Urutan Pangkat TNI

Urutan Pangkat TNI

Urutan Pangkat TNI Republik Indonesia; Tentara Nasional Indonesia (TNI) lahir dalam kancah perjuangan bangsa Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari ancaman Belanda yang berambisi untuk menjajah Indonesia kembali melalui kekerasan senjata. TNI merupakan perkembangan organisasi yang berawal dari Badan Keamanan Rakyat (BKR). Selanjutnya pada tanggal 5 Oktober 1945 menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR), dan untuk memperbaiki susunan yang sesuai dengan dasar militer international, dirubah menjadi Tentara Republik Indonesia (TRI). Dalam perkembangan selanjutnya usaha pemerintah untuk menyempurnakan tentara kebangsaan terus berjalan, seraya bertempur dan berjuang untuk tegaknya kedaulatan dan kemerdekaan bangsa. Untuk mempersatukan dua kekuatan bersenjata yaitu TRI sebagai tentara regular dan badan-badan perjuangan rakyat, maka pada tanggal 3 Juni 1947 Presiden mengesyahkan dengan resmi berdirinya Tentara Nasional Indonesia (TNI).Pada saat-saat kritis selama Perang Kemerdekaan (1945-1949), TNI berhasil mewujudkan dirinya sebagai tentara rakyat, tentara revolusi, dan tentara nasional. Sebagai kekuatan yang baru lahir, disamping TNI menata dirinya, pada waktu yang bersamaan harus pula menghadapi berbagai tantangan, baik dari dalam maupun dari luar negeri. Dari dalam negeri, TNI menghadapi rongrongan-rongrongan baik yang berdimensi politik maupun dimensi militer. Rongrongan politik bersumber dari golongan komunis yang ingin menempatkan TNI dibawah pengaruh mereka melalui “Pepolit, Biro Perjuangan, dan TNI-Masyarakat

Sedangkan tantangan dari dalam negeri yang berdimensi militer yaitu TNI menghadapi pergolakan bersenjata di beberapa daerah dan pemberontakan PKI di Madiun serta Darul Islam (DI) di Jawa Barat yang dapat mengancam integritas nasional. Tantangan dari luar negeri yaitu TNI dua kali menghadapi Agresi Militer Belanda yang memiliki organisasi dan persenjataan yang lebih modern. Sadar akan keterbatasan TNI dalam menghadapi agresi Belanda, maka bangsa Indonesia melaksanakan Perang Rakyat Semesta dimana segenap kekuatan TNI dan masyarakat serta sumber daya nasional dikerahkan untuk menghadapi agresi tersebut. Dengan demikian, integritas dan eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia telah dapat dipertahankan oleh kekuatan TNI bersama rakyat.

Dalam satu negara berdaulat dibutuhkan pasukan atau angkatan perang negara. Di Indonesia angkatan perang tersebut bernama Tentara Republik Indonesia (TNI). Dengan anggota terbanyak berasal dari Angkatan Darat. TNI memiliki beberapa pasukan elite yang berfungsi sebagai pasukan pertahanan Negara, diantaranya adalah Kopassus, Kopaska, Denjaka dan lain sebagainya. Dalam strukturnya. TNI mempunyai jenjang tertentu dalam hal kepangkatan. Nah, dalam artikel ini kita akan sedikit membahas urutan kepangkatan TNI AD, AU dan juga TNI AL. TNI AD dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD). Terdapat dua komando utama  untuk pertempuran di Angkatan Darat yaitu Kopassus dan Kostrad. Selain itu para prajurit dididik untuk menjadi tentara dengan dedikasi tinggi di Akademi Militer (Akmil), Secapa, Seskoad, dan Kodiklat. Banyak calon bintara dan perwira belajar di sana.

JENJANG PANGKAT TNI AD

Pangkat Kehormatan     Jenderal Besar

Perwira Tinggi                    Jenderal (jend)

Letnan Jenderal (letjen)

Mayor Jenderal (mayjen)

Brigadir Jenderal (brigjen)

Perwira Menengah         Kolonel (kol)

Letnan Kolonel (letkol)

Mayor (may)

Perwira Pertama              Kapten (kapt)

Letnan Satu (lettu)

Letnan Dua (letda)

Bintara Tinggi                    Pembantu Letnan Satu (peltu)

Pembantu Letnan Dua (pelda)

Bintara  Sersan Mayor (serma)

Sersan Kepala (serka)

Sersan Satu (sertu)

Sersan Dua (serda)

Tamtama Kepala              Kopral Kepala (kopka)

Kopral Satu (koptu)

Kopral Dua (kopda)

Tamtama                              Prajurit Kepala (praka)

Prajurit Satu (pratu)

Prajurit Dua (prada)

Pangkat Tertinggi di TNI adalah Jenderal Besar, pangkat ini dalam sejarah Indonesia baru dimiliki oleh 3 orang yaitu Jenderal Besar Sudirman, Jenderal Besar AH. Nasution dan Jenderal Besar Suharto. Tanda kepangkatan jabatan ini adalah BINTANG 5.

