Tips Memilih Sepatu Agar Terbebas dari Masalah Kaki

Tips Memilih Sepatu Agar Terbebas dari Masalah Kaki

Tips Memilih Sepatu Agar Terbebas dari Masalah Kaki; Pergi kerja, kuliah, hangout, atau olahraga tentu membutuhkan sepatu yang tepat. Jika salah membeli sepatu, kaki Anda bisa lecet dan sakit. Supaya tidak salah menjatuhkan pilihan, simak tips memilih sepatu yang telah dirangkum oleh Tim Support Priority Indonesia (Perusahaan Sepatu Kulit Militer POLRI Safety Tunggang Big Size) berikut ini.

Bagaimana sepatu memengaruhi kesehatan kaki?

Sebelum mengetahui soal tips memilih sepatu, ada baiknya kita mengetahui dulu bagaimana sepatu memengaruhi kesehatan kaki kita. Memilih sepatu yang sesuai akan menghindarkan Anda dari cedera. Sepatu yang bentuk dan ukurannya tidak sesuai bisa memberikan tekanan pada sendi dan gesekan pada kulit kaki. Akibatnya beragam, tidak hanya kulit kaki melepuh saja.

Dikutip dari Victoria State Government, masalah yang mungkin terjadi pada kaki karena kesalahan pakai sepatu, antara lain:

-Kaki bisa cedera, mulai dari kulit kaki melepuh, nyeri pada jari kaki atau pergelangan kaki, hingga bentuk tulang jari kaki yang dapat berubah.

-Memilih sepatu yang tidak tepat juga bisa memperburuk nyeri atau radang sendi di lutut dan pergelangan kaki.

-Sepatu yang tidak sesuai bisa membuat Anda sulit berjalan dengan benar dan menimbulkan rasa tidak nyaman ketika berdiri atau berjalan.

Agar terbebas dari masalah kaki, ikuti beberapa tips memilih sepatu dengan benar berikut ini.

1. Beli sepatu di siang hari

Tips memilih sepatu yang satu ini mungkin terdengar aneh bagi Anda. Namun, tahukah Anda jika waktu membeli sepatu ternyata dapat memengaruhi sepatu yang akan dipilih. Waktu terbaik untuk membeli sepatu adalah siang hari. Kenapa? Saat siang hari, ukuran kaki Anda berubah menjadi lebih besar. Apalagi jika Anda sebelumnya telah berjalan-jalan mengitari toko, ukuran kaki pun pasti akan bertambah. Itu sebabnya, membeli sepatu di siang hari bisa menghindarkan Anda dari membeli sepatu yang kekecilan.

2. Lihat sepatu baik-baik

Jika Anda telah menemukan sepatu yang menarik perhatian, jangan langsung memutuskan untuk membelinya. Ingat memilih sepatu yang tepat, bukan hanya dinilai dari desain atau warna yang menarik. Terdapat beberapa tips yang perlu Anda perhatikan ketika memilih sepatu, yakni:

-Pilih jenis sepatu sesuai dengan aktivitasnya

-Cek kondisi sepatu, adakah kerusakan atau cacat

-Pilih bahan sepatu yang Anda inginkan, entah itu karet, kulit, nylon, atau canvas

-Periksa ketebalan sol sepatu dan pilih yang tidak mudah aus (terkikis)

-Cek berat sepatu dan pilih mana yang cocok untuk aktivitas Anda

-Periksa kekokohan sepatu, terutama untuk sepatu high heels yang rentan patah bagian haknya.

3. Cari ukuran sepatu yang tepat

Anda mungkin mengingat dengan baik ukuran sepatu yang biasanya Anda pakai. Namun, ukuran kaki bisa berubah jadi lebih besar seiring bertambahnya waktu. Apalagi beberapa produsen sepatu juga memiliki sedikit perbedaan ukuran. Itu sebabnya, salah satu tips ketika memilih sepatu untuk dibeli adalah dengan mengukur kembali kaki Anda. Pastikan bahwa ukurannya memang sesuai dengan ukuran kaki Anda saat ini.

4. Coba sepatunya

Setelah menemukan ukuran yang tepat, Anda wajib mencoba sepatu tersebut. Mintalah petugas toko untuk mencari sepatu sesuai dengan ukuran yang Anda minta. Nah, saat mencoba sepatu, rasakan kenyaman pada kaki Anda. Pastikan ada sedikit ruang antara ujung kaki dengan ujung sepatu. Lalu, gerakkan jari kaki Anda untuk mengecek adanya ruang gerak untuk jari kaki. Cobalah pula untuk berdiri dan berjalan sebentar memastikan sepatu Anda nyaman dipakai. Jika kaki Anda merasa tertekan dan jari kaki tidak bisa bergerak dengan leluasa, ganti dengan ukuran yang lebih besar. Agar lebih yakin, cobalah untuk berjalan di atas permukaan lantai keramik dan berkarpet. Tips lainnya ketika hendak memilih sepatu, jika perlu bawa kaus kaki saat Anda membeli sepatu. Gunakan kaus kaki tersebut untuk memastikan bahwa sepatu yang Anda pilih sesuai ukuran dan nyaman.

tips terbebas masalah kaki

Nah kalau sudah mendapatkan sepatu baru yang pas dan cocok, selanjutnya adalah bagaimana membuat sepatu tersebut benar-benar milik anda, dengan kata lain menyatu dengan kaki anda.

