Trik Menata Rumah

Trik Menata Rumah

Trik Menata Rumah; Pembatasan Sosial Berskala Besar alias PSBB kembali diberlakukan. Penerapan kebijakan lama pengganti new normal ini turut membuat beberapa orang harus kembali bekerja dari rumah. Sekilas mungkin menyenangkan, karena saat bekerja dari rumah atau yang ngetren dikenal sebagai work from home (WFH) tak perlu berangkat pagi-pagi, pun waktu berkumpul dengan keluarga menjadi lebih lama. Namun percayalah, bekerja dari rumah itu justru banyak sekali tantangannya. Salah satunya jika kondisi rumah yang berantakan bikin kurang nyaman bekerja. Sejauh mata memandang, yang terlihat adalah barang-barang menumpuk, baju yang dibiarkan menggantung terlalu banyak, hingga sudut rumah yang kotor. Bukan hanya bikin ide fresh jadi nggak muncul, tapi rumah yang kotor dan penuh barang menumpuk juga bisa jadi sarang nyamuk.

Kondisi rumahmu juga seperti ini? Waktunya waspada karena bukan hanya bikin kerja jadi nggak fokus, tapi juga berisiko jadi sarang nyamuk penyebab demam berdarah. Di masa pandemi seperti ini, Demam Berdarah Dengue (DBD) menjadi salah satu penyakit yang diam-diam mengancam karena angka kasusnya yang masih terus meningkat. Kasus DBD tersebar di 465 wilayah administrasi tingkat kabupaten dan kota dengan jumlah kematian hampir 500 jiwa.  Saatnya bikin WFH lebih nyaman sekaligus melindungi kesehatan keluarga dengan menata ulang kembali rumahmu, berikut yang telah dirangkum Tim Support Priority Indonesia (Perusahaan Sepatu Kulit Militer POLRI Safety Tunggang) dibawah ini;

Jangan Biarkan Barang-Barang Menumpuk, Buang yang Tak Diperlukan

Tumpukan barang yang berada di berbagai sudut dan ruang di rumah bukan saja menganggu pandangan, tetapi juga berpotensi menjadi sarang nyamuk. Misalnya kalau ada tumpukan buku berceceran di meja, segeralah rapikan di rak. Begitu juga dengan tumpukan pakaian, jangan dibiarkan di sudut kamar selama berhari-hari. Lekas cuci agar tidak menjadi sarang nyamuk hingga penyakit.

Ciptakan Mood Ceria di Rumah dengan Wallpaper Baru

Berbeda dengan di kantor, kadang bekerja dari rumah cenderung lebih lama, karena mood yang naik turun. Bisa jadi karena bosan karena terlalu lama WFH. Biar mood kembali ceria, tak ada salahnya mengganti wallpaper baru. Beberapa wallpaper yang cocok untuk mendapatkan suasana hati yang bagus sekaligus bisa menumbuhkan semangat kerja, seperti wallpaper kayu, wallpaper geometrik di sudut dinding, wallpaper tekstur alam, wallpaper polos warna-warna pastel, hingga wallpaper mural dan tulisan-tulisan bijak layaknya di coworking space.

Tambahkan Tanaman yang Bisa Menyegarkan Mata

Ada banyak tanaman yang bisa dipilih untuk menghadirkan suasana segar di dalam rumah. Sebut saja tanaman Monstera yang tak hanya cantik dan menyegarkan pandangan, tetapi juga mampu menyerap karbondioksida dengan baik saat malam hari, sekaligus melepaskan oksigen di pagi hari. Selain itu, ada beberapa tanaman cantik yang cocok dipilih untuk menghijaukan sudut-sudut rumah, seperti Lili Paris, English Ivy atau Gerbera. Sementara jika ingin tanaman yang bisa digantung, bisa memilih Sirih Belanda. Jangan lupa hias meja kerja dengan kaktus yang mungil, cantik dan tentunya bisa menyegarkan mata juga.

Bikin Ruang Kerja Pribadi yang Nyaman di Dalam Kamar

Beberapa orang mungkin tak mengantisipasi adanya WFH dalam waktu lama, sehingga tak menyiapkan ruang kerja khusus. Meski begitu tak perlu khawatir, jika memang tak ada ruang lagi, kamu bisa menciptakan ruang kerja pribadi yang nyaman di dalam kamar. Tinggal siapkan sudut ruang dengan meja dan kursi. Jika meja tak muat, bisa bikin meja lipat yang menempel di dinding. Kamu juga bisa memilih menciptakan suasana kerja yang lebih santai, seperti menyediakan karpet, meja kecil, dan beberapa bantal. Tanpa perlu merenovasi besar-besaran sekadar menciptakan ruang kerja, cara sederhana tersebut bisa kamu coba.

