Beasiswa TNI Bagi Mahasiswa

Beasiswa TNI Bagi Mahasiswa


Beasiswa TNI Bagi Mahasiswa
; Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang terdiri dari tiga angkatan bersenjata, yakni TNI Angkatan Darat (AD), TNI Angkatan Laut (AL), dan TNI Angkatan Udara (AU). Tentara menjadi angkatan perang yang disiapkan untuk menjaga kedaulatan negara baik dari gerakan teror, pemberontakan yang terjadi di dalam negara maupun potensi serangan dari luar. Maka dari itu, untuk jadi tentara selain harus punya fisik yang kuat juga harus cerdas, berani, disiplin, dan tangkas. Mengawal tugas besar tersebut, tentara dituntut agar mengikuti pelatihan militer untuk membangun berbagai keahlian khusus, seperti teknik bertempur, kemiliteran, pengetahuan persenjataan, pengetahuan intelijen, dan lain sebagainya.

Kalau anda ingin menempuh studi di bidang Militer, setelah lulus berhak menyandang pangkat Letnan Dua dan mulai berkarier sebagai Perwira TNI. Pendidikan di Sekolah Calon Tamtama (Secata) biasanya ditempuh 6 bulan kemudian anda akan dapat pangkat Prajurit Dua/ Kelasi Dua (TNI AL). Kalau Sekolah Calon Bintara (Secaba) memerlukan waktu 5 bulan dan setelah lulus akan dapat pangkat Sersan Dua. Anda yang mengantongi ijazah D3 ataupun ijazah S1 bisa melamar sebagai prajurit karier di Mabes TNI. Misalnya melamar sebagai tenaga kesehatan, ahli hukum, ahli teknologi informasi, dan sebagainya. Meskipun sudah punya ijazah pendidikan formal, prajurit karier juga harus mengikuti pendidikan di Sekolah Perwira PK selama 7-8 bulan. Kemudian setelah lulus langsung dapat pangkat Letnan Dua.

Sekolah Perwira Prajurit Karier Tentara Nasional Indonesia (disingkat SEPA PK TNI) adalah sekolah pembentukan perwira di Indonesia yang berasal dari perguruan tinggi negeri dan swasta. Jenjang akademik yang bisa masuk sekolah pendidikan perwira ini adalah D3 dan S1 dari semua jurusan (tergantung kebutuhan TNI). Sekolah ini membentuk para Diploma dan Sarjana untuk menjadi perwira pertama (PAMA) dengan pangkat saat dilantik letnan dua (Letda). Mereka terdiri atas 3 angkatan di TNI, yaitu TNI AD, TNI AL dan TNI AU.

beasiswa tni bagi mahasiswa

SEPA PK TNI berada dibawah kendali Kodiklat TNI. Setelah melalui pendidikan lebih kurang 7 bulan di Akmil (Akademi Militer), masing-masing perwira tersebut melanjutkan pendidikan lanjutan di matra masing-masing: Matra Darat di Kodiklat TNI AD (sesuai kejuruan), Matra Laut di Kobangdikal di Surabaya dan Matra Udara di Kodikau (Pendidikan KIBI) di AAU Yogyakarta.

Untuk wanita, mereka melaksanakan pendidikan pembentukannya di Pusdik Kowad Lembang, Bandung Barat (juga terdiri dari tiga matra tersebut). Setelah pelantikan yang dilaksanakan bersama Perwira Pria di Akmil, mereka melanjutkan pendidikan di matra masing-masing, bergabung dengan Perwira Pria.

Pendaftaran Perwira Karier Tahun 2020 bagi Kalangan Mahasiswa ‘Terbaru’

Markas Besar (Mabes) TNI membuka Rekrutmen Mahasiswa Beasiswa Calon Prajurit TNI TA 2020. Jika kamu tercatat sebagai mahasiswa dari Perguruan Tinggi Negeri ( PTN) dan berniat menjadi prajurit TNI, daftarkan dirimu sekarang. Tak hanya mendapat beasiswa tunjangan bulanan sebagai mahasiswa, kamu nantinya juga berpeluang menjadi perwira TNI. Jika ingin tahu lebih lengkap, maka simak informasi yang dirangkum Tim Support Priority Indonesia (Perusahaan Sepatu Kulit Militer POLRI Safety Big Size) di bawah ini.

