Merawat Seragam PDL

Merawat Seragam PDL

Merawat Seragam Dinas atau PDL; Selamat siang menjelang sore para sobat relasi SP Collection semua dimanapun anda berada. Tak terasa bulan Februari telah berlalu, mari kit buka lembaran baru di bulan yang baru, pakaian yang baru, serta sepatu PDL dinas yang baru juga. Bagaimana kabar anda di hari selasa yang indah ini? Semoga tetap selalu diberi keselamatan dan keberkahan oleh Tuhan YME. Pakaian dan seragam yang anda miliki tentu saja selain harus enak dilihat dan dikenakan juga harus memiliki kebersihan yang baik. Pakaian seragam yang dikenakan setiap saat dengan rentang waktu yang lama jelas harus memiliki perhatian dan perawatan khusus lho. Apalagi pakaian seragam anda terkadang merupakan jatah khusus dari perusahaan atau instansi, jelas sulit membeli lagi jika rusak.

Kusut, kusam, warna pudar dan terkadang berubah bentuk adalah beberapa problema yang sering kita temui pada setiap pakaian dan seragam, apalagi seragam PDL. Kalau tidak pandai dan rajin merawatnya, sudah tentu pakaian yang kita punya tidak akan lama atau awet untuk melengkapi koleksi di lemari kita. Pastinya sedih kan, bila pakaian seragam PDL favorit kalian sudah tidak layak pakai bahkan tidak bisa dipakai lagi?? Apalagi seragam PDL harus dipakai dan harus sering di cuci setiap hari, sudah pasti kita harus punya 1001 cara serta trik khusus untuk perawatannya. Sebenarnya, pakaian jenis seragam itu perawatannya tidak terlalu susah. Bayangkan bagaimana rasanya pergi ke kantor atau dinas lapangan setiap hari penuh ceria dengan pakaian seragam PDL yang bersih, harum dan rapi, pasti akan lebih membuat anda semakin semangat dan percaya diri. Selain itu, secara tidak langsung kita bisa lebih menghemat kantong, sembari menekan keinginan untuk terus beli pakaian dan seragam PDL bar uterus-terusan, mantap kan??

Yuk simak baik-baik bagaiamana tips dan trik perawatannya oleh Support Priority Indonesia. Semoga saja 12 cara merawat semua jenis seragam PDL di bawah ini bermanfaat dan bisa membuat seragam PDL anda awet, serta warnanya tetap cemerlang saat dipakai setiap harinya di kantor maupun di tempat kerja;

