Latihan Fisik Ala Militer di Rumah

Latihan Fisik Ala Militer di Rumah

Latihan Fisik Ala Militer di Rumah; Kaum pria yang ingin terlihat keren dengan memiliki tubuh atletis bak anggota TNI yang tegap dan gagah kalian harus latihan secara khusus dan menjaga pola makan yang sangat ketat. Perlu diketahui, latihan fisik ala militer merupakan aktivitas yang tampak melelahkan bagi sebagian orang, namun manfaat yang ditawarkan terhadap tubuh justru beragam. Beberapa di antaranya yakni menurunkan risiko gangguan kesehatan, menjaga berat badan ideal, membuat tidur lebih nyenyak, serta membantu mengontrol emosi agar tetap stabil. Ada beberapa latihan fisik ala militer yang bisa anda lakukan sendiri baik di dalam maupun di luar rumah. Lantas, apa saja latihan fisik tersebut? Tim Support Priority Indonesia (Perusahaan Sepatu Kulit Militer POLRI Safety Kulit dan Sintetis Big Size) sudah merangkum beberapa latihan militer yang cocok untuk anda lakukan selama berada di rumah di bawah ini;

  • PUSH UP DAN SIT UP

Kedua latihan fisik ini merupakan aktivitas yang paling banyak dikerjakan dan termasuk ke dalam latihan dasar. Hal ini disebabkan oleh fleksibilitas gerakan yang bisa dilakukan dengan mudah di mana dan kapan saja. Push Up dengan menumpukan beban tubuh pada lengan akan memperkuat otot di area tersebut, memperkecil perut, serta membakar kalori. Sementara Sit Up yang posisinya berkebalikan dengan Push Up berguna untuk memperbaiki postur tubuh serta memperindah bentuk perut kamu.

  • LATIHAN PULL UP

Demi menguatkan otot lengan dan tangan, latihan Pull Up bisa ditempuh oleh semua orang. Caranya pun cukup mudah, karena kamu hanya perlu berpegangan di tiang horizontal dalam posisi tangan yang lurus ke atas. Dengan begini, tubuhmu akan menggantung. Setelah itu, angkat badan hingga dagu melampaui tiang dan turun kembali dengan tangan yang lurus. Lakukan gerakan ini berulang kali.

  • HIGH PLANK

Bagi kamu yang mengalami masalah dengan perut buncit serta tubuh kurang lentur, tidak ada salahnya mencoba latihan fisik yang satu ini. High Plank menjadi salah satu aktivitas yang efektif dalam membakar kalori dan membuat tubuh lebih kuat. Posisinya hampir menyerupai Push Up, tapi kamu tidak perlu menaik turunkan tubuh. Yang perlu dilakukan hanyalah mempertahankan posisi tersebut selama 10-15 detik, beristirahat selama beberapa detik, dan mengulangi gerakan semula. Jika sudah terbiasa, ada baiknya jika anda meningkatkan waktunya secara perlahan.

  • GERAKAN SQUAT

Sementara untuk melatih bagian punggung, perut, dan paha, anda dapat melakukan Squat secara teratur. Pada dasarnya, latihan fisik ala militer ini memang bertujuan untuk melatih tubuh bagian bawah serta inti otot yang ada. Gerakan Squat tidak hanya menguatkan badan, tapi juga mampu memperlancar sistem pencernaan dan aliran darah. Lakukan gerakan ini dalam tempo 2:1:2 di mana kamu menahan 2 detik di posisi bawah, 1 detik naik, dan 2 detik dengan menahan di posisi bawah. Ini salah satu latihan yang paling sederhana, gerakan ini dapat mengukur kebugaran seseorang. Untuk mengawali gerakan ini, terlebih diawali dengan lari sederhana. Untuk selanjutnya lakukan secara intensif selama 12 menit. Dengan berlari ini, maka akan dapat melatih kemampuan ketahanan dan pernapasan yang stabil. Jangan lupa, sebelumnya lakukan peregangan.

  • BERENANG

Berenang gaya dada. Renang gaya dada ini berbeda dengan gaya renang lainnya. Gaya renang ini memiliki kecepatan yang lambat tetapi sangat baik untuk menjaga kesehatan.  Renang gaya dada ala militer yang memakai seragam, maka akan sangat sulit dilakukan jika tidak memiliki fisik yang prima.

