Tips Seleksi Satpol PP

Tips Seleksi Satpol PP

Tips Seleksi Masuk Satpol PP; Satuan Polisi Pamong Praja, disingkat Satpol PP, adalah perangkat Pemerintah Daerah dalam memelihara ketentraman dan ketertiban umum serta menegakkan Peraturan Daerah. Organisasi dan tata kerja Satuan Polisi Pamong Praja ditetapkan dengan Peraturan Daerah. Satpol PP dapat berkedudukan di Daerah Provinsi dan Daerah Kabupaten/Kota.

-Di Daerah Provinsi, Satuan Polisi Pamong Praja dipimpin oleh Kepala yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Gubernur melalui Sekretaris Daerah

-Di Daerah Kabupaten/Kota, Satuan Polisi Pamong Praja dipimpin oleh Kepala yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati/Wali kota melalui Sekretaris Daerah

Polisi Pamong Praja didirikan di Yogyakarta pada tanggal 3 Maret 1950 moto Praja Wibawa, untuk mewadahi sebagian ketugasan pemerintah daerah. Sebenarnya ketugasan ini telah dilaksanakan pemerintah sejak zaman kolonial. Sebelum menjadi Satuan Polisi Pamong Praja setelah proklamasi kemerdekaan di mana diawali dengan kondisi yang tidak stabil dan mengancam NKRI, dibentuklah Detasemen Polisi sebagai Penjaga Keamanan Kapanewon di Yogjakarta sesuai dengan Surat Perintah Jawatan Praja di Daerah Istimewa Yogyakarta untuk menjaga ketentraman dan ketertiban masyarakat. Pada tanggal 10 November 1948, lembaga ini berubah menjadi Detasemen Polisi Pamong Praja

(tips seleksi satpol pp)

Tugas Pokok:

-Melaksanakan pemeliharaan dan penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum, menegakkan peraturan daerah dan peraturan bupati

Fungsi:

-Penyusunan program dan pelaksanaan ketentraman dan ketertiban umum, penegakan peraturan daerah dan peraturan bupati

-Pelaksanaan kebijakan pemeliharaan dan penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum di daerah

-Pelaksanaan kebijakan penegakan peraturan daerah dan peraturan bupati

-Pelaksanaan koordinasi pemeliharaan dan penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum, serta penegakan peraturan daerah dan peraturan bupati dengan aparat kepolisian republik indonesia, penyidik pegawai negeri sipil

(PPNS) dan/atau aparat lainnya

-Pembinaan terhadap masyarakat yang memahami dan mentaati peraturan daerah dan peraturan pemerintah

(tips seleksi satpol pp)

Test Seleksi Masuk Satpol PP

Seleksi penerimaan anggota Satpol PP akan melalui empat tahap. Kabid Pengembangan Sumber Daya Satpol PP Surabaya Febri menerangkan, tahapan itu akan menjaring ratusan pelamar yang layak bergabung bersama Satpol PP. “Kami mencari mereka yang bermental pengabdi pada negara atau Pemkot”. Katanya saat ditemui di kantornya. Keempat tahapan seleksi itu meliputi:

1. Seleksi Administrasi.

Tahapan seleksi ini pelamar akan dimintai berkas persyaratan yang telah diumumkan oleh pihak Satpol PP. Ada tujuh berkas yang wajib dilampirkan, berkas itu nantinya akan diverifikasi kesesuaiannya. “Kami akan cek berkasnya, sesuai atau tudak, kalau tidak kami suruh melengkapi,” tegasnya.

2. Seleksi Melalui Tes Kesegaran Jasmani Samapta.

Para pelamar akan diuji ketahanan fisiknya menjalani serangkaian tes fisik. Meliputi; Lari keliling lapangan, push-up, sit-up, pull-up, dan lari speed test. “Fisik juga penting, kami akan lihat seberapa kuat ketahanan fisik mereka,” kata Febri.  Adapun isi dari tes fisik ini adalah dinilai kemampuan anggota dalam menjalankan Peraturan Baris-Berbaris, Peraturan penghormatan militer dan ketahanan fisik, ini yang di ujikan. Rangkaian tes, setiap anggota dibagi dalam sub-sub kelompok sehingga mereka diawasi dan dinilai oleh para seniornya sendiri. Terkait kemampuan untuk memahami gerakan-gerakan dasar dari Peraturan Baris Berbaris, peraturan penghormatan militer yaitu gerakan di tempat dan gerakan berjalan serta ketahanan fisik.

3. Tes Psikologi

Mengingat perekrutan ini tidak dipungut biaya, ada pemberlakuan sistem tes psikologi secara khusus. Yakni para peserta melakukan pembayaran langsung ke Biro Psikologi yang ditunjuk. Menurut Febri, bagi peserta yang dinyatakan lulus uji Samapta atau kebugaran jasmani, tidak akan dipaksa mengikuti tes psikologi tersebut. Namun bagi peserta calon anggota yang sengaja tidak mengikuti tes psikologi, dinyatakan mengundurkan diri. “Tes itu akan melihat kepribadian dan emosi dari peserta. Hal itu penting saat melakukan penertiban,” lanjutnya. Proses tes tertulis ini sangat panjang, dari sebelumnya dilakukan seleksi kelengkapan administrasi, tes kesehatan dan Samapta. Untuk itulah, para peserta diminta fokus mengerjakan soal-soal yang telah disiapkan panitia. Untuk soal yang dibe-rikan sebanyak 100 butir yang berisi materi tentang ilmu umum, serta ilmu kepamongan. Akan di seleksi secara ketat dan murni berdasarkan hasil tes dan tanpa ada dipungut biaya.

