Menjadi Satpam Profesional

Menjadi Satpam Profesional

Tips Menjadi Satpam Profesional; Satuan Pengamanan atau sering juga disingkat Satpam adalah satuan kelompok petugas yang dibentuk oleh instansi/proyek/badan usaha untuk melakukan keamanan fisik dalam rangka penyelenggaraan jasa keamanan swakarsa di lingkungan kerjanya. Seorang Satpam harus tahu dan paham mengenai tugas, fungsi dan peranannya agar mampu menjalankan tugasnya dengan baik dan benar. Namun selain itu dalam menjalankan tugasnya, sebagai seorang satpam, ada beberapa hal yang harus dipahami dan dijalankan terutama menyangkut perilaku dan sikap yang harus dimiliki oleh seorang satpam. Agar proses berjalannya pekerjaan seorang satpam tersebut sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku dan menjadikan seorang satpam lebih berkualitas dan profesional. Berikut ini adalah beberapa sikap dan perilaku yang harus di perhatikan untuk seorang satpam:

1. Memelihara kebersihan badan :

-Jambang dan jenggot sebaiknya dicukur habis dan bersih.

-Pakaian dan penampilan rapi,bersih sesuai ketentuan tentang seragam satpam.

-Rambut dan kumis dicukur rapi.

2. Ulet, sabar, tabah dan percaya diri dalam menjalankan tugas.

3. Menaati peraturan dan menghormati norma-norma yang berlaku didalam lingkungan/area kerja.

4. Bisa menjaga rahasia yang dipercayakan kepadanya dan tidak menyebarkan berita yang salah atau belum pasti kebenarannya.

5. Bertindak tegas, jujur, berani, adil dan bijaksana dalam mengambil keputusan.

6. Cepat tanggap (Responsif) dalam memberikan perlindungan/pengamanan pada lingkungan tempat kerjanya dan berani mengambil keputusan yang terbaik namun sesuai dengan aturan yang berlaku.

7. Mampu bersosialisasi terhadap lingkungan baik di dalam atau pun diluar area tugas dan sekitarnya.

8. Melindungi aset dan orang yang ada di lingkungan kerja.

9. Menghormati dan menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia.

10. Tidak menonjolkan kepentingan pribadi dan mencampuri urusan/bidang lain yang tidak ada sangkut-pautnya dengan tugas.

11. Memiliki rasa kebanggaan dan semangat serta senantiasa menjaga nama baik perusahaan dilingkungan kerja.

12. Pelayanan dengan konsep 5 S (Salam, Senyum, Sapa, Sopan dan Santun).

13. Mengikuti aturan perusahaan dengan baik dan benar, berkomunikasi serta menjalin hubungan yang baik dengan siapa saja yang ada di area kerja.

14. Memiliki bahasa tubuh yang positif, dengan memberikan contoh sikap yang sesuai dengan aturan perusahaan. Secara otomatis lingkungan juga akan menjadi positif dan berpengaruh kepada jalannya perusahaan.

15. Memberikan kesan yang membantu kenyamanan dan keamanan. Jika ada konsumen atau karyawan perusahaan yang membutuhkan bantuan, satpam dengan senang hati melayani tanpa kehilangan identitas sebagai penjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan kerja.

16. Memiliki kemampuan atau keterampilan dalam menggunakan peralatan yang berhubungan dengan bidang pekerjaan.

17. Mampu bekerja dalam tim, selalu berkoordinasi dengan baik. Karena satpam tidak bisa bekerja sendirian, dan untuk menjadi satpam profesional harus bekerjasama dengan rekan kerja lainnya. Agar proses pengamanan berjalan sesuai dengan fungsinya.

18. Cepat tanggap terhadap setiap kejadian juga permasalahan yang timbul dilingkungan kerja. Seorang satpam profesional akan cekatan dan sigap jika terjadi suatu konflik permasalahan di area kerjanya, membaca situasi yang sedang terjadi serta hal apa yang harus dilakukan untuk menyikapi permasalahan tersebut.

Tips Menjadi Satpam Yang Profesional

Jika seorang satpam sudah mempunyai sikap dan perilaku seperti yang disebutkan diatas, maka satpam tersebut bisa dibilang sebagai satpam yang mempunyai sikap baik dan sangat layak disebut sebagai satpam yang profesional. Tetapi dengan begitu seorang satpam harus tetap konsisten dalam bersikap, jangan hanya di awal karir atau pada saat tertentu saja. Namun sikap profesional seorang satpam harus selalu dilakukan, kapanpun dimanapun dan pada saat apapun. Semakin tinggi jabatan seorang satpam, sikap profesional harus semakin lebih baik lagi dan tanggung jawab yang akan dihadapi juga akan semakin banyak. Contohnya dengan menjadi chief atau danru, sebagai seorang satpam yang baik harus memberi contoh kepada anggotanya. Maka dari itu sikap diatas harus tetap dijaga dengan baik oleh seorang satpam.

