Makanan Penurun Kolestrol

Makanan Penurun Kolestrol

Makanan Penurun Kolestrol Pasca Idul Adha; Pada saat perayaan hari raya Iduladha, konsumsi daging merah baik kambing atau sapi pada masyarakat Indonesia meningkat. Walau konsumsi daging merah ini juga bisa menyehatkan tubuh, namun seseorang tetap harus memperhatikan efek buruk yang dapat muncul. Sejumlah penelitian dan World Health Organization (WHO) telah mengklasifikasi daging merah sebagai karsinogenik bagi manusia. Selain itu diketahui bahwa ada hubungan kanker pankreas dan kanker prostat serta dengan kanker usus besar. Cara yang harus diperhatikan untuk mengurangi dampak buruk daging merah ini adalah memilih cara masak yang benar-benar tepat. Selain itu, pola konsumsi dari daging merah ini juga harus diperhatikan. Hal lain yang juga identik dengan konsumsi daging merah adalah munculnya kolesterol tinggi. Untuk menangani masalah ini, sejumlah tindakan bisa kita lakukan untuk menurunkan kadar kolesterol. Terdapat sejumlah makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol tinggi pada tubuh seseorang. Dikumpulkan dari berbagai sumber, berikut 11 makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol pada tubuh.

-Oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu jenis makanan yang bisa membantu menurunkan kolesterol. Oatmeal mengandung beta-glucan, zat dalam gandum yang mampu menyerap LDL (kolesterol jahat) dan kemudian mengeluarkannya dari tubuh.

-Alpukat

Alpukat dapat membantu meningkatkan HDL (kolesterol baik) dan juga menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat). Buah ini mengandung beta-sitosterol yang dapat mengurangi jumlah kolesterol yang diserap dari makanan.

-Bawang Putih

Terdapat sejumlah manfaat dari bawang putih, mulai dari membantu menurunkan kolesterol, mencegah pembekuan darah, menurunkan tekanan darah, dan melindungi tubuh dari infeksi. Bawang putih juga mencegah partikel kolesterol menempel di dinding arteri.

-Apel

Apel adalah sumber serat larut yang disebut pektin, yang dapat membantu menurunkan LDL (kolesterol jahat). Penelitian juga menunjukkan bahwa makan satu buah apel atau lebih sehari dapat memperlambat oksidasi LDL. Hal itu karena adanya kandungan polifenol yang ditemukan terutama pada kulit apel.

-Teh Hijau

Teh hijau memberikan tubuh kita perasaan hangat, santai, dan juga kaya dengan kandungan antioksidan. Penelitian juga menunjukkan bahwa minum teh hijau memiliki dampak yang signifikan terhadap penurunan kolesterol jahat dalam tubuh.

-Kedelai

Kedelai mengandung senyawa yang disebut isoflavon. Senyawa ini diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, kedelai juga dapat membantu jantung mengurangi jumlah lemak jenuh dari makanan yang kamu konsumsi.

-Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki banyak manfaat bagi tubuh termasuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Minyak ini berisi asam lemak tak jenuh tunggal yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh tanpa menurunkan kadar kolesterol baik.

-Jus Jeruk

Konsumsi dua gelas jus jeruk merupakan salah satu solusi dalam mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Jus jeruk bisa membantu menormalkan kolesterol serta membuat aliran darah selalu sehat.

-Roti Gandum

Roti Gandung bisa menjadi salah satu cara lezat turunkan kolesterol dalam tubuh. Kandungan gandum dari roti ini dapat meningkatkan kadar HDL serta menurunkan jenis lemak darah yang disebut dengan trigliserida saat meningkat.

-Makanan Berserat

Penelitian sebelumnya telah menjelaskan bahwa makanan yang tinggi serat mampu mengurangi kolesterol dalam tubuh secara efektif. Kandungan serat ini dapat larut ke dalam darah sehingga dapat mengurangi kolesterol jahat pada tubuh hingga sebanyak 24 persen.

-Madu

Manisnya madu ternyata juga dapat meluruhkan kolesterol pada tubuh. Madu yang dikonsumsi ini akan menyerang homocysteine, sejenis asam amino yang diketahui mampu meningkatkan risiko penyakit pembuluh darah perifer dan penyakit jantung. Sejumlah makanan tersebut dapat menjadi pilihanmu untuk kamu konsumsi pada saat Iduladha untuk mengurangi kolesterol berlebih. Jangan tinggalkan sejumlah makanan tersebut demi kesehatan tubuhmu yang lebih optimal.

7 Jenis Lemak Baik yang Aman Dikonsumsi untuk Penderita Kolesterol Tinggi

Pada umumnya, makanan yang mengandung lemak seringkali kerap dikaitkan dengan risiko kolesterol tinggi. Jika dilihat, kolesterol memiliki sisi baik dan buruk. Pada tingkat normal, kolesterol adalah zat penting bagi tubuh. Kolesterol berperan untuk pembentukan membran sel, hormon tertentu, dan vitamin D. Namun, jika pada kelompok orang dengan kolesterol tinggi akan dapat menyebabkan tumpukan kolesterol pada pembuluh darahnya. Hal ini dapat menyebabkan penyakit yang fatal seperti serangan jantung dan stroke. Maka penderita kolesterol tinggi penting untuk menjaga pola makan dengan mengkonsumsi lemak baik.

