Test Seleksi Masuk TNI

Test Seleksi Masuk TNI

Test Seleksi Masuk Menjadi Prajurit TNI Republik Indonesia; Selamat pagi dan selamat beraktifitas para sobat relasi SP Collection dimanapun anda berada. Tahukah kamu tentang test seleksi masuk kesatuan TNI Republik Indonesia? Untuk para prajurit TNI itu sendiri mungkin sudah familiar sekali, karena itu merupakan awal sejarah dari perjalanan mereka sampai menjadi anggota TNI nya.

Namun, buat adek-adek yang baru lulus sekolah dan berencana untuk mendaftar dan mengabdi kepada Negara, mungkin masih awam sekali. Bahkan yang sampai sekarang masih berjuang mendaftar seleksi test masuknya setelah gugur beberapa kali, mungkin masih setengah-setengah dalam memahami setiap test seleksi masuk yang ada. Tentunya, test seleksi masuk untuk menjadi prajurit TNI republik Indonesia tidak bisa disamakan dengan Polri, Pol PP, Dishub, dsb.  Kenapa tidak boleh disamakan? Karena secara tingkatan test fisik dan psikologi berada di tingkatan teratas. Tak ayal, lulusan-lulusan terbaik yang lolos pendidikan prajurit TNI negeri ini bisa membuat segan Negara lain bahkan dunia Internasional. Pasti bangga sekali kan kita sebagai Warganya, karena selain pasukan elite kita terkenal dan ‘prestigious’, keamanan  Negara pun lebih terjamin.

Kembali lagi ke topik utama yakni membedah test seleksi masuk menjadi prajurit TNI, kali ini tim Support Priority Indonesia akan bedah lebih dalam untuk setiap test tersebut, bagaimana sih penjelasan detail dan beberapa tips trik yang berguna untuk bisa lulus test nya. Khususnya bagi teman-teman yang sekarang sedang mempersiapkan diri secara jiwa dan raga untuk mendaftar menjadi casis TNI nya.

Administrasi

Penilaian administrasi dilaksanakan melalui pemeriksaan dokumen yang diperlukan atau yang sesuai dengan persyaratan untuk mendaftar menjadi anggota TNI AD, AL, AU. Administrasi disini berdasarkan tentang diri Anda meliputi, Ijazah, KTP, KK, dan administrasi yang lainnya yang sesuai dengan persyaratan. Pemeriksaan administrasi dilaksanakan secara cermat, teliti dan tertib atas kelengkapan, kebenaran dan keabsahannya dengan berpedoman pada ketentuan pemeriksaan yang berlaku. Sehingga, diperlukan data yang akurat, data yang sesuai.  Jadi lengkapi semua persyaratan administrasi Anda dan ingat jangan sampai Anda memalsukan data tersebut, karena apabila Anda memalsukannya, kebohongan itu akan kelihatan, karena pemeriksaannya selain menggunakan SDM yang handal memiliki teknologi yang canggih. Apabila Anda memalsukannya sudah pasti Anda akan didiskualifikasi dari pendaftaran ini.

Kesehatan

Penilaian aspek kesehatan dilaksanakan melalui pemeriksaan kesehatan secara terbatas khususnya pada materi sesuai sector U (kapasitas fisik secara umum, A (anggota atas, B (anggota bawah), D (alat pendengaran dan keseimbangan, L(alat penglihatan) dan G (gigi dan mulut)  Untuk lulus pada tes kesehatan Anda harus memiliki kesehatan yang sesuai dengan sector U salah satu tidak bisa Anda penuhi sudah pasti Anda tidak akan lulus pada tes ini. Sehingga siapkan diri Anda, periksalah diri Anda ke klinik atau dokter yang sesuai dengan bidangnya. Aturlah pola makan Anda dan olahraga yang cukup agar kesehatan Anda stabil pada saat tes.  Pemeriksaan ini besar kemungkinan seperti tahun yang lalu atau tes yang sudah-sudah, Anda akan diperiksa dengan tubuh telanjang, sehingga kekurangan sedikitpun akan kelihatan meskipun penyakit kecil seperti penyakit kulit dan varises pasti akan ketahuan.

Penilaian aspek jasmani

Dilaksanakan melalui pemeriksaan postur meliputi : tinggi/berat badan, struktur anatomi, sikap gerak dan penampilan dengan berpedoman pada ketentuan penilaian yang berlaku. Pemeriksaan jasmani hampir sama dengan kesehatan Anda akan diperiksa dengan tubuh telanjang. Periksalah kesehatan jasmani Anda ke klinik atau dokter yang sesuai dengan bidangnya, latihlah diri Anda bahwa sikap,gerak,dan penampilan Anda cocok atau sesuai untuk menjadi anggota TNI, bayangkan diri Anda seakan-akan Anda sudah menjadi anggota TNI, seperti apa sikap, penampilan, dan gerak yang harus Anda lakukan, lakukan ini selama 21 hari.

