Unit Kepolisian Indonesia

Unit Kepolisian Indonesia

Unit Kepolisian di Indonesia; Setiap instansi pasti memiliki tugas, kebutuhan, dan tujuan tersendiri. Itu juga lah yang membuat suatu instansi berbeda dengan instansi lainnya. Begitu juga dengan kepolisian kita. Tahukah Anda bahwa ternyata polisi yang ada di Indonesia tidak hanya satu jenis saja? Polisi memiliki banyak unit yang berbeda-beda dengan tugas mereka yang berbeda-beda pula.

Sampai saat ini, polisi adalah salah satu cita-cita yang hampir dimiliki setiap orang, apalagi di kalangan anak-anak dan remaja. Dengan melihat pakaian seragam, topi baret yang selalu dilengkapi dengan senjata, maka polisi menjadi profesi yang banyak diimpikan orang. Seperti yang diketahui, polisi mengemban tugas-tugas yang tidak mudah, di mana mereka bertanggung jawab memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat, serta mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dalam menjalankan tugasnya, kepolisian memiliki beberapa unit yang dibedakan berdasarkan seragamnya. Berikut ini unit-unit kepolisian di Indonesia yang anda harus tau:

  • Sabhara

Sabhara adalah singkatan dari Samapta Bhayangkara. Unit kepolisian ini memiliki seragam abu-abu dengan topi baretnya.

Satuan Sabhara bertugas menyelenggarakan dan membina fungsi Samapta Bhayangkara yang mencakup tugas polisi umum. Seperti pengaturan, penjagaan, pengawalan, patroli, pengamanan, dan pengendalian massa.

Tugas pokok sabhara itu sendiri adalah memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat. mencegah dan menangkal seagala bentuk gangguan kamtibmas baik berupa kejahatan maupun pelanggaran serta gangguan ketertiban umum lainnya

  • Brimob

Korps Brigade atau disingkat Brimob adalah kesatuan operasi khusus yang bersifat paramiliter. Korps Brimob yang memakai seragam hitam ini termasuk salah satu unit tertua yang ada di organisasi POLRI.

Beberapa tugas utamanya adalah penanganan terorisme dan kerusuhan, penegakan hukum, penanganan kejahatan tingkat tinggi, pencarian dan penyelamatan sandera, pertolongan bencana alam (SAR), pertempuran jarak dekat (dalam kota), serta penjinakan bom.

Satuan Brimob ini fungsi utamanya adalah sebagai korps untuk menanggulangi situasi darurat, yakni membantu tugas kepolisian kewilayahan dan menangani kejahatan dengan tingkat intensitas tinggi menggunakan senjata api dan bahan peledak dalam operasi yang membutuhkan aksi yang cepat.

  • Propam

Propam adalah singkatan dari Pembinaan Profesi dan Pengamanan untuk lingkungan POLRI, dengan ciri khas kopel (sabuk) putihnya.

Propam berbentuk divisi sendiri dari POLRI yang bertanggung jawab kepada masalah pembinaan profesi dan pengamanan di lingkungan internal.

Unit Kepolisian Indonesia

  • Polisi DVI

DVI adalah singkatan dari Disaster Victim Identification. Unit bentukan POLRI ini terdiri dari orang-orang yang perannya sangat diperlukan dalam proses identifikasi korban bencana yang hancur saat kejadian dan tidak mungkin lagi dikenali.  Unit DVI terdiri dari dokter spesialis forensic, dokter gigi, ahli antropologi, kepolisian, fotografi, dan ada yang berasal dari masyarakat biasa.

  • Polisi Pariwisata

Polisi Pariwisata memiliki peran sangat penting dalam pengamanan wisatawan, memberikan pelayanan dan kenyamanan baik dalam perjalanan wisata maupun di objek wisatanya. Kadang polisi ini berpatroli menggunakan sepeda dan seragam yang unik pula.

Tugasnya yakni menciptakan keamanan, ketertiban dan kelancaran ( Turjawali ) terhadap wisatawan, obyek wisata dan mobilitas kunjungan wisata. Kemudian, memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan pada wisatawan, tempat tinggal dan harta benda wisatawan. Selanjutnya, melaksanakan penyelidikan dan penyidikan terhadap kasus yang berkaitan dengan pariwisata.  Adapun tugas lainnya, melaksanakan Penindakkan atas pelanggaran yang dilakukan oleh wisatawan, pramuwisata, angkutan wisata dan biro perjalanan. Terakhir, memeriksa identitas diri, kelengkapan dokumen wisatawan yang dicurigai melakukan Tindak Pidana / pelanggaran.