Cara Memakai Sepatu Baru dengan Nyaman

Pernahkah Anda membeli sepasang sepatu baru yang ternyata membuat kaki Anda sakit? Jangan singkirkan sepatu tersebut. Sepatu baru bisa diatasi dengan mulai memakainya agar nyaman. Bukan berarti Anda benar-benar memaksa untuk memakainya, namun Anda harus membiasakan sepatu tersebut dengan kaki Anda. Inilah beberapa cara yang bisa membantu Anda untuk membentuk sepatu baru agar pas dengan kaki Anda.

  • Pakailah sepatu baru di sekitar rumah.

-Sebelum memakai sepatu baru di luar rumah, gunakanlah untuk menaiki tangga, berdiri (saat memasak makan malam, bermain dengan anak-anak, dan lain sebagainya), duduk, dan bahkan berlari. Ini adalah metode yang paling bisa diandalkan untuk membuat sepatu baru nyaman dipakai dengan cara yang mudah dan ringan. Jika Anda memiliki sepatu kulit atau sepatu pesta yang bagus (sepatu-sepatu yang membuat Anda frustrasi karena menyebabkan lecet, berubah bentuknya, atau bahkan pudar warnanya), metode ini paling aman untuk dicoba.

-Mula-mula, pakailah sepatu dalam waktu singkat namun sering. Ketika Anda mencoba sepatu baru sebelum membelinya, Anda dapat berjalan dan jarang merasa sakit, bukan? Itu karena Anda belum memakainya dalam waktu cukup lama yang bisa menyebabkan rasa sakit (atau mengubah bentuk sepatu agar sesuai dengan kaki Anda). Jadi, ketika mulai memakai sepatu baru di rumah, pakailah segera dan sesering mungkin. Jangan merasa harus memakainya selama berjam-jam untuk mengetahui perbedaannya. Mula-mula, pakailah sepatu selama 10 menit. Cobalah cara ini selama beberapa hari. Secara bertahap, pakailan sepatu selama 10 menit atau lebih, setiap beberapa hari sekali, sampai Anda bisa memakai sepatu selama satu jam. Pada saat ini, sepatu baru tersebut harusnya sudah bisa anda taklukkan

-Bawalah sepatu ke tempat kerja. Pakailah sepatu lama ke tempat kerja, namun ketika duduk, mulailah memakai sepatu yang baru dan biasakan dengan kaki Anda. Ini adalah cara sederhana untuk mulai memakai sepatu baru sambil menghemat waktu.

-Pakailah sepatu bersama kaus kaki. Dengan cara ini, Anda bisa mengetahui jika memerlukan kaus kaki saat memakainya. Cara ini juga dapat mencegah kaki agar tidak lecet ketika harus membiasakan diri dengan sepatu baru. Pakailah sepatu baru dengan kaus kaki yang sedikit lebih besar dari pada yang biasa Anda gunakan. Cobalah memakai kaus kaki katun yang tebal dan tekan ke dalam sepatu Anda. Jangan melangkah terlalu cepat, bisa-bisa kaki Anda lecet. Jagalah kaki saat memakai sepatu tersebut. Ukuran kaus kaki akan membantu meregangkan bentuk sepatu.

tips terbebas masalah kaki

  • Membekukan Sepatu Baru

-Masukkan air ke dalam dua buah kantung plastik sandwich bag (berukuran sekitar 16,5 cm x 15 cm) sampai setengah penuh. Pastikan kantung plastiknya cukup besar sehingga dapat memberi tekanan pada sepatu ketika meregang di dalam pembeku. Ketika menutup kantung plastik, singkirkan semua udara di dalamnya. Cara ini akan lebih mudah untuk “ membentuk ”air di dalam kantung plastik untuk membentuk sepatu Anda. Metode ini mengharuskan sepatu berada di dalam pembeku dalam waktu yang lama, sehingga kemungkinan sepatu menjadi basah. Pastikan sepatu yang Anda gunakan dengan metode ini bukan sepatu yang sangat bagus atau rentan dengan kerusakan air.

-Masukkan kantung plastik ke dalam masing-masing sepatu. Pastikan kantung plastik tertutup rapat. Anda tentu tidak ingin sepatu Anda terlapisi es ketika mengeluarkannya dari dalam pembeku.

-Masukkan sepatu ke dalam kantung plastik tertutup yang lebih besar dan masukkan ke dalam pembeku. Sepatu harus berisi kantung plastik yang lebih kecil di dalam rongganya dan sebuah kantung plastik yang lebih besar untuk melindunginya dari kelembaban luar.