Mental Ideologi

Penilaian aspek ini dilaksanakan melalui pengisian data awal calon dalam bentuk formulir Daftar Isian Pertanyaan/DIP yang meliputi data mengenai riwayat hidup, riwayat tempat tinggal, riwayat sekolah, riwayat permasalahan hukum dan data-data lain yang digunakan sesuai dengan perkembangan kondisi. Penilain ini dilaksanakan melalui penelitian personel tantang berbagai aspek terhadap paham atau ajaran ideologi yang bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945. Sehingga Anda harus memiliki mental yang kuat mengabdikan diri Anda untuk NKRI. Baca dan pahami makna dari Pancasila dan UUD 1945 ini merupakan langkah awal Anda akan memiliki mental ideologi ini.

Psikologi/Psikotes

Penilaian aspek psikologi dilaksanakan melalui pemeriksaan psikologi yang meliputi aspek intelegensi dan kepribadian/stabilitas emosi dengan berpedoman pada ketentuan pemeriksaan yang berlaku. Pada tes psikologi Anda akan diberikan beberapa banyak soal yang memiliki durasi waktu. Anda harus memiliki fokus yang tinggi, kesehatan yang cukup, mental yang kuat. Untuk seleksi tingkat daerah tes psikologi atau yang dikenal dengan tes psi dilakukan secara tertulis, dengan mengerjakan serangkaian soal psikotes/TPA. Untuk lulus pada tahap ini Anda harus banyak berlatih mengerjakan soal-soal psikotes baik yang kalian dapatkan di toko buku atau lebih baik sekali soal-soal psikotes TNI AD, AL, AU tahun sebelumnya. Karena materi psikotes tidak akan jauh berbeda dengan yang lainnya, yang wajib kita lakukan untuk lulus tahap ini adalah banyak berlatih mengerjakan soal-soal dengan tipe yang sama.

Akademik

Seleksi ini berkaitan dengan akademik Anda, meliputi tes mata pelajaran yang sudah Anda dapatkan saat menempuh pendidikan SMA/sederajat. Tetapi admin sarankan untuk kalian membeli buku soal-soal tes TNI AD, AL, AU, kalau memungkinkan cari soal-soal tes TNI AD, AL, AU tahun yang lalu, karena materi tes dari tahun ke tahun tidak jauh berbeda. Artinya tingkat kesukaran soal hampir sama atau sama. Selanjutnya coba kalian ikuti bimbingan belajar khusus untuk persiapan tes TNI AD, AL, AU atau kalian cari guru privat untuk datang kerumah agar belajar lebih nyaman.

Pantohir

Pantohir adalah tes terakhir yang harus Anda lalui. Dalam test ini, Anda akan dibariskan di dalam ruangan di hadapan para petugas, dan akan di interview secara intern dengan tes kesiapan untuk menjadi anggota TNI AD, AL, AU-nya.

Nah, itu tadi penjelasannya dari tiap tahapan seleksi dan test menjadi calon prajurit TNI nya. Bagaimana nih, udah ada sedikit gambaran dan pencerahan kan? Setidaknya buat adek-adek yang baru lulus bangku sekolah dan mau mencoba mendaftar untuk pertama kalinya.

Latihan Tambahan Untuk Tes Kesamaptaan

(Tes Fisik)

  • Setiap hari lari 2500 m dalam 12 menit, Usahakan setiap hari menit berkurang dengan jauh 2500 m
  • Setiap hari Push up hingga 30x dalam 1 menit, untuk tes Polwan, tesnya juga mirip pria, hanya push up nya lutut dipakai, dan pull up-nya kaki juga menapak tanah. Usahakan dalam setiap latihan jumlah push up bertambah dalam waktu yang sama (1 menit)
  • Chinning 60x dalam 1menit (wanita)
  • Pull up 7x dalam 1 menit
  • Sit up 50x dalam 1 menit
  • Shuttle Run/Lari angka 8 (3x 20 detik)
  • Antropometrik/Tes postur seperti, sikap tegap, cara jalan, sikap hormat, dll
  • Renang 25 meter yang penting sampai dalam 1 menit tanpa berhenti/ tidak tenggelam

Bagaimana infonya nih. Apakah anda sudah mendapatkan sedikit pemahaman? Semoga bermanfaat untuk anda ya. Lihat juga info terbaru tentang Alutsista negara kita Disini

This Post Has One Comment

Leave a Reply