  • Polisi Pantai

Polisi pantai memiliki seragam yang lebih santai dari unit kepolisian lainnya. Seragam yang mereka kenakan mulai dari kaos biru, bertopi cowboy, dan celana Hawaii.  Dengan seragam khusus ini, diharapkan polisi pantai lebih luwes dalam beraktivitas selama mengamankan kegiatan wisatawan atau di sekitar pantai.

  • Polisi Inafis

Inafis bertugas penting dalam proses identifikasi. Identifikasi di sini difokuskan pada pemusatan data otentik diri seluruh penduduk Indonesia, yaitu melalui sidik jari. Inafis sendiri adalah singkatan dari Indonesian Automatic Fingerprints Identification System.

Sistem ini dirancang agar data sidik jari terkumpul di satu pusat bank data di Inafis. Pemusatan ini penting untuk memastikan tidak ada data ganda, sehingga apabila terjadi kejahatan diharapkan bisa dilacak dari Inafis ini. Tim Inafis sering bekerja sama dengan DVI maupun Labfor. Saat bertugas, seragam jingga merupakan ciri khasnya.

  • Labfor

Satuan Labfor bertanggung jawab pada pengolahan TKP. Mulai dari membuat parameter pemeriksaan TKP, mengumpulkan bukti kejahatan, sampai dengan pemeriksaan bukti.

Satuan ini mempunyai alat kerja yang cukup banyak, yang paling dikenali adalah kamera foto yang hampir selalu mereka bawa. Seragam khas satuan ini adalah kaus bSerkerah hitam atau model kemeja hitam, dengan rompi dan topi.

  • Polisi PBB

Pihak POLRI setiap tahunnya selalu mengirimkan perwakilan dari negara untuk bergabung dalam Pasukan Penjaga Perdamaian PBB atau sering disebut Topi Baja Biru, sesuai dengan topi biru muda yang mereka kenakan.

Tidak hanya di Indonesia, tetapi negara-negara lain di seluruh dunia juga mengirimkan perwakilannya dalam pasukan ini. Tim Polisi PBB merupakan gabungan dari tentara, polisi sipil, dan para petugas sipil lainnya. Tugas unit polisi ini bertanggung jawab untuk menjaga perdamaian dunia.

  • Densus

Departemen Khusus 88 (Densus 88) Anti Teror adalah satuan khusus kepolisian untuk penanggulangan terorisme di Indonesia. Pasukan khusus ini dilatih khusus untuk menangani segala ancaman teror, termasuk teror bom dan penyanderaan. Beberapa anggotanya juga merupakan anggota tim Gegana.

Tim Khusus ini terdiri dari ahli investigasi, ahli bahan peledak (penjinak bom), dan unit pemukul yang didalamnya terdapat ahli penembak jitu. Masing-masing kepolisian daerah memiliki unit anti teror yang beranggotakan 45-47 orang.

Unit Kepolisian Indonesia

  • Unit K-9

Unit K-9 adalah satuan POLRI dengan ciri khasnya yaitu bertugas dengan anjing. Partner yang terbilang cukup efektif dalam perannya mencegah dan menangani kondisi tertentu.

Salah satu khas seragam polisi ini adalah menggunakan sarung tangan, pelindung tubuh, dan helm pelindung.

  • Polisi Berkuda

Salah satu polisi yang digunakan di satuan Polisi Berkuda. Tidak ada perbedaan mencolok dari seragam Sabhara, hanya dibedakan memakai topi berkuda.

Selain berfungsi sebagai pengamanan keseharian, satuan ini juga membantu dalam menangani kasus huru-hara.

Para sobat relasi SP Collection sekalian, itulah diatas Berbagai  Macam Unit Polisi di Indonesia. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda.

CV Support Priority Indonesia / SP Collection merupakan Produsen Sepatu Militer dan POLRI Terpercaya di Indonesia dengan banyak pilihan size besar sampai size 47 dan juga banyak pilihan jenis bahan kulit dari Sepatu PDL Kulit, PDL bahan kulit sintetis, sepatu tunggang kulit asli, bahkan sepatu tunggang bahan kulit sintetis (kilap). SP Collection juga melayani pembelian sepatu PDL-PDH-Safety secara ecer, grosir dan pengadaan dalam jumlah kecil maupun besar. Info Katalog Sepatu PDL PDH beserta harganya bisa langsung menguhubungi CS di 0822 8182 7374 atau Klik Disini

(Source: abdinegaranews.web.id)

Leave a Reply