Menjadi Anggota Pemadam Kebakaran

Menjadi Anggota Pemadam Kebakaran

Menjadi Anggota Pemadam Kebakaran; Pada saat terjadi kebakaran, pasukan pemadam kebakaran selalu berada di garda terdepan untuk melindungi nyawa seseorang dan menekan sekecil mungkin kerugian dari dampak bencana kebakaran yang ditimbulkan. Tapi, pemadam kebakaran tugasnya bukan cuma memadam api saat terjadi amukan si jago merah, lho. Seorang pemadam kebakaran ternyata dituntut mampu melakukan pencegahan dan penyelamatan. Upaya pencegahan biasanya dilakukan dengan mengedukasi masyarakat tentang bagaimana cara mendeteksi potensi kebakaran sedini mungkin. Sementara, untuk mengasah keterampilan pasukan pemadam kebakaran, secara rutin ada simulasi penanggulangan bahaya kebakaran di gedung-gedung perkantoran. Selain itu, kesiapsiagaan pasukan pemadam kebakaran tidak hanya dibutuhkan saat terjadi kebakaran, melainkan juga sewaktu-waktu terjadi bencana. Petugas kebakaran juga bertugas untuk melakukan evakuasi terhadap korban banjir, gempa bumi, dan sebagainya. Bahkan, tak jarang pemadam kebakaran juga diminta untuk membantu menyelamatkan hewan. Pemadam kebakaran termasuk profesi paling beresiko di dunia. Dengan pakaian anti panas, helm, dan sepatu boots, para pemadam kebakaran harus bertaruh nyawa untuk masuk ke bangunan yang jadi sumber api. Seorang fireman tidak boleh takut ketinggian dan ruang gelap, kalau bisa juga diharuskan untuk jago berenang, karena sangat mungkin untuk menangani kasus kebakaran di gedung-gedung pencakar langit. Kalau takut dengan ketinggian, supaya nanti anda bisa mencapai lokasi titik kobaran api. Pemadam kebakaran terkadang juga berdinas di unit kebakaran bandara ataupun pelabuhan. Jadi, tidak cuma menangani kebakaran di pemukiman penduduk atau perkantoran saja. Menjadi pasukan pemadam kebakaran harus siap bertugas di manapun dan kapanpun, meskipun tanggal merah. Petugas pemadam kebakaran harus rela jauh dari keluarga terutama saat ditugaskan di hari raya.

Peran dan Tanggung Jawab

-Melakukan pemadaman kebakaran.

-Melakukan penyelamatan jiwa dari ancaman kebakaran dan bencana lainnya seperti gempa bumi, banjir, dan sebagainya.

-Melakukan pencegahan terjadinya kebakaran.

-Memberi sosialisasi dan mengedukasi masyarakat tentang tata cara pencegahan, pemadaman kebakaran, dan penyelamatan.

-Melakukan pemeliharaan sarana dan prasarana pencegahan, pemadaman kebakaran, dan penyelamatan.

-Menyimpan, mendistribusikan, dan mengendalikan logistik.

-Melakukan koordinasi dengan PLN untuk melakukan pemadaman listrik di sekitar lokasi kebakaran.

Pengetahuan dan Keahlian

-Kemampuan kerja tim

-Kemampuan manajerial

-Pengetahuan kegawatdaruratan

-Pengetahuan kebencanaan

-Pengetahuan manajemen bencana

-Pengetahuan teknik evakuasi

-Ketangkasan

-Kesiapsiagaan

menjadi anggota pemadam kebakaran

Jenjang Karier

Pemadam kebakaran umumnya berada dalam naungan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan ataupun Badan Penanggulangan Bencana dan Kebakaran yang dipimpin oleh Kepala Dinas atau Kepala Badan. Kepala dinas/badan ini akan membawahi beberapa kepala bidang dan Unit Pelaksana Teknis (UPT). Para pemadam kebakaran ini merupakan unsur pelaksana teknis dan operasional. Nah, karier seorang pemadam kebakaran akan naik seiring dengan bertambahnya masa kerja. Selain secara fungsional, jenjang karier yang dimiliki pemadam kebakaran juga mengikuti jenjang karier Pegawai Negeri Sipil.

  1. Pelaksana Teknis. Personil pemadam kebakaran setara dengan staf dan pelaksana di lapangan.
  2. Kepala Sub Bidang/Kepala Seksi. Sudah masuk pada fungsi manajerial dan setara dengan eselon 4 pada pemerintahan.
  3. Kepala Bidang. Sudah masuk pada fungsi manajerial dan setara dengan eselon 4 pada pemerintahan.
  4. Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan atau di Badan Penanggulangan Bencana dan Kebakaran

Keperkasaan fisik menjadi aspek paling penting saat rekruitmen anggota pasukan pemadam kebakaran di Pemkot Surabaya. Komandan Regu 3 Peleton 4 PMK Pasar Turi Heri Yanto (48) menuturkan, kecepatan, ketahanan dan kekuatan fisik menjadi tuntunan seorang Petugas PMK dalam menjalankan tugasnya, khususnya di kota Surabaya. “Fisik yang terpenting,  kalau pengetahuan tentang PMK nanti ditempa saat diklat,” katanya. Oleh karena itu, PMK Surabaya akan menyeleksi secara teliti aspek fisik peserta yang melamar ke Kantor PMK Pasar Turi Surabaya.  Perlu diketahui seleksi rekruitmen PMK Surabaya hanya dikhususkan bagi laki-laki berusia minimal 22 tahun dan maksimal 35 tahun. Rekruitmen personel PMK Surabaya akan melalui 2 tahapan seleksi.