  • JAGA POLA MAKAN

Tidak hanya latihan fisik yang keras, pola makan juga harus dijaga untuk melengkapi badan atletis ala militer. Karena menjaga pola makan pun sangat diperlukan. Meskipun sederhana, namun menu sarapan yang disediakan untuk taruna Akmil cukup bergizi seperti nasi, sayur, dan tempe dapat memenuhi kebutuhan energi dan protein yang dibutuhkan oleh tubuh di awal hari. Dengan nutrisi yang sederhana ini anggota TNI pun dapat berlatih dengan maksimal. Makanan yang mereka konsumsi pun sesuai porsi  maka pada saat melakukan pelatihan pada pagi hari tidak akan menimbulkan kantuk sehingga mereka dapat latihan secara maksimal. Sementara itu, menu makan siang dan makan malam yang mereka konsumsi pun sangat bergizi. Mereka setiap hari dipastikan akan mendapatkan menu empat sehat lima sempurna. Biasanya menu berbahan dasar daging akan diberikan pada sesi makan siang.  Sedangkan minum susu pada makan malam. Aturan pola makan inilah yang membuat angkatan bersenjata TNI memiliki tubuh yang bugar. Karena di samping latihan fisik yang luar biasa dibutuhkan pula asupan makanan dengan pola makan yang baik untuk membuat tubuh sehat dan kuat.

Apabila beberapa latihan fisik ala militer diatas memang terlalu berat untuk anda. Tenang saja anda bisa lakukan beberapa olahraga dan latihan sederhana yang lebih ringan tentunya, untuk tetap menjaga kebugaran tubuh anda selama berada di rumah;

  • YOGA

Jenis olahraga ringan yang berikutnya adalah yoga. Yoga mungkin menjadi salah satu pilihan favorit untuk dilakukan di rumah. Gerakan yang ada dalam yoga dapat meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan bagi tubuh. Selain itu, salah satu manfaat yoga juga bisa membuat kita menjadi lebih tenang, mengurangi stress, dan depresi. Tidak perlu melakukan gerakan yang rumit. Cukup lakukan gerakan-gerakan yang mudah dan sederhana saja agar terhindar dari risiko cedera. Beberapa gerakan mudah dari yoga yang bisa kita lakukan adalah cat pose, cobra pose, atau child pose.

  • SKIPPING

Jenis olahraga ringan ini juga terbilang mudah dilakukan di rumah. Kita bisa tetap berkeringat walaupun berada di dalam rumah dengan melakukan olahraga ini. Melakukan olahraga ini tidak hanya melatih detak jantung kita, tetapi bermanfaat juga untuk membakar kalori secara intensif. Selain itu, lompat tali mampu meningkatkan keseimbangan dan koordinasi tubuh. Lompat tali yang dilakukan secara rutin mampu membakar 13 kalori setiap menit. Skipping ini juga memiliki banyak variasi dalam gerakannya. Jika kamu bertujuan untuk mengecilkan paha, kamu bisa melakukan ‘lunge jump’ dan squat jump’ sembari skipping. Jika kamu ingin membentuk otot perut, lakukan skipping sambil lompat dengan mengangkat kaki hingga di bawah pusar. Atau kamu juga bisa melatih otot betis dan lengan dengan memutarkan tali dua kali dalam satu lompatan.

  • NAIK TURUN TANGGA

Bagi yang memiliki rumah dua lantai, jenis olahraga ringan ini bisa menjadi salah satu pilihan sebagai latihan di rumah. Caranya pun sangat mudah, karena yang kita lakukan hanya menaiki dan menuruni tangga selama beberapa kali. Tidak perlu memaksakan diri jika baru pertama kali mencoba. Cukup lakukan olahraga ini selama 10-15 menit. Bila olahraga ini dilakukan secara rutin, akan sangat bermanfaat dalam membakar kalori.

  • NAIK TURUN KURSI

Bagi yang rumahnya tidak memiliki lantai dua, tidak perlu kecewa. Ada jenis olahraga ringan lainnya yang mirip dengan olahraga naik turun tangga. Kita bisa mengganti media tangga dengan kursi. Caranya pun mirip dengan olahraga naik turun tangga, yaitu dengan menaiki dan menuruni kursi. Namun, pilihlah kursi yang kuat untuk menopang tubuh dalam waktu yang cukup lama. Selain itu, ketinggian kursi juga harus diperhatikan. Sesuaikan tinggi kursi dengan kemampuan tubuh kita. Dan juga, lakukanlah olahraga ini tanpa sepatu, karena khawatir licin dan membuat Anda jatuh nantinya.

Itu tadi beberapa latihan fisik berat ala Militer maupun yang ringan tetapi sudah cukup optimal untuk menjaga kebugaran tubuhmu selama berada di rumah. Semoga bermanfaat bagi sobat relasi SP Collection semuanya, dimanapun anda berada.

(Source: tagar.id, merdeka.com)

This Post Has 4 Comments

  1. edy

    rumahku ga ada kolam renangnya gan, terus gimana ?

    1. SP Collection

      Bisa lakukan simulasi kecilnya di kamar mandi kak kalau bak kamar mandinya cukup, hehe. kalau gak cukup ya ganti senam SKJ saja kak, yang penting badan bisa gerak dan bisa membakar kalori gitu kak

  2. Brontosaurus

    terima kasih, sangat bermanfaat infonya 😇

    1. SP Collection

      sama-sama kak, semoga bermanfaat, terima kasih kunjungannya kak ^_^

Leave a Reply