-Persyaratan Mahasiswa dari PTN dengan Prodi ber Akreditasi A

-Usia maksimal 25 tahun

-Jurusan Kedokteran Umum/Gigi sudah mencapai 120 SKS atau sudah semester 6, atau 3 semester menjelang lulus (S.Ked/S.KG)

-Jurusan/Prodi lainnya minimal 110 SKS

-Cakupan beasiswa Dapat tunjangan beasiswa Rp 1 juta setiap bulan

-Bantuan Skripsi Rp 2 juta Bagi mahasiswa yang terpilih dan telah lulus kuliah, nantinya akan langsung mengikuti Seleksi Tingkat Pusat Perwira Prajurit Karier TNI Jurusan yang dibutuhkan

  1. Pria

Kedokteran Umum

Kedokteran Gigi

Statistika

Arsitektur

PLLU/ATC

Pendidikan Jasmani

Teknologi Informasi/Cyber

T. Komputer

T. Telekomunikasi

T. Otomotif

T. Elektro Arus Lemah

T. Mesin

T. Broadcasting

T. Jurnalistik

T. Sistem Perkapalan

T. Perkapalan

2. Wanita

Kedokteran Umum

Kedokteran Gigi

Cara daftar

1. Calon mendaftar online pada laman https://rekrutmen-tni.mil.id

2. Daftar ulang secara fisik ke tempat pendaftaran dengan menunjukkan formulir pendaftaran yang sudah dicetak.

3. Membawa semua dokumen seperti KTP, Rapor, SKCK, SKBD, Ijazah, Surat Pendaftaran, Akte, Sertifikat Akreditasi, Transkrip Nilai dan Pas Foto.

4. Bagi yang pindah domisili membawa surat keterangan pindah domisili dari kelurahan atau kecamatan.

5. Bagi yang dinyatakan dokumen lengkap akan mendapatkan Nomor Pendaftaran Daerah.

Untuk tempat pendaftaran dilakukan di Kodam, Korem, Lantamal, Lanal, dan Lanud terdekat di kota Anda sesuai yang ditentukan.

Batas waktu pendaftaran Pendaftaran Rekrutmen Mahasiswa Beasiswa Calon Prajurit TNI TA 2020 dimulai 23 Maret – 30 April 2020.

Catatan: Selama proses penerimaan berlangsung, calon tidak dipungut biaya apapun. Jika ada yang mengatasnamakan panitia untuk membayar sejumlah uang untuk ditransfer itu sudah pasti penipuan. Segera laporkan ke panitia terdekat. Jika kamu ingin mendapat beasiswa sekaligus menjadi perwira TNI dan sesuai persyaratan, maka segera daftar diri. Untuk informasi lebih rinci bisa membuka laman: https://rekrutmen-tni.mil.id/

beasiswa tni bagi mahasiswa

Peran dan Tanggung Jawab Seorang Perwira Karier

-Menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

-Melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

-Mengawal kedaulatan negara sebagai angkatan bersenjata.

-Melaksanakan tugas perdamaian dunia sesuai dengan kebijakan politik luar negeri.

-Mengamankan Presiden dan Wakil Presiden beserta keluarganya.

-Membantu Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam rangka tugas keamanan dan ketertiban masyarakat yang diatur dalam undang-undang.

-Membantu mengamankan tamu negara setingkat kepala negara dan perwakilan pemerintah asing yang sedang berada di Indonesia.

Nantinya anda akan dibekali dengan beebrapa pengetahuan dan keahlian wajib bagi seorang prajurit dibawah ini, disamping keahlian atau bidang khusus yang anda kuasai selaam berkuliah:

-Kemampuan menembak

-Kemampuan beladiri

-Kemampuan intelijen

-Kemampuan berpikir strategis

-Pengetahuan tentang keselamatan dan keamanan

-Penguasaan bahasa asing

Jenjang karier TNI

Setiap anggota Tentara Nasional Indonesia punya pangkat masing-masing. Nah, pangkat setiap anggota sangat tergantung dengan jenjang karier maupun jenjang pendidikan yang telah ditempuh. Setiap pangkat juga punya besaran penghasilan tersendiri. Terkadang TNI AU, AD dan AL memiliki penyebutan yang berbeda untuk pangkat dalam tingkatan yang sama. Seperti yang sudah Tim Support Priority Indonesia jelaskan di postingan-postingan sebelumnya, yakni:

-Tamtama. Golongan pangkat terendah dalam TNI, mulai dari Prajurit Dua/ Kelasi Dua, Prajurit Satu/ Kelasi Satu, sampai Prajurit Kepala/ Kelasi Kepala. Pangkat Tamtama biasanya merujuk pada prajurit TNI yang berada di garda terdepan dalam satuan militer.

-Bintara. Dalam kelompok ini pangkat mulai dari Sersan Dua, Sersan Satu, sampai Sersan Kepala. Bintara bertugas sebagai narahubung antara Perwira dan Tamtama dalam kegiatan operasional. Selain itu, Bintara juga ditugaskan untuk membimbing dan mengepalai sejumlah Tamtama dalam satu regu.

-Perwira Pertama. Golongan kepangkatan Letnan Dua, Letnan Satu, dan Kapten dalam TNI. Kelompok ini merupakan golongan perwira yang paling rendah. Para perwira TNI punya tanggung jawab yang lebih besar dibanding Bintara.

-Perwira Tinggi. Golongan pangkat perwira TNI yang tertinggi dan ditandai dengan tanda bintang yang disematkan di pundak. Nah, setiap cabang militer punya istilah masing-masing. Jenderal untuk Angkatan Darat, Laksamana untuk Angkatan Laut, dan Marsekal untuk Angkatan Udara.

(Source: campus.quipper.com, edukasi.kompas.com)

Leave a Reply