Pentingnya Alat Pelindung Diri

Pentingnya Alat Pelindung Diri

Pentingnya Alat Pelindung Diri; Alat pelindung diri (APD) dibutuhkan oleh para pekerja untuk menjaga keamanan dan keselamatan di lingkungan kerja yang penuh risiko. Hal ini karena ada banyak potensi bahaya di lingkungan kerja, misalnya kejatuhan benda berat, terluka oleh mesin produksi, atau terpapar bahan kimia. Perusahaan perlu melakukan pengendalian untuk membantu para pekerja terhindar dari cedera, penyakit, dan potensi bahaya lainnya di lingkungan kerja. Untuk melindungi pekerja dari bahaya di tempat kerja, perusahaan juga perlu menciptakan lingkungan kerja yang aman dan sehat.

Mengendalikan Potensi Bahaya di Lingkungan Kerja

Cara terbaik untuk mengendalikan potensi bahaya di tempat kerja adalah dengan melakukan pengontrolan pada sumbernya. Hal ini dapat dilakukan oleh perusahaan dengan mengelola atau menghilangkan sumber bahaya semaksimal mungkin. Beberapa hal yang dapat dilakukan perusahaan adalah:

-Menghilangkan, mengganti, atau merancang ulang faktor-faktor yang bisa menjadi sumber potensi bahaya.

-Mengganti atau modifikasi peralatan dan bahan yang berbahaya.

-Mengubah cara dan proses kerja.

Jika beberapa langkah di atas tidak dapat memberikan perlindungan yang cukup untuk para pekerja, maka perusahaan wajib menyediakan alat pelindung diri (APD) untuk meminimalkan risiko dan potensi bahaya di lingkungan kerja. Perusahaan juga harus membekali para pekerja dengan pemahaman dan wawasan yang baik mengenai akibat dari potensi bahaya yang dapat terjadi di tempat kerja. Para pekerja juga harus memahami cara mengendalikan bahaya tersebut. Undang-Undang RI No. 1 Tahun 1970 tentang keselamatan kerja telah mengatur kewajiban perusahaan dalam menjaga keselamatan para pekerjanya. Ada beberapa hal yang harus dilakukan perusahaan berdasarkan undang-undang tersebut, di antaranya:

-Melakukan penilaian bahaya potensial di lingkungan kerja untuk mengidentifikasi dan mengendalikan bahaya terhadap kesehatan dan keselamatan pekerja.

-Menyediakan APD yang sesuai untuk pekerja dan melatih pekerja dalam menggunakan dan merawat APD.

-Menjaga APD (termasuk mengganti APD yang rusak) secara berkala, meninjau, memperbarui, dan mengevaluasi efektivitas program pemakaian APD.

Pentingnya Menggunakan Alat Pelindung Diri

Menurut Occupational Safety and Health Administration (OSHA), alat pelindung diri adalah peralatan yang dipakai untuk melindungi pekerja dari kecelakaan atau penyakit yang disebabkan oleh adanya kontak atau paparan dengan bahaya potensial di lingkungan kerja baik, yang bersifat fisik, kimia, maupun biologis. APD diperlukan untuk melindungi pekerja jika terdapat bahaya tanggap darurat maupun paparan bahaya potensial fisika, kimia, dan biologis. Rute paparan termasuk pernapasan, kulit, mulut (oral), dan selaput lendir (misalnya melalui mata atau luka terbuka). Oleh karena itu, penggunaan APD disesuaikan dengan potensi bahaya yang ada di tempat kerja. Jenis alat pelindung diri yang diperlukan di lingkungan kerja berbeda-beda, tergantung pada aktivitas yang dilakukan dan jenis bahaya di lingkungan kerja tersebut. Beberapa contoh alat pelindung diri adalah sarung tangan, safety shoes, kacamata pelindung, baju pelindung, alat pelindung telinga (ear muff, ear plug), helm, dan masker.