4. Wawancara Bersama Jajaran Pemimpin

Tes yang harus diikuti oleh Satpol PP terdiri dari dua jenis yaitu tes tertulis dan wawancara. Maria mengatakan tes yang diberikan kepada Satpol PP berkaitan dengan kegiatan mereka sehari-hari. Seperti tentang koordinasi penegakan perda, pengendalian massa, patroli, mobilisasi perlindungan masyarakat, pendataan dan pelatihan satuan perlindungan masyarakat. Sesi wawancara ini akan memverifikasi data kembali peserta. Benar atau tidak, bisa juga lihat kesungguhannya bekerja di institusi ini nantinya.

Trik Seleksi Masuk Satpol PP

Meskipun berkualifikasi pendidikan SLTA, namun untuk menjadi personil Satpol-PP ini tidak sembarangan lulusan SLTA, melainkan yang memiliki latar belakang sebagai atlet berprestasi.

“Untuk tenaga bantuan Satpol-PP, memang disyaratkan adalah atlet berprestasi, nanti mereka juga akan mengikuti tahapan seleksi,” kata Kasubit Perencanaan dan Pengadaan Pegawai Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Babel, M Erisco Nurahman.

Dikutip dari laman website resmi BKPSDM bkpsdmd@babelprov.go.id, disebutkan kategori pelamar dengan kriteria atlet berprestasi merupakan pelamar yang memiliki prestasi nyata dengan medali, baik di tingkat provinsi, kabupaten/kota, nasional maupun internasional.

Adapun event olahraga yang pernah diikuti, antara lain:

1) Asian Games, Olimpiade, atau Kejuaraan Asia/Dunia Senior cabang olahraga yang merupakan kalender tetap/resmi dan diselenggarakan oleh Federasi Internasional cabang olahraga, minimal sebagai peserta;

2) Pekan Olahraga SEA Games, atau Kejuaraan Regional/ASEAN Senior cabang olahraga yang merupakan kalender tetap/resmi dan diselenggarakan oleh Federasi Regional cabang olahraga, minimal sebagai Peserta;

3) Pekan Olahraga Nasional (PON) atau Kejuaraan Nasional Senior, cabang olahraga yang merupakan kalender tetap/resmi dan diselenggarakan oleh induk organisasi cabang olahraga, sebagai peserta.

4) Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) atau Kejuaraan Tingkat Provinsi Senior cabang olahraga yang merupakan kalender tetap/resmi dan diselenggarakan oleh induk organisasi cabang olahraga, minimal sebagai Juara III/Medali Perunggu;

5) Pekan Olahraga Pelajar Daerah atau Kejuaraan Tingkat Provinsi cabang olahraga yang merupakan kalender tetap/resmi dan diselenggarakan oleh Federasi Regional cabang olahraga, minimal juara II/Medali Perak;

6) Pekan Olahraga Pelajar Daerah atau Kejuaraan Tingkat Kabupaten/Kota cabang olahraga yang merupakan kalender tetap/resmi dan diselenggarakan oleh induk organisasi cabang olahraga, minimal sebagai juara I/Medali Emas.

Erisco menyebutkan, untuk  pelamar jabatan bantuan satuan polisi pamong praja memiliki tinggi badan minimal 160 cm untuk pria dan minimal 155 cm untuk wanita serta memiliki keserasian berat badan dan tinggi badan sesuai indeks massa tubuh.

Nah, diatas anda telah memahami profesi Satpol PP beserta test seleksi masuknya, yang belakangan ini makin popular di kalangan masyarakat sebagai alternatif kalau belum beruntung dalam seleksi masuk menjadi prajurit TNI Republik Indonesia. Namun, beberapa remaja juga lebih memilih menjadi Satpol PP karena dirasa lebih dekat dengan tempat tinggalnya, berbeda dengan dinas lapangan prajurit militer yang selalu identik jauh dari keluarga. Semoga tips dan trik diatas bermanfaat untuk mempermudah jalan anda menjadi anggota keluarga Satpol PP (Satuan Polisi Pamong Praja) Indonesia.

CV Support Priority Indonesia/SP Collection Adalah Produsen Sepatu PDL PDH Safety Tunggang Untuk TNI-POLRI-Dishub-Satpol PP-DAMKAR-Instansi dan Perusahaan Swasta. Melayani Pembelian sepatu secara Ecer, Grosir dan Pengadaan. Dapatkan Harga Khusus untuk Pengadaan diatas 500 pasang s/d 1000 pasang sepatu PDL-PDH-Safety.

Leave a Reply