Tips Seru Ramadhan Saat Pandemi Corona

Tips Seru Ramadhan Saat Pandemi Corona

Tips Seru Ramadhan Saat Pandemi Corona; Jalani Ramadan di tengah kondisi yang nggak pasti seperti sekarang ini boleh dibilang jadi tantangan tersendiri. Bayangkan, puasa yang harusnya bisa dinikmati dengan meningkatkan silaturahmi secara langsung, justru harus dijalankan di rumah aja. Memang sulit jika dipikir-pikir, tetapi penting juga untuk tetap berpikir positif, agar bisa menjalankan Ramadan tahun dengan maksimal.

Lagi pula, kamu masih bisa kok jaga kemurnian Ramadan meski di rumah aja. Beberapa cara menarik ini bisa kamu coba, selain aman bertabur pahala pula.

Obati Rindu Keluarga dari Jauh dengan Video Call

Mungkin nggak semua orang bisa beruntung bisa tinggal dan berkumpul dengan keluarga besar. Apalagi di momen Ramadan seperti ini. Namun, teknologi seperti video call bisa kamu andalkan sebagai solusi, untuk mengobati kerinduan dengan keluarga dari jauh. Meski nggak bisa berjumpa langsung, paling enggak wajah dan suara yang bisa ditatap maupun didengar satu sama lain, sudah bisa bikin bahagia. Kamu pun juga bisa mendapatkan pahala, lantaran membahagiakan orang apalagi di bulan suci seperti ini, termasuk ibadah.

Bukber Virtual Jadi Solusi Bertemu Selama Masa Pandemi

Dengan adanya pandemi Covid-19, bulan Ramadan tahun ini dinilai sangat berbeda dari biasanya. Salah satu hal yang berbeda ialah tidak adanya buka bersama (Bukber). Padahal, ajang itu bisa menjadi wadah reuni dengan teman yang sudah tidak lama bertemu.

Tips Seru Ramadhan Saat Pandemi Corona

Namun, sebenarnya kamu bisa menyiasatinya dengan kemajuan teknologi saat ini. Yap, kamu bisa bukber secara virtual dengan smartphone atau laptop melalui aplikasi yang tersedia saat ini. Tanpa menghilangkan esensinya, bukber virtual tetap bisa seru jika kamu menyiapkan beberapa hal berikut;

Ajak teman yang banyak

Biar tambah seru dan asyik bukber secara virtual, ajak teman-teman kamu yang cukup banyak. Ingatkan mereka waktu bukber bakal dilaksanakan. Sebagai contoh, kamu bisa ajak teman-teman SMA tau kuliah kamu bukber secara virtual.

Kamu bisa memulai bukber virtual sejam sebelum berbuka puasa. Hal itu bisa menjadi prolog obrolan yang tepat dengan teman-teman kamu. Cari topik yang seru. Mulai dari cerita zaman SMA atau kuliah, jadikan cerita lucu menjadi obrolan yang asyik.

Siapkan makanan berbuka

Ambil sisi positif dari masa pandemi ini. Yakin kan bahwa kamu masih bisa bertemu dan bertegur sapa dengan teman melalui Video Conference, bukber virtual. Nah, sebelum bukber dimulai ingat kepada  temanmu agar menyediakan makanan untuk berbuka puasa bersama.

Menunya boleh apa saja yang penting bisa menjadi hidangan berbuka bersama. Taruhlah hidangan itu di depan kamera yang menyorot kamu. 

Manisin dengan minuman segar saat berbuka

Agar tambah seru saat bukber virtual kamu perlu minuman manis yang bisa manisin kamu saat berbuka bersama. Dan jika saatnya berbuka kamu bisa teguk minuman itu agar bisa menghilangkan dahaga kamu selama puasa.

Tips Seru Ramadhan Saat Pandemi Corona

Ajak Keluarga Selalu Ibadah Berjaamaah Biar Ramadan Bertabur Pahala

Kebaikan lain yang bisa tetap kamu lakukan selama berpuasa di rumah aja adalah mengajak keluarga selalu ibadah berjamaah. Dengan cara ini, Ramadan yang kamu jalani bisa tetap bertabur pahala, kendati nggak bisa leluasa melakukannya di masjid. Bahkan biar optimal, bisa juga lho diselingi dengan kajian agama maupun tadarus misalnya.