  1. Sebelum mencuci, pisahkan pakaian atau seragam putih, hitam dan berwarna. Semua itu dilakukan agar tidak merubah warna atau membuat kusam karena warna putih mudah tercemari warna yang lain. Untuk pakaian atau seragam hitam gunakan detergent cair khusus yang bisa memelihara warna hitam nya agar tidak mudah pudar (biasanya banyak dijual di supermarket tertentu). Pastikan tidak ada emblem, bros atau tanda kepangkatan yang menempel pada pakaian seragam dinas anda.
  2. Bersihkan dan keluarkan semua isi saku dan kantong anda, serta bagian terkecil yang memungkinkan kotoran terdapat di dalamnya. (biasanya pada seragam kemeja atau celana terdapat saku ). Pilih dan gunakan sabun atau deterjen yang berkualitas baik, agar pakaian seragam anda bersih dan tidak mudah kusam warnanya. Apabila anda menggunakan mesin cuci, maka sebaiknya gunakan deterjen cair khusus mesin cuci, agar kotoran tidak mudah menggumpal dan menempel pada pakaian seragam dinas anda.
  3. Salah satu tips jitu agar pakaian seragam anda awet; Ketika seragam anda terkena noda, maka lakukanlah pembersihan sesegera mungkin, itu akan mencegah noda menempel permanen pada pakaian seragam anda. Setelah itu rendam, kucek dan bilas lah pakaian seragam sesuai aturan yang tertera pada kemasan detergent atau sabun cuci anda, Sebagai tambahan, perhatikan bagian kerah dan saku, biasanya noda dan keringat banyak menempel disana. Bilaslah sampai benar-benar bersih, pastikan tidak ada sisa (residu) sabun atau deterjen yang menempel, agar pakaian anda tidak bau dan kusam terlihat warnanya.
  4. Usahakan tidak sering menggunakan mesin pengering atau memerasnya terlalu kuat agar pakaian seragam PDL anda awet tidak mudah rusak, apalagi pada pakaian kemeja biasanya kancing akan mudah terlepas.
  5. Jemurlah pakaian atau seragam anda dengan membalikkan bagian luar didalam, lalu digantung. Hal ini bertujuan agar warna seragam anda tidak mudah pudar ketika terpapar sinar matahari dan tidak merubah bentuk pakaian seragam PDL itu sendiri.
  6. Setrikalah pakaian dan seragam PDL anda dengan benar. Gunakan juga panas setrika yang sesuai anjuran. PENTING! khusus seragam dan kemeja PDL yang berwarna, jika terlalu panas maka akan muncul efek mengkilap, apabila hal ini anda lakukan terus-menerus, maka secara tidak langsung akan membuat pakaian seragam anda mudah rusak dan rapuh. Untuk kaos bersablon, pada bagian sablonnya tutupilah dengan kain, barulah setelah itu setrikalah dengan tingkat panas yang low heat atau rendah, bila perlu jangan disetrika sama sekali, hal ini bertujuan untuk menjaga tekstur kain agar tetap awet.
  7. Pilih pakaian yang bisa dilipat atau digantung, khusus pakaian seragam atau kemeja PDL gantunglah dengan benar, agar tetap rapi dan tidak ada bekas lipatan.
  8. Untuk jenis jas gunakan hanger atau gantungan yang berbantalan empuk, agar bagian bahu tidak berubah bentuk dan tetap awet saat nanti mau dipakai.
  9. Simpanlah pakaian seragam anda di dalam lemari yang memiliki sirkulasi udara yang baik dan lancar (kering dan sejuk), sehingga pakaian tidak mudah bau apek, terkena jamur dan ngengat. Kalau bisa, gunakanlah lemari atau laci yang terbuat dari kayu cedar yang memiliki aromatic alami sebagai pengusir ngengat, agar seragam PDL mu tetap awet.
  10. Cek secara periodic pakaian atau seragam PDL yang disimpan di dalam lemari untuk mengetahui kondisinya setiap hari.
  11. Gunakan pengharum lemari atau bisa juga pengusir jamur dan ngengat ke lemari anda, sehingga pakaian seragam PDL selalu wangi segar, tak bau apek, dan bebas jamur.
  12. Tips khusus terakhir agar pakaian dinas anda awet adalah, pisahkan pakaian seragam PDL dengan pakaian yang berbahan alami seperti jenis kulit hewan, wol, dan sutera. Karena ngengat mudah tertarik pada kain berbahan serat alami.

Demikian 12 cara yang paling dominan untuk merawat seragam PDL dan dinas anda diatas. Sebenarnya cara perawtaan diatas mungkin sudah awam dan banya orang yang telah melakukannya sehari-hari, apalagi para ibu-ibu. Namun, apabila anda masih belum berkeluarga dan tinggal jauh atau bertugas dinas jauh dari orang tua, maka 12 cara diatas akan sangat membantu keseharian anda dalam merawat seragam PDL. Mungkin ini hal kecil bagi sebagian orang, tetapi mereka tidak sadar dengan menjadi seorang pegawai negeri atau prajurit Negara, maka secara tidak langsung akan menjadikan panutan di masyarakat. Apakah anda mau, seragam dinas anda kelihatan kusam serta kusut seperti anak kos-kosan yang baru masuk kuliah? Pastinya tidak kan?  

Apabila anda punya cara tersendiri selain diatas yang ampuh untuk merawat seragam PDL atau dinas kerja di rumah? Yuk share di komentar… ^_^

This Post Has 2 Comments

  1. Joko

    thanks for the tips

    1. SP Collection

      sama-sama gan. Semoga bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya gan

Leave a Reply