Peringatan Maulid Nabi

Peringatan Maulid Nabi

Peringatan Maulid Nabi Muhammad; Diawali dengan pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an oleh Serka Mirzalianoor anggota BA Smin Danlanud Sam, seluruh prajurit Lanud Sjamsudin Noor dibawah pimpinan Komandan Lanud Sjamsudin Noor Kolonel Pnb M. Taufiq Arasj, S.Sos., dengan tetap memperhatikan aturan protokol kesehatan Covid-19, Lanud Sjamsudin Noor selenggarakan acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H/2020 M, di Masjid Nurul Iman Lanud Sjamsudin Noor, Rabu lalu. Berikut yang telah dirangkum oleh Tim Support Priority Indonesia (Perusahaan Sepatu Kulit Militer POLRI Safety Tunggang) dibawah ini;

Dengan tema peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H/2020 M kali ini yaitu ”Melalui Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H/2020 M Tingkatkan Semangat Kepedulian Kepada Sesama di Tengah Pandemi Covid-19”, Komandan Lanud Sjamsudin Noor dalam sambutannya menyampaikan harapan kepada seluruh warga Lanud Sjamsudin Noor bahwa peringatan Maulid Nabi ini diharapkan tidak sekedar peringatan rutin biasa namun diharapkan bisa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, serta bisa meneladani akhlak Nabi Muhammad SAW diantaranya adalah sifat jujur, sifat amanah, sifat peduli dan sifat-sifat luhur lainnya, serta menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat utamanya masyarakat Kalimantan Selatan untuk tetap disiplin serta mawas diri dengan menggunakan masker, menjaga jarak, rajin mencuci tangan dengan sabun serta selalu menerapkan pola hidup bersih untuk menghindari penyebaran Covid-19.

Selanjutnya ceramah disampaikan oleh Ustadz KH. Abdurrahman selaku Pengasuh Pondok Pesantren Sirajul Huda Kota Pelaihari Kab. Tanah Laut, yang menyampaikan ceramah tentang akhlak mulia Nabi Besar Muhammad SAW dengan harapan agar bisa diteladani dan dilaksanakan oleh seluruh umat islam dalam kehidupan sehari-hari maupun bermasyarakat khususnya bagi warga di Lanud Sjamsudin Noor. Beliau juga mengajak kepada seluruh warga Lanud Sjamsudin Noor dan jemaah masjid yang hadir untuk memanjatkan doa agar wabah Covid-19 yang melanda di seluruh penjuru dunia, dapat cepat berakhir dan kehidupan dapat kembali normal.

Acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H/2020 M, turut dihadiri pula oleh Ketua PIA AG Cab.11/D.II Lanud Sjamsudin Noor Ny. Rosa Taufiq Arasj beserta para pengurus, para Pns Lanud Sjamsudin Noor serta beberapa anggota keluarga prajurit Lanud Sjamsudin Noor. Acara ditutup dengan pembacaan doa yang dipandu oleh penceramah Ustadz KH. Abdurrahman.

Danlanud Rsn: Cegah Covid-19 Teladani Nabi Muhammad SAW

TNI AU. Penyebaran Covid-19 yang sudah pandemi, telah berdampak pada semua sendi kehidupan, baik dari segi ekonomi, sosial maupun agama, hal ini dapat dilihat terbatasnya ruang gerak dan aktifitas dalam kehidupan sehari, dan berdampak juga bagi prajurit TNI Angkatan Udara dalam melaksanakan tugas, namun perlu dicermati apabila seorang prajurit TNI mampu meneladani Nabi Muhammad SAW dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, maka sebagai insan prajurit, akan mampu melaksanakan tugas dengan baik dan dapat mencegah penyebaran Covid-19. Demikian yang dikatakan oleh Komandan Lanud Roesmin Nurjadin. Marsma TNI Ronny Irianto Moningka, S.T., M.M., dalam sambutanya pada acara Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 H/2020 M, tempat di Masjid Amrullah Lanud Roesmin Nurjadin, Rabu lalu.