Mengirimkan Paket Makanan untuk Kerabat

Memperbanyak amal amat dianjurkan selama Ramadan berlangsung, demi mengoptimalkan ibadah puasa yang sedang dijalankan. Sekalipun nggak bisa memberikan langsung ke orangnya, kamu bisa tetap berbuat kebaikan dengan mengirimkan paket makanan untuk kerabat. Misalnya, lagi bikin masakan spesial buat berbuka puasa, kamu bisa masak agak banyak, lantas mengirimkannya juga ke kerabat agar bisa menikmatinya sama-sama. Jika perlu, bikin janjian bukber online agar kalian bisa saling berbagi cerita gimana menjalani puasa di rumah aja.

Menyediakan Menu Berbuka Gratis untuk Orang yang Lewat Depan Rumah

Belakangan juga lagi trending kebiasaan membagikan makanan gratis untuk berbuka puasa yang ditempatkan di depan rumah, agar bisa diambil oleh orang-orang yang kebetulan nggak bisa bekerja dari rumah. Kamu bisa meniru kegiatan positif ini. Tinggal sajikan saat sore hari, agar bisa dimanfaatkan oleh orang yang mengambilnya untuk berbuka puasa. Bila ingin mengoptimalkan imbauan physical distancing, kasih saja tulisan di atas meja berisi makanan tersebut. Tulis yang agak besar, dan tempelkan di pagar. Secara nggak langsung, kamu sudah mendulang pahala, di samping tetap menjaga diri tetap aman di dalam rumah.

Pesan Lebih untuk Driver saat Order Makanan Online

Berbuat kebaikan pun juga bisa kamu lakukan dengan cara yang barangkali jarang disadari. Misalnya, saat kamu sedang memesan makanan untuk berbuka, atau bahkan untuk sahur, pesanlah lebih. Berikan juga beberapa Takjil ringan seperti kurma atau sedikit makann atau minuman manis agar driver bisa membatalkan puasanya dengan mudah saat azan magrib tiba. Dengan begitu, nanti bisa kamu bagikan juga ke driver. Walau tampak sepele, dijamin raut gembira sekaligus kaget sang driver, bakal bikin hati adem. Pahala pun sekalian panen, meski Ramadan di rumah aja.

Tips Seru Ramadhan Saat Pandemi Corona

Bagaimana nih, tidak sulit untuk dilakukan bukan? Nah, kebetulan Tim Support Priority Indonesia (Perusahaan Sepatu Kulit Militer POLRI Safety Medis) punya beberapa tips alternatif lainnya loh sebagai tambahan;

Tips Aman Belanja Online di Tengah Pandemi Covid-19

Pandemi corona dan kebijakan physical distancing membuat banyak orang beralih profesi menjadi penjual online dan membuka toko online. Ditambah pemain lama, praktis persaingan jualan online semakin ketat. Semakin banyak penjual tentu menguntungkan pembeli karena semakin banyak pilihan barang dan harga jual barang ikut bersaing.

Namun, jangan mudah terlena dengan tampilan gambar dan harga yang murah, sebagai pembeli kita tetap harus cerdas agar terhindar dari penipuan online dan barang-barang palsu. Jadi, untuk belanja online tetap perhatikan beberapa hal berikut ini:

Toko Online Terpercaya

Hal penting pertama adalah toko online itu terpercaya. Cara menilainya dari testimoni, review, dan rating yang dimiliki toko online tersebut. Untuk keamanan dan kepraktisan kamu bisa menemukan toko online di marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee maupun Lazada. Jika ada masalah pemesanan, kamu akan dibantu oleh tim terkait, tidak pusing sendiri.

Tanya – Jawab Penjual

Selanjutnya jangan ragu untuk aktif bertanya kepada penjual. Meskipun dalam informasi telah disebutkan barang telah siap dan lain sebagainya. Tak ada salahnya, kamu menanyakan kembali. Sekaligus kamu juga bisa menanyakan hal-hal lain yang masih membuat kamu ragu. Respon penjual juga bisa menunjukkan seberapa baik dan sigap penjual dalam melayani dan memperlakukan barang pesanan kamu.

Cara Pembayaran Aman

Di kondisi sekarang ini transaksi online lebih aman, tanpa ada kontak fisik dengan memanfaatkan teknologi mobile banking maupun aplikasi dompet digital. Pembayaran belanja online melalui marketplace juga lebih menguntungkan karena banyaknya pilihan metode pembayaran. Mulai dari debit instan, kartu kredit, transfer virtual account, hingga saldo dompet digital.

(Source: liputan6.com, fimela.com)

Leave a Reply