Upgrade Alutsista; Indonesia Beli 3 Alutsista Canggih

Upgrade Alutsista; Indonesia Beli 3 Alutsista Canggih

Upgrade Alutsista; Indonesia datangkan 3 Alutsista Super Canggih. Selamat berakhir pekan sobat relasi SP Collection semuanya. Bagaimanakah kabarmu akhir pekan di bulan Januari ini? masih sibuk kerja atau sudah bersantai ria dengan keluarga di rumah? Ya apapun kegiatanmu akhir pekan ini semoga selalu diberikan kelancaran dan semoga malam cuacanya cerah haha. Pokoknya semua senang lah akhir pekan ini walau tak punya uang hehe.

Di akhir pekan yang indah ini, saya bakal bahas soal berita terbaru terkait kondisi militer Indonesia nih guys. Memang ada apa dengan militer Indonesia? Mungkin sudah banyak yang tahu kalau prajurit militer kita sudah terkenal di seluruh dunia, bahkan baru-baru ini berhasil menjadi juara 1 dan juara umum di ajang perlombaan menembak Internasional. Gak main-main pokoknya prajurit militer kita. Namun, apakah perlengkapan persenjataan kita memadai? Yah mungkin beberapa dari kita mempertanyakan hal tersebut. Karena zaman yang semakin canggih kalau tidak dibarengi dengan persenjataan yang makin canggih juga ya sama saja. Tapi tenang saja, karena baru-baru ini militer melakukan beberapa gebrakan baru dengan mendatangkan beberapa alutsista baru guna semakin memperkuat pertahanan negeri kita tercinta ini. Alutsista apaan sih? Menurut KBBI adalah “Alat Utama Sistem Pertahanan” yang meliputi persenjataan, kendaraan perang, dan lain sebagainya. 

Militer Indonesia baru-baru ini telah mengupgrade banyak alutsista nya untuk memperkuat pertahanan RI dan menyelesaikan beberapa konflik yang tengah dihadapi. Waduh, memang konflik apa yang tengah dihadapi Indonesia saat ini? Yang paling hangat dalam hal sengketa pulau Natuna dengan RRC China. Konflik yang dulunya sempat hangat sekarang makin memanas. Apa gara-gara konflik yang mulai memanas ini, militer Indonesia jadi langsung ingin upgrade alutsista nya? Eiits, Tentu saja tidak. Jauh hari sebelum itu, militer kita sudah upgrade beberapa alutsistanya loh, pasti baru tahu sekarang? Tenang kawan, kita sama hehe. Yuk kita intip beberapa Alutsista terbaru militer Indonesia, apa aja sih?

  1. Helikopter anti kapal selam (AKS) 
Upgrade Alutsista; Indonesia Beli 3 Alutsista Canggih

Helikopter anti kapal selam ini bukan sekedar helicopter biasa. Bisa dibilang kalau helicopter AKS ini benar-benar tidak ‘fair’ loh guys.  Lah kenapa? Karena helicopter ini dilengkapi dengan sonar anti kapal selam. Jadi helikopter ini bisa mendeteksi kapal selam dari jarak beberapa kilometer dan juga dilengkapi sistem anti kapal selam, Nah loh. Artinya apa, Ibarat kita bisa mendeteksi musuh, tapi musuh tidak tahu dan bahkan tidak bisa mendeteksi keberadaan kita. Sudah kayak ‘cheat’ aja nih helikopter AKS. Helikopter AKS ini adalah helicopter jenis panther dengan seri pertama yang belum ada di Indonesia loh guys. Jadi helicopter AKS ini kabarnya merupakan salah satu produk hasil kersama industri antara PTDI (PT Dirgantara Indonesia) dengan Airbus Helicopter, Perancis. Namun untuk desain dan pemasangan masih hasil karya dari PTDI sendiri koq guys. Tak tanggung-tanggung, Indonesia mendatangkan 11 helikopter jenis AKS ini guna memperkuat pertahanan RI. Kebayang kan, bagaimana melesatnya perkembangan teknologi sekarang yang ikut mempengaruh perkembangan alutsista itu sendiri ke level yang tidak disangka-sangka. Bagaimana dengan upgrade alutsista terbaru militer Indonesia lainnya?

  1. Radar Leonardo dengan Jangkauan 400 Kilometer
Upgrade Alutsista; Indonesia datangkan 3 Alutsista Super Canggih. Ada apa nih?

