Pasukan Teraneh Sejarah Militer

Pasukan Teraneh Sejarah Militer

7 Pasukan Teraneh dalam Sejarah Militer Dunia; Sejarah militer memiliki usia yang sangat panjang. Salah satu teks sejarah lama Histoire de la guerre du Peloponnese (Sejarah Perang Peloponesos) yang ditulis Thucydide abad ke-5 merupakan sejarah militer. Setelah tahun 1870 miningkatnya minat Perancis terhadap sejarah militer, dengan alasan sebagai berikut; Pertama, dalam rangka mengenang kemenangan tentara terhadap musuh. Kedua, pentingnya pengkajian strategi militer. Yayasan La Sabretache yang didirikan untuk mengumpulkan benda-benda yang berhubungan dengan kemiliteran menjadi cikal bakal Museum Tentara di Perancis tahun 1896.

Sejarah Militer Paling Kuno Dipercaya berasal dari suku Aztek. Masyarakat Aztek memiliki sistem kelas yang bertingkat dan kaku yang mana tiap kelas atau kasta memiliki peranan yang dirancang untuk mendukung militer Aztek. Dengan demikian peperangan menjadi penopang utama bagi ekonomi dan agama Aztek. Kekaisaran Aztek diatur dengan pemerintahan terpusat yang kuat yang dipimpin oleh kaisar. Di bawah kaisar, ada kelas pendeta dan prajurit, yang terdiri atas para bangsawan yang memiliki status tinggi dalam masyarakat Aztek. Para prajurit ini menjadi inti profesional dalam pasukan Aztek dan diberi pangkat berdasarkan prestasi mereka dalam pertempuran. Sebagian besar tentara Aztek merupakan wajib militer, yang berasal dari kalangan rakyat jelara. Setiap pria Aztek harus mampu menjadi prajurit dan menjalani pelatihan militer dasar sejak usia muda, meskipn kelak mereka bisa saja menjadi pedagang, perajin, atau petani. Prestasi militer, terutama membawa tawanan perang, merupakan satu-satunya cara untuk meningkatkan kelas sosial bagi rakyat jelata. Militer Aztek dan Mesoamerika berkembang ke arah yang sangat berbeda dan menarik dibanding yang berkembang di Dunia Lama (Afro-Eurasia). Perkembangan militer Aztek menghasilkan banyak persenjataan dan siasat yang unik, efektif, dan kejam.

Dalam perkembangan zaman yang semakin pesat, akhirnya dari masa ke masa bermunculan pasukan-pasukan militer berbakat dan berkembang dari berbagai Negara. Namun, ternayat ada juga beberapa pasukan atau prajurit khusus yang dibentuk secara khusus pula. Ada yang dinamai prajurit hantu. Apa itu? Sejarah tak hanya mencatat peristiwa besar saja. Hal-hal unik pun tercatat dalam perjalanan hidup manusia di dunia. Salah satu yang jarang diperbincangkan adalah kehadiran kelompok prajurit dengan tugas aneh ataupun karakteristik yang tidak umum di dunia ini. Ada pasukan yang dibentuk dengan dana yang tak sedikit, tapi hanya untuk “pajangan”. Ada juga yang dinamakan prajurit hantu, apakah kelompok pasukan zombie?, juga ada yang namanya pasukan abadi, dimana pasukan ini tidak pernah berkurang jumlahnya disetiap peperangan, baik sebelum maupun setelah jalannya perang. Yuk simak info lengkapnya yang telah dirangkum oleh Tim Support Priority Indonesia (Perusahaan Sepatu Kulit Militer POLRI Safety Medis Big Size) di bawah ini:

7 Pasukan Teraneh dalam Sejarah Militer Dunia

1. Batalion Raksasa Potsdam

Raja Frederick William I dari Prussia memiliki obsesi yang aneh terhadap pasukan militernya. Dia mengumpulkan orang-orang dengan tubuh tinggi besar yang setara pemain basket untuk dijadikan satu batalion. Kelompok tersebut tidak pernah bertempur sama sekali dan semata-mata hanya menjadi koleksi Raja William. Di dalam history.com,  Raja William rela meminta, meminjam, bahkan mencuri untuk mendapatkan prajurit-prajurit tersebut. Dia juga berusaha untuk mengawinkan para prajurit tersebut untuk mendapatkan keturunannya yang besar-besar pula. Batalion raksasa ini dibubarkan oleh anaknya sepeninggal William dikarenakan menghabiskan banyak dana.