-Tunggulah selama 3-4 jam. Ketika air di dalam sepatu membeku, maka akan meregang, memberi tekanan di dalam rongga sepatu, dan membentuk sepatu. Keuntungan menggunakan air dibandingkan menggunakan shoe stretcher (alat untuk meregangkan sepatu) adalah air akan menyesuaikan kontur bagian dalam sepatu secara sempurna.

-Keluarkan sepatu dari pembeku. Air yang berada di dalam plastik sekarang berubah menjadi es. Keluarkan kantung plastik dari dalam sepatu. Anda harus menunggu beberapa menit untuk mengeluarkannya agar lebih mudah. Cobalah memakai sepatu tersebut. Ketika sepatu sudah tidak dingin, cobalah untuk memakainya untuk berjalan dan bahkan berlari jika sepatu yang Anda kenakan adalah sepatu olahraga. Sepatu baru Anda sekarang sudah memiliki bentuk, sedikit meregang, dan jauh lebih nyaman.

tips terbebas masalah kaki

  • Memanaskan Sepatu

-Pakailah sepatu selama 10 menit. Pakailah sepatu dan lebih baik lagi jika dipakai bersama kaus kaki. Berjalanlah sekitar 10 menit. Cara ini dilakukan untuk membiasakan sepatu agar siap digunakan. Lepaskan sepatu dan regangkan secara manual. Jika memungkinkan, bengkokkan sepatu ke arah depan dan belakang beberapa menit.

-Panaskan sepatu. Memanaskan sepatu akan memperlebar materialnya, apalagi jika berbahan kulit, maka sepatu tersebut akan menjadi lebih lentur. Gunakan pengering rambut, aturlah pada posisi panas (tapi bukan yang paling panas) dan panaskan sepatu selama 2-3 menit. Jika tidak ada pengering rambut, letakkan sepatu di dekat pemanas ruangan, atau jemur di bawah sinar matahari langsung. Sedikit sumber panas lebih baik daripada tidak ada panas sama sekali.

-Segera setelah dipanaskan, pakailah sepatu tersebut. Pakailah sepatu selama 10 menit untuk berjalan, duduk, atau bahkan berlari. Ulangi setidaknya lebih dari sekali. Sepatu akan benar-benar terasa lebih nyaman setelah dipanaskan beberapa kali.

  • Alternatif lain

-Jika memungkinkan, belilah alat shoe stretcher. Cara-cara ini akan membuat sepatu sedikit lebih lentur. Jika Anda tidak ingin membeli shoe stretcher (meskipun bisa dibeli dengan harga murah di toko online), melenturkan sepatu ke arah belakang dan depan dengan cara memegang tumit dan ujung sepatu bisa berhasil dengan baik. Pastikan Anda memakai sepatu tersebut setelah melenturkannya, jika tidak dipakai, maka sepatu akan kehilangan bentuknya.

-Gunakan kentang. Kupaslah sebuah kentang berukuran besar dan hilangkan kelembabannya dengan kertas tisu. Masukkan kentang ke dalam rongga sepatu dan diamkan semalaman. Keluarkan kentang dari sepatu keesokan paginya.

-Belilah semprotan peregang sepatu. Semprotkan sepatu dengan larutan peregang sepatu, ikuti petunjuk yang tertera pada kemasannya. Kebanyakan petunjuk tersebut akan merekomendasikan Anda untuk meregangkan sepatu ke depan dan belakang secara manual di sela-sela penyemprotan.

Hindari cara-cara berikut ini. Beberapa teknik untuk meregangkan sepatu tidak bisa digunakan atau berakibat buruk untuk sepatu, khususnya sepatu kulit yang bagus. Hindari teknik-teknik untuk menyesuaikan bentuk sepatu baru berikut ini:

-Menggosokkan alkohol pada sepatu. Alkohol dapat meninggalkan noda yang buruk pada sepatu kulit yang bagus dan juga menghilangkan minyak alaminya.

-Memukul sepatu dengan palu atau benda keras. Memukul bagian belakang sepatu dengan palu memang bisa berhasil, namun bagaimana akibatnya? Apakah sepadan untuk membuat nyaman sepatu baru namun nyatanya benar-benar rusak? Tidak sepadan dengan keuntungan yang kita dapatkan nantinya.

-Menyuruh seseorang dengan kaki yang lebih besar untuk mulai memakai sepatu Anda agar nyaman. Menyuruh seseorang dengan kaki yang lebih besar untuk memakai sepatu baru Anda adalah cara yang salah dan tidak efektif. Tak hanya menimbulkan beban rasa sakit pada orang lain (sungguh malang orang tersebut!), Anda juga akan membuat sepatu menjadi sesuai dengan bentuk kaki orang lain dan bukan kaki Anda. Jadi lebih baik kita menghindari cara ini. Semoga beberapa tips diatas bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply