Prabowo dan KSAD Sambangi Akmil

Prabowo dan KSAD Sambangi Akmil

Prabowo dan KSAD Sambangi Akmil; Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto bersama Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa, melaksanakan kunjungan kerja ke Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah. Keduanya hadir dalam rangka memberikan pengarahan kepada taruna dan taruni Akmil. “Menhan RI berpesan kepada para taruna-taruni Akmil sebagai generasi penerus dan cikal bakal pimpinan TNI AD di masa mendatang untuk selalu menyiapkan diri dengan perkembangan situasi saat ini dan juga selalu cinta tanah air,” ungkap Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat, Brigjen TNI Nefra Firdaus, dalam keterangannya hari ini. Berikut yang telah dirangkum oleh Support Priority Indonesia (Perusahaan Sepatu Militer POLRI Safety)

Kedatangan Menhan beserta rombongan disambut oleh Gubernur Akmil, Mayjen TNI Dudung Abdurachman, dan langsung menuju ke Kesehatan Akmil untuk meresmikan Rumah Sakit TK IV Soebianto Djojohadikoesoemo dan sarana E-Learning System yang dimiliki oleh Akmil. Selanjutnya Menhan berkesempatan memberikan pengarahan kepada 1.142 taruna dan taruni tingkat I, II, III dan IV di Gedung Lily Rochli. Prabowo berpesan agar para generasi penerus TNI harus selalu menjaga semangat pantang menyerah. Sikap-sikap kepahlawanan dari para pahlawan bangsa membuat TNI disegani oleh bangsa lain.

“Menhan RI juga memberikan pesan bahwa pengalaman paling baik yang membantu karier para penerus pimpinan TNI AD adalah menerapkan prinsip-prinsip kepemimpinan dalam setiap pelaksanaan tugas,” katanya. Setelah memberikan pengarahan kepada para taruna taruni Akmil, Menhan didampingi KSAd beserta rombongan melanjutkan kegiatan kunjungan kerja ke SMA Taruna Nusantara sekaligus meninjau fasilitas pendidikan yang dimiliki oleh SMA Taruna Nusantara Magelang. “Saat ini Akmil juga mulai memperkenalkan metode e-learning sebagai sarana edukasi bagi para taruna melalui fasilitas internet. Sehingga dengan metode ini diharapkan para taruna dapat belajar tidak hanya di dalam kelas, namun juga dapat dilakukan saat di luar kelas atau belajar secara mandiri,” jelas Nefra. Turut hadir dalam acara pengarahan tersebut antara lain Para Pejabat Utama Kemenhan RI, Pangdam IV/ Dip, Aspers KSAD dan Para Pejabat Utama Akademi Militer.

MENHAN BERIKAN CERAMAH PEMBEKALAN DAN RESMIKAN RUMAH SAKIT TINGKAT IV AKMIL

Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto memasuki gerbang Akademi Militer pukul 09.30 Wib di sambut Jajar Kehormatan Kemiliteran melalui pintu 1. Dilanjutkan transit di Main Hall. Menhan didampingi Kasad dan Gubernur Akmil menuju Kesehatan Akmil menggunakan Golf Car. Diperkirakan pukul 10.30 wib Acara Peresmian Rumah Sakit Tk. IV Akmil. Penandatanganan Prasasti Peresmian Gedung Rumah Sakit Tk. IV Akmil dan E-Learning System oleh Menhan. Sekitar pukul 10.45 Wib Pengarahan Menhan kepada Taruna Akmil. Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto memberikan ceramah pembekalan kepada Seluruh Taruna/Taruni Akademi Militer di gedung Lily Rochly Akmil Magelang. Hadir dalam kegiatan ini Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa, S.E., M.A., M.Sc., M.Phil., Ph.D. Gubernur Akmil, Mayjen TNI Dudung Abdurachman, Aspers Kasad Mayor Jenderal TNI Heri Wiranto, Pangdam IV/Dip Mayor Jenderal TNI Bakti Agus Fadjari, S.IP, Laksamana Madya TNI (Pur) DR Didit Herdiawan, MPA, MBA dan pejabat tinggi TNI yang lain, Pejabat Distribusi Akademi Militer dan Para Gumil, Dosen dan Pengasuh. serta 1142 Taruna dan Taruni Tingkat I,II,III dan IV juga Para pengasuh Taruna Akmil. Gubernur Akademi Militer menghaturkan “Terima Kasih” kepada Bapak Menhan, yang telah berkenan Menandatangani Prasasti Peresmian Gedung Rumah Sakit Tk. IV Akademi Militer, dan E-Learning System serta memberikan sumbangan berupa 14 judul buku sejumlah 300 buah. Semoga buku-buku tersebut akan bermanfaat bagi segenap Civitas Akademika Akademi Militer. Sekitar pukull 11.45 Wib Menhan kembali menuju Hotel Grand Artos Via Darat. Semua kegiatan Menhan di Akmil berjalan lancar aman dan terkendali.