Kemudian Ronny Moningka menjelaskan, perjalanan yang ditempuh oleh Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Medinah bukanlah perjalanan biasa, namun membutuhkan waktu, tenaga dan pikiran serta pengorbanan dan perjuangan termasuk antisipasi dari gangguan dan ancaman dari musuh-musuhnya, namun dengan keteladanan, semangat, dedikasi dann kecerdasan yang dimiliki,perjalanan dapat ditempuh dan dilalui dengan mudah dan sampai ditempat tujuan dengan selamat dan akhirnya penduduk Madinah dengan suka cita menerima kehadiran Nabi Muhammad SAW bersama pengikutnya.

 “Ini artinya, keteladan dan akhlak yang terpuji yang dimiliki oleh Nabi Muhammad SAW salah satu faktor suksesnya dakwah Islamiyah di Kota Madinah, dan disanalah Nabi Muhammad SAW mulai mensyiarkan dakwah Islamiyah dan menata masyarakat agar lebih baik lagi. dan dakwah berjalan dengan sukses, oleh karena karakter keteladan foktor utama kunci keberhasilan,” kata Ronny.

Selanjutnya Marsekal berbintang satu tersebut menambahkan, dengan meneladani kepribadian Mabi Muhammad SAW kemudian diimplementasikan dalam kehidupan seorang prajurit, apapun bentuk tugas yang diemban untuk bangsa dan negara akan mudah dilakukan, milikilah semangat, dedikasi, pengorbanan dan perjuangan agar dalam melaksanakan tugas lebih profesional lagi. “Tepatlah kiranya, momentum peringatan Tahun Baru Islam dan doa bersama mohon keselamatan dalam pelaksanaan tugas di Lanud Roesmin Nurjadin yang bertemakan, “Dengan semangat Tahun Baru Islam 1442 H/2020 M kita tingkatkan sinergitas TNI bersama seluruh komponen bangsa menuju tatanan kehidupan baru”, dengan demikian dalam kondisi sekarang ini akan mampu menuju peradaban Madaniah dibawah naungan cahaya Illahi,” ujar Ronny.

Kemudian Ronny berharap, semoga Tuhan yang Maha Kuasa senantiasa memberikan bimbingan, petunjuk dan perlindungan dalam pelaksanaan tugas dan berharap agar covid-19 cepat berakhir. Diakhir sambutanya Danlanud Rsn Marsma TNI Ronny Moningka menyampaikan, saya dan keluarga mengucapkan, “Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442H/2020 M”, semoga di tahun ini kita menjadi insan prajurit yang lebih baik lagi.

Kemudian Dr.Bakhtiar Nasution dalam ceramahnya menyampaikan, perjalanan Rasulullah SAW dari Mekah ke Madinah adalah perjalanan yang penuh resiko dan tantangan, namun karena Beliau memiliki mental yang tangguh dan pantang menyerah agar dakwah Islamiyah tersebut dapat berjalan dengan baik, namun pada intinya yang diharapkan di zaman sekarang ini adalah, kita harus mampu merubah diri yang lebih baik lagi, dan kita hijrah menuju riddho Illahi.

“Sayyidina Ali bin Abi Thalib RA pernah mengungkapkan, “Barangsiapa hari ini lebih baik daripada hari kemarin, maka ia adalah orang yang beruntung. Barangsiapa hari ini sama dengan hari kemarin, maka ia adalah orang yang merugi. Dan barangsiapa hari ini lebih buruk daripada hari kemarin, maka ia adalah orang yang terlaknat,”ujar Ustadz Bakhtiar.

Kemudian, Dr. Bakhtiar menambahkan, jadi, setiap muslim harus introspeksi terus apa yang telah diperbuat untuk masa depannya. Masa lalu akan semakin jauh, dan akhirat yang kita tuju semakin dekat maka marilah kita pergunakan waktu ini sebaik-baiknya agar nantinya diakhirat kita termasuk orang-orang yang beruntung. Acara diawali Salat Magrib berjamaah, pembacaan ayat suci al-Quran, ceramah agama, doa dan ditutup dengan shalat Isya berjamaah.

Turut hadir, Danwing 6 Kolonel Pnb Setiawan, Kadisops Kolonel Pnb Dedy Supriyanto, S.M., Kadispers Letkol Adm Fauzan Zuhdi, Kadislog Kolonel Tek Dwi Wihananto,S.E., dan para Pejabat, dan perwakilan Bintara, Tamtama dan PNS serta turut juga hadir Ibu-ibu PIA AG Cab. 12/D.I Lanud Rsn.

(Source: tni-au.mil.id)

Leave a Reply