Tips Memilih Kain Seragam

Tips Memilih Kain Seragam

Tips memilih kain untuk seragam PDL dan PDH Anda; Dengan semakin menjamurnya penerimaan CPNS dan juga peserta yang lolos menjadi seorang pegawai negeri. Baik dari instansi negeri maupun militer, alhasil jumlah permintaan untuk seragam PDL pun ikut meningkat. Mungkin yang kita tahu bahwa seragam PDL sudah termasuk fasilitas jatah yang otomatis didapatkan dari pemerintah ketika diangkat menjadi seorang Pegawai Negeri. Namun, tak jarang beberapa pegawai lebih suka menjahit seragam PDL nya sendiri, hal tersebut disebabkan oleh beberapa factor, yakni kain seragam PDL/PDH panas, size atau ukuran seragam PDL/PDH jatah yang didapatkan dari pemerintah sering tidak muat, dan lain sebagainya yang lebih menuntut kepada kepuasan dan kenyamanan pribadi. Karenanya, pembuatan kemeja atau seragam PDL PDH ini harus memperhatikan bahan. Pasalnya, ada banyak bahan yang bisa dipilih, namun anda harus memilihnya dengan cermat.

Sebelum melangkah ke bahan kain dan tips memilihnya, ada baiknya kita mengenal dan menyadari terlebih dahulu perbedaan antara seragam atau kemeja PDL dan PDH itu sendiri. Karena sejatinya baik kemeja PDL maupun kemeja PDH memiliki perbedaan baik dari kain maupun fungsinya.

Apa Saja Perbedaan Kemeja PDL dan PDH

Sebagaimana anda ketahui, Kemeja menjadi pakaian paling nyaman untuk bekerja dan sebagai pengganti kaos untuk kegiatan sehari-hari. Jenis pakaian ini bisa berupa berlengan panjang maupun pendek. Untuk PDL dan PDH sendiri, memiliki perbedaan mendasar. Perbedaan tersebut ialah dari fungsi kedua jenis pakaian tersebut. PDH adalah Pakaian Dinas Harian. Sedangkan PDL adalah Pakaian Dinas Lapangan. Dari namanya kita tahu bahwa penggunaan kemeja tersebut tidak sama. PDH banyak dipakai untuk kegiatan yang ada di kantor atau di dalam ruangan. Sedangkan PDL untuk aktivitas-aktivitas di luar yang dipakai di medan berat, seperti traveler. Untuk kain, PDH banyak memilih jenis American Drill Verlando karena sifatnya yang formal namun tetap elegan.  Berbeda dengan PDH, kemeja PDL banyak memilih bahan American Drill Bulltop layaknya seragam TNI yang relatif tebal dengan teksturnya yang kasar dan kuat.

Kemeja PDL

Dari bahan dan polanya, kemeja PDL sangat nyaman untuk tugas-tugas lapangan di luar kantor. Kemeja ini memiliki ciri khas sebagai berikut:

-Kain tebal dan kuat

-Bisa dikombinasikan dengan batik atau kain lain

-Terdapat skoder atau lencana di pundak

-Memiliki tai pengait di lengan

-Memiliki kantong

-Memiliki ventilasi di bagian belakang baju

-PDL untuk perusahaan atau instansi pemerintahan tertentu mencamtukan logo atau nama instansinya juga. Pakaian ini sekaligus menjadi identitas dari seorang pekerja atau karyawan lengkap dengan celana dan atributnya.

Kemeja PDH

Untuk pakaian dinas harian, seperti pegawai PNS, POLRI, Dishub, Linmas, dan Damkar, pemiihan baju PDH bisa jadi rekomendasi. Instansi maupun perusahaan swasta juga banyak yang memilih jenis kemeja tersebut. Sebenarnya, PDH tidak terlalu berbeda dengan PDL. Hanya saja, PDH dipilih dari kain yang nyaman dan tak setebal kain PDL. Kain PDH bisa lebih halus untuk menampilkan kesan rapi dan juga elegan. Kemeja ini juga memiliki kantong, kerah, dan juga kancing bagian depan. PDH ada juga yang berlengan panjang maupun pendek dengan logo perusahaan terkait. Hal ini memudahkan masyarakat dalam mengenali instansi tersebut.

(tips memilih kain seragam PDL PDH)

JENIS-JENIS KAIN KEMEJA PDL DAN PDH

PDL atau Pakaian Dinas Lapangan begitu umum dipakai dengan berbagai pilihan kain hingga warna. Bagi perusahaan maupun instansi yang membuat juga turut memberikan identiats perusahaan di bagian kemeja. Berbeda dengan kemeja PDL terbaik yang kuat dan kasar yang umumnya dibuat agar menunjang pekerjaan di lapangan, maka kemeja PDL cenderung lebih lembut karena fungsinya sendiri sebagai pakaian kerja harian di ruangan atau di lapangan. Untuk menunjang pekerjaan agar tetap nyaman, maka jenis kain adalah faktor penting. Berikut ini pilihan kain untuk PDL paling umum digunakan:

  • Japan Drill: Kemeja PDL terbaik umumnya memakai Japan drill. Karakter kain ini ialah kuat dan tebal. Selain cocok untuk pakaian dinas di ruangan, juga cocok untuk pakaian dinas di lapangan. Kain ini memiliki kompoisis dari katun dibandingkan polyster sehingga lebih nyaman dipakai.
  • American drill: Sebagai bahan segaram dinas dan kerja, American drill dibuat dari campuran polyster dan katun. Sebagai seragam PDL, inilah jenis kain yang paling banyak digunakan.
  • Taipan Drill: Ciri khas kain ini ialah teksturnya yang lentur dan tak mudah kusut. Seagam PNS dan juag dinas pemerintah hingga swasta banyak yang memilih kain ini dengan berbagai pilihan warna yang ada.
  • Polyester: Variasi kain ini ada banyak.  Ada yang dikelompokkan ke dalam low twist hingga high twist. Salah satu kain yang jadi favorit untuk PDL ialah bahan twist yang halus namun berbobot dan memiliki ketahanan yang tinggi.
  • Twill cotton: Permukaan kain ini memiliki ciri yang sama dengan drill yaitu diagonal. Karakter kain awet dan kuat. Bukan hanya PDL, twill cotton juga cocok untuk pakaian dinas lapangan dan jaket.
  • Kanvas: Kain ini termasuk ke dalam jenis katun dan linen. Sebagai PDL, kanvas sangat nyaman dipakai untuk bekerja di dalam ruangan. Umumnya sebagai pilihan terbaik PDL, kanvas marsoto dan oxford banyak dipilih.

CARA CEPAT DAN TEPAT MEMILIH KAIN UNTUK KEMEJA PDL DAN PDH TERBAIK

Sebagai pakaian dinas atau pakaian kerja, PDL haruslah dibuat menunjang pekerjaan tersebut. Pemilihan kain di atas bukan hanya didasarkan pada warna yang sesuai dengan tonality (perbedaan tone / tebal tipisnya warna) perusahaan. Akan tetapi ada lebih banyak pertimbangan dalam memilih kain kemeja PDL terbaik tersebut, antara lain:

  1. Perhatikan kualitas kain: Kualitas bisa dijadikan faktor utama dan pertama dalam memilih PDL. Sebagai pakain dinas, pakaian kerja yang nyaman akan mendukung kelancaran kerja. Jika tidak memiliki pengetahuan akan pemilihan kain, dapatkan saran terbaik dari konveksi murah kemeja PDL surabaya pakaian karena lebih berpengalaman.
  2. Perhatikan kenyamanan kainnya: Kain harus sesuai dengan lingkungan kerja. Apakah tempat bekerja cenderung panas, dingin, ber AC atau di lapangan menjadi pertimbangan tersendiri. Sebgai contoh, untuk lokasi yang panas, akan lebih baik memilih kain yang menyerap keringat.
  3. Perhatikan harga kain: Harga adalah hal penting. Karena masing-masing kain memiliki patokan harga berbeda. Harga ini juga bisa mempengaruhi kualitas kain kemeja terbaik. Makin bagus dan halus maka makin mahal pula harganya

(tips memilih kain seragam PDL PDH)

Itulah beberapa hal penting dalam memilih kain untuk pakaian dinas harian atau lapangan yang terbaik. Selain itu, liat pula konveksi seragam PDL surabaya pakaian dimana kita memesan. Untuk memiliki kemeja PDL yang paling bagus tentu harus di konveksi surabaya yang terbaik. Pilihlah berdasarkan kredibiltas, pengalaman, dan berbagai desain yang ditawarkan. Apakah sudah menentukan kain mana yang cocok untuk seragam PDL atau PDH anda? Kalau anda sudah tahu ada baiknya anda juga menyiapkan sepatu PDL dan PDH nya juga supaya persiapan dan perlengkapan anda semakin lengkap, aman serta nyaman dalam bekerja atau melakukan tugas dinas harian. Support Priority Indonesia atau SP Collection punya saran untuk anda mendapatkan info sepatu PDL dan PDH yang berkualitas dari kulit sapi asli unggulan dengan harga dibawah pasaran. Nih, Tipsnya, BACA DISINI

This Post Has 16 Comments

  1. zhr

    kasih info cara membersihkan noda membandel di seragam dong… kan biasanya susah ilangnya tuh

    1. SP Collection

      Pake sabun batangan, atau kasih perasan jeruk nipis dan baking soda kak, terima kasih kak atas kunjungannya ^_^

  2. zhr

    makasih infonya min 😉

  3. Indi

    Informatif sekali 👍🏽

  4. Matthew

    Wahh mantap nih untuk persiapan ikut akpol

    1. SP Collection

      iya kak, semoga bermanfaat. Terima kasih kunjungannya kak ^_^

  5. edy

    bagus infonya,lain kali bahas K3 donk min

    1. SP Collection

      siap kak, ditunggu nanti di postingan kita selanjutnya ya kak. Terima kasih atas kunjungannya ^_^

  6. Yuliwidia

    Sip min 👍.. jadi nambah pengetahuan

    1. SP Collection

      Semoga bisa bermanfaat kak, terima kasih atas kunjungannya kak ^_^

  7. Nita

    Infonya sangan membantu saya yang selama ini terima2 aja tanpa bisa membedakan kualitas dan hal detail mengenai kain apalagi untuk seragam maupaun pdh
    Terimakasih banyak untuk info bermanfaatnya
    Ditunggu info2 bermanfaatnya lagi dilain waktu

    1. SP Collection

      Semoga bermanfaat kak. Terima kasih atas kunjungannya 😊

  8. Wawan

    Mau tanya untuk bahan pdl loreng TNI,,
    Nama bahanya apa ya

    1. SP Collection

      Maaf baru balas gan, Biasanya kalau gak ponco ya velbed gan, tergantung kebutuhan masing-masing orang gan biasanya hehe

Leave a Reply