Dalam rangka menjaga keamanan dan keselamatan di lingkungan kerja, pekerja juga wajib memahami cara menggunakan APD dengan benar, menghadiri pelatihan mengenai penggunaan APD, menjaga kebersihan dan pemeliharaan APD, serta memberi tahu pengawas bila APD tidak berfungsi dengan baik. Perlindungan diri saat bekerja sangat penting untuk diperhatikan. Jika tidak, cedera atau penyakit yang timbul akibat pekerjaan dapat menimbulkan gangguan kesehatan yang serius, kecacatan, bahkan kematian. Apabila Anda mengalami keluhan kesehatan yang berkaitan dengan pekerjaan Anda, segeralah berobat. Banyak dari kecelakaan kerja yang fatal (fatal accident) itu diakibatkan karena karyawan yang tidak menggunakan atau lalai menggunakan Alat Pelindung Diri (APD). Bila dibandingkan dengan negara lain, peristiwa kecelakaan kerja di Indonesia lebih sering terjadi akibat kurang memahami cara penggunaan Alat Pelindung Diri (APD). PT. Jamsostek (Persero) yang saat ini telah berubah menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan mencatat: sepanjang tahun 2013 jumlah peserta BPJS mengalami kecelakaan kerja sebanyak 129.911 orang. Dari jumlah tersebut 75,8% berjenis kelamin laki-laki. Sementara akibat kecelakaan tersebut, jumlah peserta Jamsostek yang meninggal sebanyak 3.093 pekerja, yang mengalami sakit 15.106 orang, luka-luka 174.266 orang dan meninggal mendadak sebanyak 446 orang.

Dalam rangka menjaga keamanan dan keselamatan di lingkungan kerja, pekerja juga wajib memahami cara menggunakan APD dengan benar, menghadiri pelatihan mengenai penggunaan APD, menjaga kebersihan dan pemeliharaan APD, serta memberi tahu pengawas bila APD tidak berfungsi dengan baik. Perlindungan diri saat bekerja sangat penting untuk diperhatikan. Jika tidak, cedera atau penyakit yang timbul akibat pekerjaan dapat menimbulkan gangguan kesehatan yang serius, kecacatan, bahkan kematian. Apabila Anda mengalami keluhan kesehatan yang berkaitan dengan pekerjaan Anda, segeralah berobat. Dari data BPJS di atas menunjukkan, bahwa kecelakaan kerja di Indonesia terus meningkat. Berdasarkan kejadian kecelakaan di atas, ada perilaku pekerja di Indonesia yang kurang baik dalam memahami risiko kecelakaan yang mungkin terjadi seperti kejadian sebelumnya dan juga  tidak memahami betapa pentingnya peralatan safety untuk digunakan di lingkungan yang memiliki risiko kecelakaan. Oleh karena itu, perlu diadakan penyuluhan atau training tentang penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) kepada semua karyawan.

Selain itu, implementasi SMK3 (Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja).  Agar pekerja mengerti dan paham betul pentingnya Alat Pelindung Diri (APD) untuk keselamatan dirinya dan sekitar ruang lingkup kerjanya, demi suasana kerja yang nyaman dan tidak ada lagi kecelakaan kerja kecil maupun fatal yang diakibatkan oleh tidak patuh dan lalainya pekerja terhadap penggunaan Alat Pelindung Diri (APD). Setelah adanya implementasi SMK3, perusahaan juga perlu mengawasi dan memperhatikan pekerja-pekerja yang bekerja menggunakan Alat Pelindung Diri (APD), Apakah Alat Pelindung Diri (APD) digunakan sesuai dengan kebutuhan tenaga kerja, tidak ada lagi yang malas dan tidak ada lagi yang lalai dalam menggunakan Alat Pelindung Diri (APD). Pemantauan terhadap penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) harus rutin dilakukan, agar dalam penggunaannya lebih optimal dan lingkungan kerja yang aman dan nyaman.

Manfaat Sepatu Safety untuk Pekerja

Kaki memiliki peran yang begitu utama dalam kehidupan, dengan anggota badan ini kita dapat melakukan apa pun seperti mengambil langkah, bekerja dan yang lain hingga kita perlu melindunginya dari berbagai bahaya. Salah satunya dengan memakai sepatu Safety. Sepatu Safety (Safety Shoes) adalah salah satu Alat Pelindung Diri (APD) yang harus dipakai oleh seseorang ketika bekerja guna menghindari resiko kecelakaan. Bukan sekedar membuat perlindungan bagian tubuh pekerja pada adanya resiko kecelakaan saja, tetapi dengan memakai sepatu Safety pekerja akan lebih leluasa bergerak hingga dapat meningkatkan efektivitas dan hasil produksi yang diharapkan. Sepatu ini terbuat dari kulit dipadukan dengan metal, di bagian bawahnya terbuat dari karet yang tebal. Dengan bahan itu, pekerja akan aman dari berbagai kecelakaan pada kakinya. Sangat banyak manfaat yang diperoleh dengan memakai sepatu Safety.

Berikut adalah Pentingnya Menggunakan Safety Shoes sebagai salah satu alat pelindung diri;

-Melindungi dari Benda Tajam dan Berbahaya

Untuk seorang yang bekerja di ruang berbahaya, Sepatu Safety adalah satu diantara Alat Pelindung Diri (APD) yang harus dipakai oleh pekerja yang kemungkinan dapat terkena pecahan kaca, besi ataupun serpihan yang lain yang pastinya sangat membahayakan telapak kaki.

-Mencegah Kecelakaan Kerja yang Fatal

Bukan sekedar melindungi telapak kaki saja, Sepatu Safety juga dapat mengurangi resiko kecelakaan kerja fatal seperti kejatuhan benda-benda berat. Safety Shoes ini memiliki kemampuan yang cukup kuat dalam menahan berat, hingga resiko patah tulang atau masalah yang lain dapat diminimalisir.

-Membuat perlindungan dari Benda Panas

Di bagian atas dan samping sepatu safety tidak hanya terbuat berbahan kulit saja, namun juga di buat dari bahan metal yang tebal. Dengan hal tersebut sepatu ini dapat melindungi kaki pada benda-benda yang panas. Benda-benda yang panas banyak dihasilkan di ruang seperti pabrik las listrik, pengelolaan lampu dan yang lain.

-Melindungi dari Cairan Kimia Berbahaya

Kita semua tahu kalau cairan kimia yaitu cairan yang sangat beresiko, dan bagaimana jadinya bila cairan itu mengenai kulit? Untuk pekerja laboratorium kimia, sepatu safety harus dipakai.

-Membuat Pengguna Tidak Terpeleset

Sepatu safety terbuat dari bahan karet yang didesain sedemikian rupa, hingga sepatu ini dapat di andalkan pada permukaan licin. Dengan demikian, dengan memakai sepatu safety jadi beberapa pekerja semakin lebih lincah dalam bekerja. Selalu jaga keselamatan anda dalam bekerja setiap hari di tempat kerja. CV Support Priority Indonesia merupakan produsen sepatu safety terpercaya di Indonesia. Menyediakan Big Size sampai 47 dan juga melayani pembelian secara ecer, grosir dan pengadaan sepatu jatah dalam jumlah besar.

(Source: alodokter.com)

This Post Has 4 Comments

  1. Galang

    Bermanfaat sekali infonya.

    1. SP Collection

      Tertarik dengan produk sepatu PDL PDH Safety Tunggang dan Pantofel kami? SIlahkan langsung kosultasikan kebutuhan sepatu dinas anda ke CS kami di 0822 8182 7374 atau klik disini bit.ly/WebsitelinkCS. Terima kasih kunjungannya gan ^_^

  2. dani silalahi

    melayani pengadaan sepatu safety model ap boots gitu gak mas? kebetulan lagi nyari buat pabrik kimia di tempat saya

    1. SP Collection

      Selamat siang mas, maaf baru balas. untuk sepatu safety AP boots kami tidak ada, dikarenakan kami menjual dari merk kami sendiri (JAFERI) kalau mas nya benar-benar butuh, kami ada salah satu model yang mirip dengan jenis AP Boots yakni Safety SF 08. Untuk info lebih lanjut mengenai negosiasi secara korporasi dan cara pemesanan sepatu bisa menghubungi CS kami di 0822 8182 7374 atau klik disini bit.ly/WebsitelinkCS. Terima kasih atas kunjungannya ^_^

Leave a Reply