Menhan Didampingi KSAD Berbincang dengan Enzo Zenz Allie

Menteri Pertahanan (Menhan) Letjen (Purn) Prabowo Subianto didampingi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa melakukan kunjungan kerja ke Akademi Militer (Akmil) Magelang pada Jumat (3/7). Prabowo hadir untuk memberikan pembekalan dan melantik 254 taruna tingkat IV/Sermatutar Akmil. Salah satu momen kunjungan Prabowo di Akmil, yang menjadi kawah candradimuka yang menempanya menjadi TNI, diunggah oleh ajudan pribadinya, yaitu Rizky Irmansyah dalam akun Instagram, @rizky_irmansyah. Prabowo yang merupakan abituren Akmil 1974 datang disambut oleh Gubernur Akmil Mayjen Dudung Abdurachman beserta jajaran.

Prabowo awalnya meminta agar Enzo giat berlatih agar menjadi pribadi yang kuat. “Kamu mau masuk korps apa?” kata Prabowo kepada Enzo yang ayahnya berkewarganeraan Prancis itu. Enzo pun membalas tegas pertanyaan Prabowo, “Siap Infanteri.” Prabowo pun merespon, “Bener.” Orang di sekeliling Prabowo menukas jawaban Enzo yang menjawab ingin masuk korps Infanteri ketika sudah diwisuda dari Akmil nanti. “Kopassus ya?” Sayangnya percakapan Prabowo dengan Enzo terhenti lantaran singkatnya durasi rekaman video. Kepala Biro Humas Setjen Kementerian Pertahanan, Brigjen Ignatius Eko Djoko Purwanto membenarkan momen percakapan Menhan Prabowo dengan taruna Enzo terjadi di kompleks Akmil Magelang saat kunjungan pada Jumat (3/7). “Iya benar,” kata Djoko saat dikonfirmasi Republika.

Prabowo dan KSAD Sambangi Akmil

Enzo pada medio Agustus 2019, viral lantaran saat proses panitia penentuan akhir (pantukhir) seleksi taruna, mendapat pertanyaan dari Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Video percakapan keduanya menggunakan bahasa Prancis mendapat publikasi luas. Saat itu Enzo menjawab ingin masuk korps Infanteri kala ditanya Marsekal Hadi. “Siap Infanteri, Komando,” kata Enzo yang ingin gabung di Kopassus setelah lulus menjalani pendidikan di Akmil. Hanya saja, Enzo sempat menjadi kontroversi gara-gara fotonya yang membawa bendera tauhid beredar luar di masyarakat. Sebagian pihak menuding bendera tauhid itu berafiliasi dengan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). KSAD Jenderal Andika pun sampai harus mengklarifikasi, dan melakukan tes ulang kepada Enzo, hingga akhirnya tetap lolos seleksi Akmil 2019, dan berhak mengikuti pendidikan. Calon Akmil, Akademi Angkatan Laut (AAL), dan Akademi Angkatan Udara (AAU) dijadwalkan akan menjalani prasetya perwira (upacara pelantikan perwira) pada 14 Juli mendatang. Pelantikan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dari Istana Kepresidenan Jakarta secara virtual kepada ratusan calon perwira Akmil, AAL, dan AAU, yang ketiganya sudah dikunjungi Menhan Prabowo.

(Source: republika.co.id, akmil.ac.id)

Leave a Reply