7 Tips Renovasi Ruang Kerja di Rumah Biar WFH Makin Nyaman

Keberadaan ruang kerja di rumah mungkin tidak begitu penting bagi sebagian orang karena jarang berada dalam kondisi harus mengerjakan pekerjaan di rumah. Akan tetapi, semenjak kemunculan wabah Covid-19, belakangan ruang kerja berangsur dianggap penting. Bahkan, kebutuhan semakin terasa semenjak diharuskan untuk bekerja dari rumah atau work from home (WFH) dalam rangka mengurangi penyebaran Covid-19. Hal ini kemudian membuat sebagian orang mulai mendedikasikan tempat bahkan ruangan khusus di rumah untuk bekerja. Beberapa yang sudah memilikinya pun mulai berbenah dan merenovasi ruang kerja agar semakin betah untuk berlama-lama di dalamnya. Apabila Anda sedang tertarik untuk merenovasi ruang kerja minimalis Anda, simak tips penting yang telah dirangkum berikut ini.

  • Tentukan Tema

Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika memutuskan untuk merenovasi ruang kerja adalah menentukan tema. Dengan menentukan tema, Anda akan memiliki gambaran mengenai warna cat atau motif wallpaper yang akan digunakan. Langkah ini akan memudahkan proses pemilihan jenis furnitur yang akan dipakai, lho.

  • Ubah Warna, Ubah Suasana!

Ruang kerja awalnya tidak terlalu mendapat perhatian dan cenderung diabaikan. Belakangan, karena harus menghabiskan waktu untuk bekerja di sana, Anda baru merasakan rasa bosan dan ingin mencoba berbenah. Setelah menentukan tema, mulailah pengerjaan dengan mengganti warna dinding atau wallpaper! Anda cukup menarget satu area dinding untuk memiliki warna yang kontras. Lengkapi dengan aksesoris berwarna senada. Misalnya menambahkan bantal, pajangan, dan selimut dengan warna yang seragam. Kemudian, nikmati nuansa khas yang Anda inginkan.

  • Jangan Buru-Buru Mengganti Furnitur Lama

Apa yang akan Anda lakukan terhadap furnitur lama jika sudah tidak sesuai dengan tema warna yang digunakan? Jangan buru-buru menggantinya, karena Anda bisa melakukan touch up sehingga akan lebih sesuai. Tips ruang WFH yang bisa Anda coba adalah mengganti warna meja ataupun memasang taplak dengan warna yang serasi dengan tema yang telah ditentukan.

  • Tambahkan Furnitur yang Belum Ada 

Setelah memaksimalkan pemanfaatan furnitur lama, Anda dapat menambahkan furnitur baru yang belum ada. Misalnya, sebuah rak penyimpanan besar yang dapat memuat semua barang-barang keperluan Anda. Apabila memang diperlukan, Anda juga dapat mengganti furnitur lama yang sudah usang dan rusak. Tentunya, suasana baru akan memacu kelahiran inspirasi baru.

  • Atur Tata Letak

Jangan lupa rencanakan pengaturan tata letak saat melakukan renovasi ruang kerja. Perubahan tata letak juga akan mempengaruhi suasana ruang kerja Anda secara keseluruhan. Buatlah pertimbangan yang paling efisien. Misalnya saja, menata printer di meja kerja apabila pekerjaan Anda membutuhkan banyak mencetak dokumen. Atau bahkan, sediakan sofa empuk untuk beristirahat sejenak saat lelah melanda.

  • Pindahkan Meja Kerja ke Dekat Jendela

Cobalah memindahkan meja kerja ke dekat jendela agar mendapat lebih banyak cahaya, atau terpapar bias matahari pagi. Cahaya alami dari matahari sangat disarankan untuk dapat masuk ke ruang kerja Anda. Apalagi, WFH untuk waktu yang lama berarti mengurangi durasi Anda bertemu matahari. Namun, jika tidak memungkinkan, pastikan desain ruang kerja di rumah Anda memiliki pencahayaan yang baik, misalnya dari dukungan lampu meja.

  • Buat Dekorasi Menarik

Hal selanjutnya bersifat opsional dan tergantung dengan selera Anda. Akan tetapi, bagi kebanyakan orang, menata dekorasi dan hiasan menarik dipercaya membantu meningkatkan mood saat bekerja. Anda dapat menempatkan barang-barang terkait hobi seperti alat musik, pajangan dinding, lukisan, ataupun foto. Jangan ragu untuk menghadirkan preferensi personal yang efektif meningkatkan mood Anda. Coba terapkan beberapa tips berikut ketika Anda akan merenovasi ruang kerja. Selain meningkatkan kenyamanan, suasana baru tentunya ampuh membawa energi positif dan semangat baru bagi Anda meskipun harus bekerja dari rumah. Selamat berkreasi!

(Source: liputan6.com, property.kompas.com)

Leave a Reply