Fungsi satpam yang aslinya adalah untuk menjaga kemanan wilayah dalam dan luar area kerja,sebagai perpanjangan tangan POLRI. Saati ini satpam di perusahaan perannya telah berkembang menjadi frontliner yang membantu pelayanan perusahaan. Satpam tidak hanya diperlukan untulk melaksanakan pengamanan yang sifatnya fisik, tetapi juga telah berkembang perannya untuk melengkapi pelayanan perusahaan dengan konsep 5 S (Salam, Senyum, Sapa, Sopan dan Santun). Untuk menjadi satpam yang profesional, seorang satpam harus meningkatkan pengetahuan, kompetensi, kemampuan dan keterampilan guna menunjang tugas pelaksanaan di lapangan, seiring perkembangan ilmu dan pengetahuan serta teknologi saat ini.

  1. Penampilan yang bersih dan rapih, serta berseragam lengkap adalah salah satu contoh awal seorang satpam yang profesional.
  2. Membiasakan diri untuk mengikuti aturan perusahaan dengan baik dan benar, berkomunikasi serta menjalin hubungan yang baik dengan siapa saja yang ada di area kerja akan sangat membantu mewujudkan fungsi satpam yang profesional.
  3. Memiliki bahasa tubuh yang positif, dengan memberikan contoh sikap yang sesuai dengan aturan perusahaan. Secara otomatis lingkungan juga akan menjadi positif dan berpengaruh kepada jalannya perusahaan.
  4. Memberikan kesan yang membantu kenyamanan dan keamanan. Jika ada konsumen atau karyawan perusahaan yang membutuhkan bantuan, satpam dengan senang hati melayani tanpa kehilangan identitas sebagai penjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan kerja.
  5. Satpam yang mendapatkan pembinaan dibidang pendidikan dan pelatihan, akan memiliki ilmu kemampuan dasar sebagai satuan pengamanan. Pengalaman dan tugas yang cukup, dapat menjadikan satpam yang profesional.
  6. Memiliki kemampuan atau keterampilan dalam menggunakan peralatan yang berhubungan dengan bidang pekerjaan.
  7. Mampu bekerja dalam tim, selalu berkoordinasi dengan baik. Karena satpam tidak bisa bekerja sendirian, dan untuk menjadi satpam profesional harus bekerjasama dengan rekan kerja lainnya.
  8. Agar proses pengamanan berjalan sesuai dengan fungsinya. Cepat tanggap terhadap setiap kejadian juga permasalahan yang timbul dilingkungan kerja. Seorang satpam profesional akan cekatan dan sigap jika terjadi suatu konflik permasalahan di area kerjanya, membaca situasi yang sedang terjadi serta hal apa yang harus dilakukan untuk menyikapi permasalahan tersebut.

Nah diatas anda telah mendapatkan banyak tips untuk menjadi bekal menjadi seorang satpam yang professional. Apabila profesi anda sekarang adalah seorang satpam atau security, baik junior ataupun senior, siapa tahu tips-tips diatas bermanfaat untuk meningkatkan kinerja anda menjadi seorang satpam atau security di tempat dan lingkungan anda bekerja menjadi semakin berkembang dan lebih profesional lagi. Masih berkaitan dengan menjadi seorang satpam atau security profesional, otomatis anda pasti juga membutuhkan perlengkapan yang profesional pula, misalnya adalah sepatu PDL Security atau satpam. CV Support Priority Indonesia/SP Collection menawarkan sepatu PDL Security dengan kualitas profesional namun harga paling ekonomis. Yakni PDL Wan Carlit.

tips menjadi satpam profesional

Konsultasikan kebutuhan sepatu anda atau cara pemesanan sepatu nya dengan tim CS kami di 0822 8182 7374 atau Klik Disini. Kami sebagai Produsen Sepatu Militer POLRI Safety Security Dishub dll. Melayani pemesanan Sepatu PDL PDH Safety Kulit Asli maupun Sintetis secara Ecer, Grosir, dan Pengadaan. Dapatkan harga khusus untuk pemesanan/pengadaan diatas 500 pasang sepatu s/d 1000 pasang sepatu keatas.

Leave a Reply