Makanan Penurun Kolestrol

Perlu diketahui, tidak semua lemak bersifat jahat. Terdapat beberapa jenis lemak, yaitu lemak tak jenuh, lemak jenuh, lemak trans, lemak cis, dan asam lemak omega. Lemak tak jenuh dibagi menjadi dua, antara lain lemak tak jenuh rantai tunggal dan lemak tak jenuh rantai banyak. Jenis lemak jenuh akan lebih sering dikaitkan dengan penyakit jantung. Sedangkan apabila Anda mengonsumsi makanan dengan lemak baik dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Apabila Anda termasuk penderita kolesterol tinggi atau tidak, akan masih bisa tetap aman jika mengonsumsi makanan dengan lemak. Oleh sebab itu, tubuh akan tetap memperoleh sumber vitamin dan mineral dan juga sumber lemak yang baik untuk tubuh yang berguna bagi kesehatan Anda. Sebagai Bonus dari Tim Support Priority Indonesia (Perusahaan Sepatu Kulit Militer POLRI Safety) yakni untuk mengetahui tentang jenis lemak yang aman dikonsumsi untuk penderita kolesterol, berikut kami rangkum 7 jenis lemak baik yang aman untuk dikonsumsi penderita kolesterol tinggi, terlebih di pasca Idul Adha,dibawah ini;

-Telur

Telur merupakan jenis lemak baik yang aman dikonsumsi untuk penderita kolesterol. Banyak yang mengira konsumsi telur terlebih pada bagian kuningnya sebaiknya tidak dikonsumsi penderita kolesterol tinggi. Padahal, faktanya sebutir telur mengandung 5 gram lemak dan hanya 1,5 gram yang memiliki lemak jenuh. Jadi, konsumsi telur tidak akan menyebabkan naiknya kadar kolesterol dalam tubuh. Bahkan, konsumsi telur dalam jumlah wajar akan membantu meningkatkan kesehatan jantung karena merupakan sumber kolin yang baik.

-Tahu

Tahu merupakan jenis makanan nabati dan juga menjadi salah satu jenis lemak baik yang aman dikonsumsi untuk penderita kolesterol. Tahu mengandung lemak yang tidak terlalu tinggi sehingga akan sangat baik jika dijadikan sumber makanan yang baik dan memiliki lemak tak jenuh. Sehingga tahu merupakan sumber makanan yang baik akan lemak tak jenuh.

-Ikan

Jenis lemak baik yang aman dikonsumsi untuk penderita kolesterol yang selanjutnya adalah ikan. Terdapat beberapa jenis ikan yang memiliki kandungan asam lemak omega yang cukup tinggi. Asam lemak jenis ini merupakan salah satu jenis lemak baik yang sangat direkomendasikan untuk penderita kolesterol tinggi. Selain itu, kandungan omega 3 yang ada di dalam ikan juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL. Beberapa jenis ikan yang mengandung tinggi omega-3 seperti salmon, makerel, hering, tuna, dan sarden.

-Biji-Bijian

Jenis lemak baik yang aman dikonsumsi untuk penderita kolesterol tinggi selanjutnya adalah jenis biji-bijian seperti flaxseed. Jenis makanan flaxseed memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang baik untuk tubuh. Jika Anda kesulitan untuk menemukan flaxseed, Anda bisa mencoba untuk mengonsumsi biji chia yang juga memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang baik untuk meningkatkan kadar kolesterol HDL dan menurunkan kadar kolesterol LDL.

-Kacang-kacangan

Jenis lemak baik yang aman dikonsumsi untuk penderita kolesterol yang selanjutnya adalah jenis kacang-kacangan. Jenis makanan ini juga akan sangat cocok untuk membantu menjaga kesehatan jantung. Kacang-kacangan seperti kacang brazil, almond, pistachio, dan lain sebagainya memiliki asam lemak omega-3 di dalamnya. Selain itu, kacang-kacangan juga mengandung serta yang larut dalam air sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

-Alpukat

Jenis buah seperti alpukat merupakan jenis lemak baik yang aman dikonsumsi untuk penderita kolesterol tinggi. Alpukat kaya akan lemak baik yang cocok untuk dikonsumsi penderita kolesterol tinggi. Hal tersebut dapat dibuktikan bahwa alpukat merupakan jenis buah yang mengandung lemak tak jenuh rantai tunggal. Anda dapat mengonsumsi alpukat secara mentah ataupun bisa dikombinasikan dengan makanan lain seperti salad ataupun roti untuk mendapatkan manfaat yang terkandung di dalamnya.

Makanan Penurun Kolestrol

-Minyak

Biasanya, kebanyakan para penderita kolesterol tinggi akan sangat menghindari minyak ataupun makanan dengan kadar minyak yang tinggi. Namun perlu Anda ketahui bahwa tidak semua jenis minyak akan berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Gunakan minyak yang memiliki kandungan lemak baik yaitu jenis lemak tak jenuh. Beberapa jenis minyak yang mengandung lemak tak jenuh rantai banyak di antaranya adalah minyak jagung, kacang kedelai, dan kacang. Selain itu, ada juga minyak tak jenuh rantai tunggal yang memiliki mengandung lemak baik, seperti minyak zaitun, minyak kanola, dan minyak bunga matahari.

(Source: news.detik.com, merdeka.com)

Leave a Reply