Urutan Pangkat TNI AL (Angkatan Laut)

TNI AL dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL).  Armada Angkatan Laut sebagai kekuatan utama pasukan laut Indonesia memiliki dua armada terpisah. Armada pertama disebut Armada Barat berada di Tanjung Priok Jakarta. Armada kedua terletak di Tanjung Perak Surabaya, yaitu Armada Timur. Ada pula korps marinir yang profesional dalam tugas mengamankan wilayah laut Republik Indonesia. AL berada dalam satu komando lintas laut militer atau Kolinlamil.

JENJANG PANGKAT TNI AL

Pangkat Kehormatan     (Laksamana Besar)

Perwira Tinggi                   (Laksamana)

Laksamana Madya

Laksamana Muda

Laksamana Pertama

Perwira Menengah         (Kolonel)

Letnan Kolonel

Mayor

Perwira Pertama              (Kapten)

Letnan Satu

Letnan Dua

Bintara Tinggi                    (Pembantu Letnan Satu)

Pembantu Letnan Dua

Bintara  Sersan Mayor

Sersan Kepala

Sersan Satu

Sersan Dua

Tamtama Kepala              (Kopral Kepala)

Kopral Satu

Kopral Dua

Tamtama                             (Kelasi Kepala)

Kelasi Satu

Kelasi Dua

URUTAN PANGKAT TNI AU

Sedangkan TNI AU dipimpin oleh kepala Staf Angkatan Udara (KASAU). Angkatan Udara juga membagi kekuatan utamanya dalam dua komando operasi. Komando operasi pertama berada di Halim Perdanakusuma Jakarta (Koops AU I). Dan komando operasi kedua (Koops AU II) terletak di Makassar.

JENJANG PANGKAT TNI AU

Pangkat Kehormatan     (Marsekal Besar)

Perwira Tinggi                 (Marsekal)

Marsekal Madya

Marsekal Muda

Marsekal Pertama

Perwira Menengah         (Kolonel)

Letnan Kolonel

Mayor

Perwira Pertama              (Kapten)

Letnan Satu

Letnan Dua

Bintara Tinggi                    (Pembantu Letnan Satu)

Pembantu Letnan Dua

Bintara  Sersan Mayor

Sersan Kepala

Sersan Satu

Sersan Dua

Tamtama Kepala              (Kopral Kepala)

Kopral Satu

Kopral Dua

Tamtama                            (Prajurit Kepala)

Prajurit Satu

Prajurit Dua

Pasukan Elite Tentara Nasional Indonesia

Indonesia sebagai negara maritim yang terdiri dari lautan dan daratan yang luas memiliki beberapa kelompok pasukan elite dari kesatuan Tentara Nasional Indonesia. Pasukan- pasukan tersebuat adalah pasukan khusus yang siap bertugas untuk keamanan dan kedaulatan Republik Indonesia.

1. KOPASSUS (Komando Pasukan Khusus)

Kopassus atau Komando Pasukan Khusus adalah pasukan tempur yang dimiliki oleh TNI Angkata Darat. Kopassus mempunyai kemampuan untuk bergerak cepat di segala medan pertempuran, menembak cepat, pengintaian dan anti teror. Pasukan Kopassus atau disebut juga Pasukan baret merah mempunyai motto “Berani Benar, Berhasil!!”. Selain bergerak dalam medan peperangan, pasukan ini juga bertugas untuk melakukan bantuan kemanusiaan, SAR khusus dan lain sebagainya.

2. KOPASKA (Komando Pasukan Katak)

Kopaska atau Komando Pasukan Katak adalah pasukan elite yang dimiliki TNI Angkatan Laut. Tugas utama pasukan ini adalah penyerbu kapal dan pangkalan musuh, penyiapan perebutan pantai. Penghancuran instalasi bawah air dan operasi pendaratan kekuatan amfibi. Kopaska TNI AL memiliki semboyan “Tan Hana Wighna Tan Sirna” yang artinya adalah “Tak ada rintangan yang tak dapat diatasi”.

3. DENJAKA (Detasemen Jalamangkara)

Denjaka atau Detasemem Jala Mangkara adalah detasemen khusus yang dimiliki TNI Angkatan Laut (AL). Personilnya merupakan gabungan dari pasukan elit Kopaska dan Batalyon Intai Amfibi (Yontaibi). Banyak yang menyebut prajurit- prajurit Denjaka merupakan Kesatuan Terkuat yang ada di Indonesia. Seleksi untuk masuknya pun sangat ketat. Prajurit harus memiliki mental, fisik dan juga IQ yang tinggi. Dalam masa pendidikan, konon, prajurit harus mempu survive sendiri di hutan berhari- hari tanpa bekal serta dilempar kelaut dalam keadaan tangan dan kaki terikat. Prajurit Denjaka bahkan disebut memiliki kemampuan setara dengan 100 lebih anggota TNI biasa.

Nah, apakah and sudah memahami tingkat kepangkatan di kesatuan TNI Republik Indonesia ini? Itulah sekilas keterangan mengenai kepangkatan TNI, beserta daftar kepangangkatan TNI berbagai jenjang jabatan. Baik itu urutan pangkat dalam TNI AD (Angkatan Darat), AL (Angkatan Laut) serta AU (Angkatan Udara). Anda juga bisa melihat produk sepatu militer jatah dari Tim Support Priority Indonesia dengan Klik Disini

(Source: salamadian.com,tni.mil.id)

This Post Has 2 Comments

  1. Santoni

    Nice info

Leave a Reply