Pertama seleksi administrasi. Peserta diminta menunjukkan berkas persyaratan, seperti menunjukkan KTP asli Surabaya, melampirkan bukti Ijazah SMA atau sederajat, menunjukkan Surat Bebas Narkoba dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Bukan cuma itu, ada pengecekkan kondisi fisik,  untuk melihat kondisi fisik peserta apakah terdapat tindik, tatto, dan berkacamata. Kemudian tinggi badan minimal 165 cm dan berat badan ideal sekitar 55 kg. Akan ada nilai tambah bagi peserta yang mampu mengendarai kendaraan roda empat dan memiliki SIM A atau SIM B. “Nanti akan ditanya kemampuannya dan disuruh praktek. Nanti juga diajari mengendarai mobil, karena kami ditarget untuk tiba di lokasi kebakaran kurang dari 7 menit,” lanjutnya. Bagi peserta yang dinyatakan lolos seleksi administrasi. PMK Surabaya akan mengundang para peserta seleksi tahap dua yakni tes ketahanan fisik.

-Peserta akan diminta datang ke Lapangan Thor Jalan Patmosusastro No 32-B, Darmo, Wonokromo untuk menjalaniempat rangkaian tes. Pertama, lari mengelilingi luas lapangan Thor sejauh 400 meter. Dengan target 6 putaran lapangan dalam 12 menit.

-Kedua,  Push-Up sebanyak 40 kali.

-Ketiga,  Sit-Up sebanyak 40 kali.

-Keempat Pull-Up sebanyak 7 kali.

“Khusus pull-up akan sangat berat bila gak berlatih. Kalau lari semua peserta pasti bisa,” tandasnya. Bagi peserta yang tidak mampu menyelesaikan tes ketahanan fisik sesuai target capaian dan waktu yang telah ditentukan. Cita-cita menjadi seorang Perwiro Sableng Pendekar Kapak Anti Geni 112 hanyalah sebatas angan-angan saja.

menjadi anggota pemadam kebakaran

Berikut  syarat menjadi seorang pemadam kebakaran menurut Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulanan Bencana.

  1. Diusahakan Pemuda Secara kriteria, pemuda masih memiliki raga yang kuat. Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana mendorong pemuda untuk mendaftarkan diri menjadi seorang fire fighter yang bertugas dengan hati, bukan cuma mencari uang. Sehingga sikap heroine dan motivasi pengabdian terpatri dalam diri. Bagi perempuan juga bisa lho, biasanya bekerja di balik layar seperti di bagian teknologi dan informasi. Maksimal usia 35 tahun.
  2. Tes Fisik: Setelah lolos tahapan administrasi, calon fire fighter akan dites fisik seperti pada umumnya. Diutamakan bagi mereka yang bisa berenang, memiliki pengetahuan rescue, dan teknik dasar. Utamanya berintegrasi dan sepakat bahwa ini adalah tugas pengabdian. 
  3. Tak kenal waktu Seorang pemadam kebakaran bekerja 24 jam. Artinya tak kenal waktu ketika bencana tengah melanda. Dia harus siap lahir batin kala ada kebakaran tengah malam, atau bencana di siang hari. 
  4. Bertaruh Nyawa Dua anggota petugas DAMKAR pernah meninggal dalam tugas saat mengirim sarapan untuk teman-temannya yang tengah melakukan pendinginan pada kebakaran di sebuah Jalan. Kejadian yang menimpa pukul 23.30 WIB itu membuat para pemadam tidak tidur semalaman. Namanya Iman dan Trisna. Mereka berdua sedang masuk ke area kebakaran, kemudian dinding besar yang tinggi dari atas jatuh menimpa. Alhasil, Iman meninggalkan anaknya yang masih balita, dan Trisna pun tutup usia.

Demikian diatas beberapa tips serta tahapan untuk menjadi seorang Ksatria Biru atau sebutan untuk seorang Petugas Pemadam Kebakaran yang sudah Tim Support Priority Indonesia (Produsen Sepatu PDL DAMKAR Nasional) rangkum untuk anda. Semoga Bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda. Khususnya bagi anda yang berminat untuk bergabung ke kesatuan Petugas Pemadam Kebakaran di daerahmu. Seorang Ksatria Biru yang penuh resiko, selalu standby 24 jam non-stop untuk menaklukan kilatan-kilatan api. Berikut adalah sepatu PDL DAMKAR dari Support Priority Indonesia (SP Collection) yang dibuat dari bahan Kulit Sapi Asli Berkualitas dengan harga terjangkau. Melayani pembelian secara ecer, grosir, dan pengadaan sepatu jatah dalam jumlah besar;

This Post Has 2 Comments

  1. ishak

    Jual sepatu firefighter juga gak min? mau buat persiapan daftar nih

    1. SP Collection

      Kita sedia juga kak sepatu safety untuk DAMKAR. Untuk info model sepatunya dan juga harganya bisa langsung hubungi CS kami di 0822 8182 7374 atau klik disini bit.ly/WebsitelinkCS. Terima kasih atas kunjungannya kak ^_^

Leave a Reply