2. Berserker, prajurit pengamuk Viking

Dikisahkan dari mitologi Norwegia, kelas petarung berserker atau para pengamuk Viking adalah prajurit paling mengerikan. Mereka bertarung dengan liar dan tanpa kontrol, serta sering tidak mengenakan baju pelindung apa pun. Bahkan orang-orang yang melihat para pengamuk tersebut tampak seperti hewan buas yang lepas dari kurungan. Dikisahkan juga bahwa mereka sering tidak dapat mengontrol emosinya hingga membunuh rekan-rekannya sendiri untuk memuaskan haus darah mereka. Para peneliti mempercayai kemampuan berserker ini dikarenakan adanya pengaruh hipnotis atau penggunaan jamur halusinogen.

3. The 10.000 immortals

Sesuai namanya, The 10.000 immortals berjumlah 10 ribu orang dan datang dari Persia. Mereka menggunakan tombak dan diakui sebagai prajurit terbaik yang pernah ada, langsung di bawah perintah Raja Xerxes. Sebutan abadi tersebut datang dari jumlah mereka yang tidak pernah berkurang ataupun bertambah. Jika ada satu prajurit yang meninggal, entah itu karena sakit atau mati berperang, prajurit tersebut langsung segera digantikan sehingga batalion tersebut tidak pernah sekalipun kurang atau lebih dari 10 ribu.

7 Pasukan Teraneh dalam Sejarah Militer Dunia

4. Prajurit hantu

Kala Perang Dunia II pecah, Amerika pernah memerintahkan para desainer serta ahli suara untuk membangun pasukan bayangan. Mereka terinspirasi dari pasukan hantu Inggris yang berperang di Afrika melawan dan menipu pasukan Jerman dengan menggunakan efek suara dan lainnya. Dengan bermodalkan orang-orang yang kemampuannya setara pekerja di Hollywood, “prajurit hantu” Inggris itu membuat seragam palsu hingga kendaraan boneka yang dilengkapi dengan efek suara yang meyakinkan. Tipu daya pasukan itu dibantu dengan penyebaran informasi yang sengaja dirancang salah untuk menipu mata-mata Nazi. Keberadaan prajurit hantu tidak pernah diketahui hingga seperempat abad setelah Perang Dunia II. Baru pada tahun 1996, prajurit hantu diketahui keberadaannya dan diakui kontribusinya dalam perang tersebut.

5. Pasukan berani mati bernama Gurkhas

Gurkhas terkenal mampu menciptakan kerusakan besar kepada pasukan penjajah Inggris pada 1814. Pasukan Nepal itu terkenal kuat hingga Inggris memilih menjalin kerja sama dengan Nepal demi mendapatkan bantuan kekuatan pasukan Gurkhas. Pasukan Gurkhas memiliki moto “lebih baik mati daripada menjadi pengecut” dan terkenal dengan penggunaan senjata pisau kukri. Mereka juga sangat loyal. Sejarah mencatat jika pasukan Gurkhas memenangkan banyak sekali pertarungan (sekitar 2 ribu pertarungan) pada Perang Dunia I. Hingga sekarang pasukan Inggris masih mengakui Gurkhas dan untuk mendapatkan prajurit terbaik, para pemuda Nepal yang direkrut menjalani proses seleksi dengan berlari sepanjang Himalaya sambil membopong batu 30 kg.

6. Batalion Mormon

Batalion Mormon adalah salah satu kelompok prajurit penjelajah Amerika paling jauh di zaman kolonial. Mereka berkeliling dari Iowa menuju Santa Fe, menyeberangi Arizona dan lanjut ke selatan California. Batalion ini hanya berumur sebentar, yaitu dari 1846 sampai 1847. Setelah itu mereka berpencar untuk bergabung dengan prajurit lainnya.

7. Monuments Men

Ini adalah prajurit yang dispesialisasikan untuk menyelamatkan karya seni di Inggris pada Perang Dunia II. Prajurit yang masuk dalam divisi The Monuments, Fine Arts and Archives ini memindahkan tiap karya seni yang ada di museum untuk menjamin karya-karya tersebut sengaja dirusak oleh tentara musuh. Monuments Men juga berada di depan museum serta gedung-gedung bersejarah untuk memastikan gedung tersebut tidak rusak. Di akhir peperangan, tugas Monuments Men adalah mengembalikan lukisan dan pahatan yang dicuri oleh para Nazi. Hebatnya, kelompok khusus ini menemukan ribuan karya seni yang disembunyikan di kastil dan mengembalikannya kepada pemilik yang sesungguhnya.

Nah, demikain diatas 7 pasukan militer paling aneh dalam catatan sejarah militer dunia. Apakah anda pernah mendengar kisah salah satu dari tujuh pasukan militer teraneh diatas? Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda sobat relasi SP Collection semuanya dimanapun anda berada.

(Source: Idntimes.com)

Leave a Reply