtual. Hal ini seringkali disebut dengan telemedik. Pemerintah diketahui telah bekerjasama dengan 20 penyedia layanan telemedik untuk membantu para pasien agar tetap mendapatkan perawatan dari tenaga medis meski tengah melakukan isolasi mandiri di rumah.

Isolasi Diri

Apabila kondisi tubuh setelah 14 hari telah membaik, penderita yang terinfeksi Covid-19 tersebut tetap harus tinggal beberapa waktu kembali di rumah hingga situasi telah aman dan kondusif. Bila terpaksa keluar rumah, tetap patuhi protokol kesehatan dengan mencuci tangan dan menggunakan masker secara benar.

5 Cara Aman Menginap di Hotel Selama Pandemi Covid-19

Hari libur panjang tentu menjadi momen yang paling ditunggu oleh semua orang. Terlebih, bagi mereka yang merasa penat lantaran harus bekerja di setiap harinya. Libur panjang biasa identik dengan bepergian ke suatu tempat untuk membuat pikiran menjadi segar kembali. Ketika berlibur, umumnya seseorang akan menjadikan hotel sebagai pilihan untuk menginap atau beristirahat kala mengunjungi suatu tempat. Namun seperti diketahui bahwa saat ini, kita sedang dihadapkan dengan masalah global yakni penyebaran virus covid-19.

Hal tersebut tentunya membuat beberapa hal perlu dilakukan demi menghindari penularan virus mematikan tersebut. Protokol kesehatan memegang peranan penting guna mencegah paparan covid-19. Bagi Anda yang memiliki rencana untuk berlibur atau melakukan staycation, tak ada salahnya apabila mengetahui beberapa cara agar tetap aman sehingga diri terbebas dari paparan virus. Berikut adalah cara aman menginap di hotel selama pandemi covid-19 yang perlu diketahui serta diterapkan:

1. Siapkan Bujet (cermatlah dalam memilih hotel dengan fasilitas lengkap, namun harga tetap ekonomis agar tidak buat kantong menjadi jebol).

2. Pilih hotel yang menerapkan protokol kesehatan (misalnya mewajibkan seluruh tamu yang hendak menginap cuci tangan sebelum masuk area, dan melewati tahap tes suhu badan telebih dahulu).

3. Perhatikan lokasi hotel (sangat disarankan agar tidak memilih hotel yang berada di zona merah atau hitam selama pandemi, hindari hotel yang dekat dengan rumah sakit, apalagi rujukan covid-19).

4. Semprot ruangan kamar dengan cairan disinfektan (jangan lupa untuk menyemprotkan cairan disinfektan terlebih dahulu guna mensterilisasi ruangan, mulai dari gagang pintu kamar, kursi, kasur dan peralatan yang pada nantinya akan Anda gunakan).

5. Makan di dalam kamar saja (disarankan agar menikmati makanan hotel di dalam kamar. Hal tersebut guna menghindari apabila di restoran hotel Anda tak sengaja bertemu dengan tamu lain yang tidak diketahui ternyata membawa virus bagi Anda. Jangan lupa untuk menyemprotkan cairan pembersih pada alat makan terlebih dahulu). Itu tadi merupakan 5 cara yang bisa dilakukan untuk menjaga diri agar tetap aman saat menginap di hotel dalam masa pandemi covid-19. Selamat mencoba dan jangan lupa selalu menjaga kesehatan.

(Source: Merdeka.com)

Leave a Reply