Alutsista kedua yang akan didatangkan Indonesia adalah sebuah Radar dengan kodename Leonardo. Wah jangan salah kaprah ya, ini bukan buatan aktor terkenal Leonardo di Caprio ataupun Leonardo DaVinci. Tapi nama Leonardo ini disematkan karena alutsista ini didatangkan dari Italia. Radar Leonardo ini rencananya akan di pasang di pesisir laut selatan untuk menjaga sistem pertahanan udara disana, menggantikan radar lama yang sudah menua karena sudah dioperasikan sejak tahun 1960 dengan jangkauan deteksinya cuma sampai 300 kilometer, yang dirasa sudah kurang memadai lagi digunakan. Harapannya, radar Leornardo ini bisa semakin memperkuat pertahanan RI, dikarenakan radar medium-range ini kemampuannya sudah mengusung teknologi 3D (tiga dimensi) yang mencakup (Range, Azimuth, Height) dengan jangkauan deteksi hingga 400 kilometer dan ketinggian deteksi mencapai 30.500 meter. Disebut juga kalau radar Leonardo ini bisa mendeteksi rudal balistik dan telah dilengkapi oleh sistem ECM (Electronic Counter Measure) untuk mengantisipasi serangan elektronik bila sewaktu-waktu dibutuhkan. Sehingga apabila ada pesawat terbang asing yang mengudara tanpa izin dan memasuki wilayah territorial Indonesia dengan atau tanpa dilengkapi sistem anti-radar (tak bisa di deteksi oleh radar musuh), maka akan segera terdeteksi. Coba bisa mendeteksi jodoh dari jarak segitu jauh pasti enak tuh, haha curhat jadinya. Rencananya radar Leonardo ini akan siap di operasikan pada tahun 2021 mendatang. Benar-benar radar yang ‘Overpower’ sekali, setuju gak guys?

  1. Helikopter Tempur Canggih Penerbangan 4 Arah
Upgrade Alutsista; Indonesia Beli 3 Alutsista Canggih

Dilihat dari namanya, mungkin bertanya-tanya maksudnya 4 arah ini apa? 4 arah mata angin barat, timur, utara, selatan? Bukan ya hehe, tapi sistem penerbangan avionicnya yang 4 arah. Perlu diketahui kalau Helikopter dengan jenis seri Bell 412 ini merupakan produk kerjasama antara PT Dirgantara Indonesia PTDI dengan Bell Textron Inc perusahaan asal AS (Amerika Serikat). Peran PTDI disini sebagai perakit helicopter dan juga persenjataannya. Untuk persenjataan yang berupa gattling gun didatangkan dari Dillon Aerospace, sedangkan pelurunya didatangkan PT Pindad (Persero) yang sudah diakui kualitas nya oleh dunia Internasional, Wow merinding jadinya nih. Kabarnya helikopter tempur ini sudah dilengkapi dengan sistem penghidupan secara otomatis dan mampu mencegah mesin terlalu panas pula. Kapasitas bahan bakar yang dimiliki oleh helikopter tempur Bell ini pun terbilang besar, sehingga bisa terbang sejauh 678 kilometer selama empat jam, dengan asumsi kecepatan jelajah mencapai 235 kilometer/jam. Kira-kira dengan pesawat tempur lebih cepat mana nih guys? Untuk fitur canggih helikopter Bell terakhir adalah tentang penerbangan 4 arahnya. Dari segi avionik atau sistem elektronik penerbangannya, kokpit Bell 412 ini seluruhnya terbuat dari kaca, semoga gak pada kepentok ya kepala para prajuritnya pas sedang di kokpitnya ya, haha, bercanda ndan. Helikopter ini juga dirancang agar mudah disesuaikan dengan fitur-fitur tambahan seperti radar cuaca, radar pencari, laporan radar siaran secara otomatis, dan radar inframerah. Sudah seperti helikopter super canggih di film-film James Bond dan Mission Impossible aja ya guys. 

Sebenarnya masih banyak lagi alutsista-alutsista yang didatangkan oleh militer Indonesia. Semata-mata bukan hanya untuk sekedar menambah persenjataan militer baru, namun juga bertujuan untuk upgrade alutsista lama kita yang sudah tua dan kurang memadai lagi. Sebagai seorang prajurit militer, perlengkapan dan persenjataan perang bukan hanya harus memadai tetapi juga harus kita upgrade loh guys. Kendaraan tempur aja di sudah di-upgrade, masa’ perlengkapan sepatumu nggak? Waduh jangan sampai perlengkapan sepatumu sekarang menghambat dinas kerjamu ya guys. 

Bingung nyari cari sepatu kulit militer PDL PDH yang 2x lipat lebih kuat, awet, dan lebih ringan dari sepatu jatah biasa? Atau yang berukuran size besar. Gak usah bingung, SP Collection menyediakan banyak pilihan jenis sepatu kulit militer dan POLRI dari PDL, PDH, Safety, Tunggang, maupun Pantofel. Sepatu militer SP Collection tersedia ukuran atau size besar sampai size 47. Dengan Kualitas 2x lipat lebih kuat, awet dan lebih ringan. Dengan harga lebih terjangkau. Kami juga melayani pengadaaan sepatu jatah dalam jumlah besar. Jangan sampai telat mengupgrade sepatu kerjamu ya guys.

SP Collection, Setia Menemani Setiap Langkah Anda.

This Post Has One Comment

Leave a Reply